27 Februari 2015

Menampilkan Notifikasi Android di Layar Monitor PC atau Laptop

Ketika sedang asyik mengetik di depan layar PC atau laptop, tiba-tiba ponsel Anda bersuara. Secara reflek Anda akan bergegas mengambil ponsel tersebut, membuka kunci layarnya, dan melihat notifikasinya. Saat kembali ke layar PC atau laptop untuk mulai mengetik lagi, Anda mulai lupa dengan ide-ide yang tadinya telah siap dituangkan dalam ketikan :D Cukup menggangu bukan?

Menampilkan Notifikasi Android di Layar PC

Memang tidak semua notifikasi yang muncul di ponsel Android itu penting, tapi sudah tentu kita selalu penasaran saat menerima notifikasi (bawaannya buru-buru cek hape pas ada suara notif). Nah, agar kita tak kerepotan harus beralih dari layar PC ke layar ponsel tiap ada notifikasi, kenapa tidak kita tampilkan saja notifikasi yang muncul di ponsel Android langsung di layar PC atau laptop kita? Memangnya bisa? Bisa sob!

Untuk menampilkan notifikasi dari ponsel Android ke layar PC atau laptop, setidaknya Anda membutuhkan perangkat (ponsel atau tablet) yang berjalan dengan Android 4.1 ke atas dan tentu saja seperangkat PC atau laptop dengan browser Google Chrome (bisa juga pakai Firefox, tapi untuk artikel kali ini, saya menggunakan Chrome).

Selanjutnya, silakan pasang dan jalankan aplikasi Pushbullet di ponsel Android, kemudian sign in dengan akun Google Anda.

Daftar Pushbullet


Berikutnya, ikuti instruksi yang muncul di layar untuk mengaktifkan notification mirroring service dari Pushbullet.

notification mirroring service


Di PC atau laptop, silakan install ekstensi Pushbullet melalui Chrome Webstore. Klik ikon Pushbullet dan sign in/sign up dengan akun Google Anda (pastikan Anda menggunakan akun Google yang sama dengan akun yang Anda gunakan di Android).

Ekstensi Pushbullet untuk Chrome


Sebagai percobaan, tuju Setting Mirroring pada aplikasi Pushbullet di Android, lalu ketuk Send a test notification.

Send a test notification


Bila notifikasi tersebut tampil di layar PC atau laptop Anda, berati Pushbullet telah siap digunakan.

Notifikasi Android di Komputer


Sampai di sini, notifikasi yang muncul di Android Anda akan otomatis muncul di layar PC atau laptop Anda (sepanjang Android dan PC/laptop Anda terhubung ke internet). Jadi kini Anda tak perlu repot-repot buka kunci layar hape untuk melihat notifikasi yang (terkadang) kurang penting tersebut, contohnya seperti ini :D

Notifikasi Clash of Clans di PC


Tunggu, bagaimana bila kita menerima pesan dari WhatsApp dan aplikasi perpesanan instant lainnya? Gampang sob, tiap ada pesan masuk, akan muncul opsi Reply pada notifikasi Pusbullet yang tampil di layar komputer Anda (saat ini hanya khusus Android 4.4 ke atas), contohnya seperti ini.

Notifikasi WhatsApp di PC


Klik Reply dan tulis pesan balasan Anda, kemudian tekan Enter untuk mengirim pesan, simpel :)

Quick reply WhatsApp Pushbullet di PC


Lebih lanjut mengenai fitur-fitur Pushbullet lainnya, silakan dicoba sendiri :D

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×