12 Oktober 2015

Menampilkan Persentase Baterai di Android Tanpa Root

Untuk sebagian pengguna Android, memantau sisa baterai melalui ikon di status bar sudahlah cukup. Sebagian lainnya, rasanya kurang greget bila tak ada angka persen penunjuk sisa baterai di status bar. Anda termasuk yang mana sob?

Persentase Baterai di Android Tanpa Root

Beberapa ROM Android, baik stock maupun custom, sudah menyediakan opsi untuk menampilkan angka persen baterai di status bar. Misalnya saja ROM Touchwiz dan ZenUI, yang secara khusus menyisipkan opsi Show Battery Percentage di bagian Setting Android. Bila opsi tersebut diaktifkan, maka akan muncul angka pensen di samping ikon baterai. Begini caranya.


Angka Persen di Samping Ikon Baterai


Untuk Touchwiz (Samsung), masuk ke Setting Android Anda > Battery > aktifkan Show battery percentage. Kini angka persen sudah tampil di samping ikon baterai tanpa harus root.

Samsung Touchwiz


Pada ZenUI (Asus Zenfone) caranya tak jauh beda sob, tuju Setting > Battery > tekan Menu > Show battery percentage.

ZenUI (Asus Zenfone)


Lalu bagaimana dengan ROM yang tak memiliki opsi tersebut? Tenang sob, kita bisa memanfaatkan aplikasi Android untuk menampilkan persentase baterai di status bar. Beberapa di antaranya adalah aplikasi Battery dan Battery Widget Reborn. Berikut penampakannya.

BatteryBattery Widget Reborn

Iya, angka persennya memang tidak tepat di samping ikon baterai, tapi lumayanlah sob, daripada tak ada :D. Bila Anda kurang suka tampilan persen baterai kedua aplikasi di atas, masih banyak pilihan aplikasi lain di Play Store yang tak kalah keren tampilannya, silakan cari sendiri sob.


Angka Persen di Dalam Ikon Baterai


Selain di samping ikon baterai, kita juga bisa menampilkan angka persen langsung di dalam ikon baterai. Tak perlu root sob, tapi syaratnya Android Anda harus sudah KitKat ke atas.

 Battery Percent Enabler

Android KitKat dan Lollipop sebenarnya sudah dilengkapi dengan angka persen di ikon baterainya, hanya saja belum diaktifkan. Untuk mengaktifkannya, silakan pasang aplikasi Battery Percent Enabler, jalankan, aktifkan dengan memberi tanda centang pada opsi Enable Battery Percent, kemudian reboot Android Anda. Beres dah. Khusus Android KitKat, angka persen baru akan muncul pada saat baterai berada pada level 60 persen (akibat dari warna angka yang sama dengan background ikon baterai).

Berubah pikiran? hapus centang pada opsi tadi lalu reboot lagi untuk menghilangkan angka persennya.

Bila menggunakan Android Marshmallow, Anda tak perlu pasang aplikasi di atas. Cukup aktifkan SystemUI Tuner > masuk ke Settings > SystemUI Tuner > aktifkan Show embedded battery percentage.

SystemUI Tuner


Cuma buat Android versi baru ya, bagaimana dengan Android lawas macam Gingerbread? Tak perlu bingung sob, ternyata masih ada aplikasi Android untuk menampilkan persentase baterai yang cocok untuk Android Gingerbread, yaitu Battery Overlay Percent. Seperti namanya, aplikasi tersebut bisa menampilkan angka persen (berupa overlay) di dalam ikon baterai, atau di mana saja sesuai keinginan Anda (sepanjang masih di area status bar).

Battery Overlay PercentOverlay


Nah, silakan pilih salah satu cara memunculkan angka persen baterai di status bar yang telah dibahas tadi sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda, atau bisa dicoba semua sekaligus biar tambah greget. Selamat mencoba :D

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×