22 Juni 2015

Google Clock Android - Aplikasi Jam, Alarm, Stopwatch, dan Timer dari Google

Pengguna ponsel Nexus atau Android One? Artikel ini mungkin bukan buat Anda, sebab secara default, aplikasi Google Clock sudah terpasang di ponsel Android Anda sejak dulu kala (maksudnya sudah ada sejak dibeli :D).

Google Clock Android - Aplikasi Jam, Alarm, Stopwatch, dan Timer dari Google
Bila bosan dengan tampilan jam digital, Anda bisa mengubahnya menjadi jam analog melalui Menu > Setting > Style.

Iya, Google Clock bukanlah aplikasi baru sob, sudah menjadi aplikasi wajib di perangkat Android manapun. Walau demikian, beberapa vendor smartphone Android, Samsung misalnya, memiliki aplikasi jam khusus buatan mereka sendiri (atau versi modifikasi dari Google Clock), sehingga posisi aplikasi Google Clock tergantikan (tidak disertakan dalam paket pembelian).

Buat pemilik hape Android Samsung atau merek lain yang belum tahu mengenai Google Clock, silakan lanjut bacanya sob. Google Clock adalah aplikasi jam untuk Android yang dikembangkan oleh Google. Tak hanya penunjuk waktu (lokal dan dunia), Google Clock juga mempunyai fitur alarm, timer, dan stopwatch.

AlarmJam lokal dan jam dunia

Tab Alarm dan Clock

Pada pandangan pertama, tampilan aplikasi jam dari Google tersebut terkesan sederhana, namun aura material design-nya terasa sekali, baik paduan warna maupun animasinya (terutama di Android Lollipop). Terdapat 4 tab utama pada Google Clock, yaitu alarm, clock, timer, dan stopwatch. Uniknya, meski tab alarm ada di urutan pertama, saat membuka aplikasi Google clock dari app drawer atau widget, yang terbuka adalah tab kedua atau tab clock (ya iya lah, judul aplikasinya saja Google Clock :D).

Timer masak PopMieStopwatch

Tab Timer dan Stopwatch

Kabar baiknya, bila dulu APK-nya hanya bisa diperoleh dari beberapa sumber di internet, kini aplikasi Google Clock bisa diunduh langsung dari Play Store (jadi lebih mudah update-nya). Pakai smartwatch? Kabar baik lagi sob, kini Anda bisa mematikan atau menunda (snooze) alarm langsung dari jam tangan pintar Android Wear Anda.

Bila Anda menggunakan Nexus, Android One, atau ponsel dengan OS Android stock, silakan langsung cek aplikasi Google Play Store Anda untuk meng-update aplikasi Google Clock. Untuk Anda pengguna perangkat Android selain yang disebut tadi, silakan unduh Google Clock melalui link berikut ini.

Download aplikasi Google Clock (Android 4.4+)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×