03 Juni 2015

Download BBM Android Terbaru dengan Tampilan Material Design [FINAL]

Ditulis oleh pada 3.6.15
Material design memang memesona banyak pihak, tak terkecuali BlackBerry yang kini sedang memoles aplikasi andalannya. Iya sob, apalagi kalau bukan BBM alias BlackBerry Messenger. Melalui blog resminya, BlackBerry mengumumkan update terbaru BBM Android dengan tampilan material design. Saat ini, BBM Android bermaterial design tersebut masih menyandang status beta dan hanya tersedia untuk para beta tester di BlackBerry Beta Zone.

BBM Android Terbaru dengan Tampilan Material Design

Bicara mengenai tampilan, saat ini aplikasi BBM untuk Android memang masih berkiblat pada desain sistem operasi BB10, baik dari segi layout maupun animasinya, kesannya BlackBerry banget sob. Nah, sesuai dengan peribahasa di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung, BlackBerry rupanya ingin mengikuti adat istiadat yang berlaku di lingkungan Android, berpenampilan material design seperti aplikasi Android pada umumnya.

Sedikit berbeda dengan WhatsApp yang telah lebih dulu mengenakan material design, BBM terbaru ini masih terkesan setengah-setengah, masih berbau BB10 dan cenderung flat, maklum masih versi beta sob. Walau begitu, tampilan BBM Android beta tersebut bisa dibilang lebih segar daripada yang lama (saya pribadi lebih suka tampilan BBM yang lama :D).

BBM android material
Screenshot BBM android berpenampilan material
dari blog resmi BlackBerry


Tak hanya tampilan, update terbaru ini BBM Android kali ini membawa serta pula beberapa fitur baru, yaitu Private Chats, Edit Message, dan Publish in Feed.

Di Private Chats, nama kontak Anda tidak ditampilkan, notifikasi pesan baru juga dimatikan, bahkan riwayat pesan BBM Anda akan terhapus secara otomatis setelah beberapa waktu, atau ketika sesi Private Chats diakhiri.

Fitur Edit Message memberikan Anda keleluasaan untuk mengedit pesan BBM yang telah terkirim, berguna untuk Anda yang sering typo.

Buat yang hobi update status, fitur Publish in Feed ini bisa memudahkan Anda, karena bisa langsung menulis dan meng-update status BBM dari laman feed, layaknya update status di media sosial pada umumnya.

Seperti yang sempat disinggung tadi, BBM Android material design ini baru tersedia di BlackBerry Beta Zone saja, jadi belum beredar di Play Store. Bila Anda penasaran dengan tampilan material design pada BBM untuk Android baru, silakan simak screenshot di atas, atau coba langsung pasang APK BBM beta yang tersedia via link berikut.

UPDATE 26/06/2015: Update BBM Android terbaru dengan tampilan material design dan tambahan fitur-fitur baru kini sudah tersedia di Play Store (sudah lepas dari status beta). Beberapa fitur baru seperti Private Chat dan Edit Message ternyata masuk ke Privacy and Control Subscription, yang dihargai $0.99 per bulannya (tidak gratis ternyata sob :D).

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×