07 Mei 2015

Update Google Play Store APK 5.5.8 - 5.5.12 [Mei 2015]

Pekan pertama di bulan Mei, aplikasi Google Play Store kembali mendapat update ke versi paling baru (versi 5.5.8). Seperti biasanya, update Play Store selalu berhubungan dengan tampilan, fitur, serta perbaikan bug.

Google Play Store APK 5.5.8

Update Google Play Store kali ini membawa serta tampilan animasi dan fitur anyar. Sayangnya, animasi dan fitur baru tersebut belum sampai ke negara kita sob. Pasalnya, selain kita belum bisa mengakses Google Play Movies & TV, Google rupanya masih membatasi fitur tersebut untuk beberapa negara saja.

Animasi seperti apa sih? Tentunya masih berhubungan dengan material design sob. Animasi terbaru dari Play Store ini disebut circular animation, penasaran? Simak video dari Kirill Grouchnikov berikut.



Gimana, keren kan? Sebenarnya animasi tersebut lumayan mirip dengan animasi yang sudah terlebih dahulu muncul pada aplikasi Google Play Store 5.3.6, tapi yang terbaru ini kesan membulatnya lebih terasa sob, makanya disebut animasi baru :D

Seperti yang terlihat pada video di atas, saat ini circular animation hanya bisa dinikmati di Google Play Movies & TV (pada bagian TV Show). Kendati demikian, bila Anda sudah menggunakan Android 5.1 Lollipop, silakan coba buka aplikasi Google Play Newsstand > Menu > Explore lalu pilih salah satu topik yang Anda sukai, seperti yang nampak pada video ini.

A video posted by Hendry Ardhiansyam (@ardhiansyam) on


Nah, bisa dibilang sama saja animasinya. Jadi meski belum bisa mengakses Play Movies & TV, Anda juga bisa mengamati circular animation pada Google Play Newsstand.

Lanjut ke fitur, di bagian review aplikasi, Google menambahkan fitur Popular Opinions pada Play Store 5.5.8 ini. Popular Opinions merupakan kumpulan kata kunci yang menentukan rating dari aplikasi Android yang ada di Play Store, jadi kita bisa dengan cepat mengetahui kualitas dari suatu aplikasi tanpa membaca review-nya satu per satu. Inilah penampakannya.

Popular Opinions

Screenshot di atas saya comot dari Android Police, sebab saat ini Popular Opinions hanya muncul di negara tertentu saja.

NB: Ketika saya coba pasang Google Play Store 5.5.8, ternyata muncul permission baru dari Google Play services, namanya Advertising ID notification. Belum ada keterangan resmi mengenai permission baru baru itu, deskripsinya bisa dibaca via skrinsut di bawah ini.

Advertising ID notificationGoogle Play services


Sekarang terserah Anda (mengingat animasi dan fitur di atas belum bisa kita cicipi), di bawah ini tersedia APK terbaru dari Google Play Store. Bila berminat silakan unduh dan pasang saja, bila tidak, aplikasi Play Store Anda akan ter-update secara otomatis dalam minggu ini atau minggu depan (atau minggu depannya lagi). Selamat mencoba :D

Google Play Store APK 5.5.8 | Alt Link


UPDATE 09/05/2015: Play Store dapet update lagi sob, nambah satu digit, dari 5.5.8 jadi 5.5.9. Fitur-fiturnya masih sama saja dengan versi sebelumnya, kalau ga bug fix ya stability improvement. Download saja kalau penasaran :D

Google Play Store APK 5.5.9 | Alt Link


UPDATE 16/05/2015: Belum lama update, eh sudah ada update baru lagi sob. Kali ini update Play Store loncat dari versi 5.5.9 ke versi 5.5.12. Cukup jauh memang (sebenarnya versi 5.5.11 sempat dirilis sob, tapi kemudian direvisi lagi ke 5.5.12). Apa saja yang baru dari Play Store 5.5.12? Masih sama sob dengan versi sebelumnya, kemungkinan besar masih bug fix :) Langsung download Play Store update terbaru via link di bawah ini.

Google Play Store APK 5.5.12 | Alt Link


UPDATE 29/05/2015: Menjelang bulan Juni ini, aplikasi Google Play Store kebagian update. Apa saja yang baru? Versi terbaru Play Store yang dirilis hampir bersamaan dengan acara Google I/O 2015 membawa dua fitur baru yang cukup penting, terutama buat para developer aplikasi dan orang tua yang peduli dengan anak-anaknya. Penasaran? Cek artikel Google Play Store 5.6.6 dengan Developer Pages dan Family Star.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×