27 September 2015

Cara Menonton Video 360 Derajat di Facebook Android

Sejak bulan Maret yang lalu, YouTube telah mendukung format video 360 derajat. Belum lama ini, seakan tak mau ketinggalan, Facebook juga mengumumkan ketersediaan video 360 derajat di laman News Feed-nya.

Menonton Video 360 Derajat di Facebook Android

Apa itu video 360 derajat? Secara sederhana, video 360 derajat adalah video yang memungkinkan penonton untuk mengamati adegan yang sedang diputar dari berbagai sudut. Misalnya saja, adegan pesawat yang sedang melaju dalam dunia Star Wars berikut ini (hanya bisa diputar di PC).

Star Wars: The Force Awakens Immersive 360 Experience
Speed across the Jakku desert from Star Wars: The Force Awakens with this immersive 360 experience created exclusively for Facebook.
Posted by Star Wars on Wednesday, September 23, 2015

Dalam video 360 derajat yang diposting di Facebook tersebut, kita sebagai penonton tidak saja bisa melihat sudut pandang sang pilot, tetapi juga bisa mengamati lingkungan sekitarnya dengan cara menggeser video ke arah yang diinginkan.

Bagaimana cara menonton video 360 derajat di Facebook? Caranya mudah sob; buka Facebook, putar video 360 derajat yang dikehendaki (video Star Wars misalnya) kemudian klik dan geser area video menggunakan mouse ke berbagai arah.

Bila menggunakan smartphone (saat ini hanya Android yang bisa), buka aplikasi Facebook versi terbaru, cari laman 360 Videos on Facebook atau Star Wars, putar video dengan label 360, lalu geser (pindahkan) ponsel Anda ke berbagai sudut (Android 4.3 ke atas dengan sensor gyroscope). Khusus ponsel Android tanpa sensor gyroscope, sentuh lalu geser area video dengan jari Anda untuk mengubah sudut pandang video.

Video 360 derajat Facebook Android Gyroscope

Meski durasinya pendek, video 360 derajat pada umumnya berukuran besar (karena menyimpan berbagai sudut pandang kamera). Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan koneksi internet yang cepat dan stabil saat memutarnya. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×