30 Mei 2015

Cara Posting Gambar Animasi GIF di Facebook

Sejak diluncurkan tahun 2004 lalu, Facebook belum bisa menampilkan gambar atau foto dengan format GIF. Bisa sih, tapi hanya diam sob, tak bergerak. Tahun 2013, Giphy, situs penyedia database gambar animasi GIF, mengungkap cara menampilkan gambar berformat GIF di Facebook, iya, cara tersebut bisa benar-benar membuat GIF bergerak di Facebook sob (tapi tetap saja Facebook belum resmi mendukung format gambar animasi GIF).

Gambar Animasi GIF di Facebook

Seperti yang kita tahu, gambar animasi GIF dewasa ini sedang naik daun (lagi). Beberapa media sosial populer yang semula cuek mulai insaf dan mendukung animasi GIF. Sebut saja Twitter yang mengizinkan penggunanya untuk mengunggah dan menikmati lucunya (anehnya dsb.) animasi GIF sejak pertengahan tahun 2014 lalu.

Sebelum Twitter, kita bisa menemui beragam animasi GIF di situs 9GAG, Tumblr, Google+, Blogger, imgur, dsb. Bagaimana dengan Facebook? Tahun ini, mulai hari ini (mungkin sejak kemarin), Facebook rupanya sadar akan kekuatan GIF, dan perlahan namun pasti mulai memberikan kebebasan pada gambar GIF untuk beranimasi; bergerak di media sosial terbesar tersebut.

Bagaimana cara posting gambar animasi GIF di status atau komentar Facebook agar bisa bergerak sebagaimana mestinya? Mudah sob, langsung posting saja link (benar, link-nya saja, tak perlu upload langsung ke Facebook) dari gambar animasi GIF yang Anda inginkan, dan jadilah. Contohnya seperti ini.

Mencoba animasi GIF di Facebook.

http://img-9gag-fun.9cache.com/photo/ae0VjrW_460sa.gif
Posted by Hendry Ardhiansyam on Friday, 29 May 2015

Pada posting di atas, saya mengambil link gambar GIF dari 9GAG (selain dari 9GAG juga bisa sob, asal pakai direct link atau tautan langsung; tautan dengan akhiran .gif). Wah, makin rame dong Facebook, bayangkan jika newsfeed Facebook penuh dengan animasi GIF, rak yo mumet? Tenang, postingan Facebook yang mengandung gambar animasi GIF tidak autoplay alias tidak langsung muter sob, jadi harus diklik dulu baru gerak animasinya (klik lagi untuk pause/stop).

Nah, sekarang giliran Anda untuk mencoba, butuh gambar animasi keren? Cek artikel dari Fakta4 berikut ini: Efek 3D pada Gambar Berformat GIF. (Tips: klik kanan gambar GIF yang diinginkan > Copy image URL > tempel di status atau komentar Facebook Anda).

Saat artikel ini ditulis, animasi GIF tersebut hanya bisa jalan di Facebook versi web (versi mobile dan aplikasinya mungkin akan segera menyusul). Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×