01 Juni 2015

Pasang Launcher Android Marshmallow Terbaru pada Android KitKat dan Lollipop

Launcher Android M? Lollipop saja belum dapet. Nyantai aja sob, launcher Android M terbaru dari Google ini bisa dipasang di Android KitKat juga. Sebelumnya, apa itu Android M? Singkatnya, Android M adalah penerus dari Android L (Lollipop).

Launcher Android M Terbaru

Sudah menjadi tradisi bahwasanya Google selalu menamai versi Android dengan nama makanan pencuci mulut (yang manis-manis biasanya sob). Selain itu, layaknya codename Ubuntu, penamaan Android juga diurutkan berdasarkan urutan abjad, mulai dari Alpha, Beta, Cupcake (mulai versi ini penggunaan nama makanan manis diterapkan), Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, dan yang terbaru; Mastin.

Bercanda sob, Android M sampai artikel ini diketik belum punya nama resmi. Meski begitu, seperti yang diungkap oleh Android Police, ternyata Android M sudah punya nama panggilan sementara sob, yaitu Macadamia Nut Cookie atau disingkat MNC. Sementara? Iya, kemungkinan besar namanya bakal berbeda saat rilis versi final nanti (bisa saja Marshmallow, Macaroon, Milkshake, dsb.).

UPDATE 17/08/2015: Android M resmi diperkenalkan oleh Google dengan nama Android Marshmallow sob, menyandang versi 6.0. 

Kapan Android Marshmallow rilis? Pada acara Google I/O 2015, pihak Google mengungkapkan bahwa versi final dari Android Marshmallow akan dirilis tahun 2015 ini, belum jelas pastinya kapan. Bila Anda kebelet ingin mencoba sekarang juga, silakan mampir ke situs Android Developer. Di sana Anda bisa mengunduh Android Marshmallow versi developer preview dan memasangnya pada perangkat Nexus Anda (Nexus 5, 6, 9, dan Nexus Player).

Versi baru selalu hadir dengan fitur baru, demikian juga versi terbaru dari Android yang kini masih belum punya nama itu tadi. Banyak fitur baru yang sudah bisa dicicipi dari Android Marshmallow developer preview. Salah satunya adalah app drawer dari Google Now Launcher yang kini arah gulir lamannya vertikal, daftar aplikasinya urut berdasarkan alfabet (mirip daftar kontak sob) seperti ini nih.

App drawer Android MSearch App Android M

Selain itu, tersedia pula fasilitas search khusus untuk mencari aplikasi yang terdaftar pada app drawer, memudahkan sekali untuk cari aplikasi sob. Aplikasi-aplikasi yang baru/sering dibuka ditampilkan pada baris khusus di sisi atas app drawer, menjadikan akses aplikasi Android jauh lebih cepat dari biasanya (ga perlu sering-sering scroll sekarang).

Nah, bagaimana cara install launcher Android Marshmallow pada Android versi lama? Pertama, Anda butuh ponsel atau tablet dengan Android 4.4 KitKat atau 5.x Lollipop di dalamnya (sudah gamblang sepertinya).

Kedua, backup aplikasi Google App di perangkat Android Anda menggunakan aplikasi Titanium Backup atau aplikasi yang sejenis (buat jaga-jaga kalau ingin kembali ke versi lama).

Ketiga, download dan install aplikasi Google App 5.0.16.19 terbaru (yang berasal dari Android M developer preview).

Keempat, unduh dan pasang Google Now Launcher langsung dari Play Store atau melalui artikel ini: Google Now Launcher untuk Android. Bila sudah ada, pastikan Anda telah menggunakan versi terbaru.

Kelima, tekan tombol Home, pilih Google Now Launcher, lalu cek apakah app drawer-nya sudah sama seperti screenshot di atas. Bila sudah, selamat, Anda sudah berhasil memasang launcher Android Marshmallow. Bila belum, coba reboot Android Anda.

Uninstall App Android M

Bagaimana dengan laman Home dari launcher Android Marshmallow? Apakah sama saja dengan Google Now Launcher pada umumnya? Beda sob, bila dulu hanya ada pilihan Remove, sekarang launcher Android Marshmallow sudah punya opsi Uninstall langsung dari laman Home (sebelumnya opsi Uninstall hanya muncul di app drawer). Penasaran dengan fitur baru pada launcher Androdi Marshmallow lainnya? Silakan coba sendiri sob :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×