13 November 2014

Download Google Messenger: Aplikasi SMS dan MMS Android dengan Material Design

Mungkin ini sedikit membingungkan. Seperti yang kita tahu, secara default Android telah memiliki aplikasi untuk berkirim pesan singkat (SMS) dan pesan multimedia (MMS) sendiri. Mulai Android KitKat, aplikasi tersebut dihapus dan digantikan oleh Hangout (yang juga memiliki fitur SMS dan MMS). Belum lama ini, seiring dirilisnya Android Lollipop, Google merilis aplikasi Messenger, sebuah aplikasi untuk berkirim SMS dan MMS dengan tampilan warna-warni ala Lollipop.

Sebelumnya, Google Messenger dirumorkan sebagai aplikasi messenger pesaing WhatsApp, dan sekarang kita tahu bahwa rumor tersebut tidak tepat (atau belum tepat). Apa mungkin aplikasi Messenger dari Google tersebut masih dalam pengembangan dan suatu saat akan memiliki fitur seperti WhatsApp? Entahlah, bila benar begitu, lalu bagaimana dengan Hangout?

UPDATE 23/09/2016: Akhirnya terungkap juga bahwa aplikasi perpesanan instan pesaing WhatsApp dari Google bukanlah Messenger, melainkan Google Allo dan Duo :)


Google Messenger

Ok, yang pasti, saat ini Google Messenger adalah aplikasi default Android Lollipop yang berguna untuk menangani SMS dan MMS, tidak lebih. Berita baiknya, Google Messenger tak hanya bisa digunakan di Android Lollipop, namun juga Android 4.1 Jelly Bean ke atas.

Di samping fitur dasarnya sebagai aplikasi SMS dan MMS, Google Messenger sudah berpenampilan layaknya standar aplikasi Android Lollipop, iya benar, material design. Bisa jadi material design adalah daya tarik utama dari Google Messenger (setidaknya untuk saat ini). Selebihnya, simak fitur-fitur Google Messenger berikut ini.

  • Berbagi cepat: Pilih atau ambil foto dan video langsung dari messenger dan bagikan dengan mudah. Anda juga bisa mengirimkan pesan audio.
  • Pencarian mudah: Temukan kontak dan percakapan sesuai dengan apa yang Anda cari dengan mudah.
  • Kendali lebih: Kemampuan untuk memblok SMS dari pengirim tertentu yang Anda anggap menggangu. 
  • Fitur lain: pesan audio, dukungan emoji, text threads berwarna, pengarsipan pesan, dsb.

Jadi bila Anda menginginkan aplikasi SMS dan MMS dengan tampilan material design, Google Messenger adalah aplikasi yang layak Anda coba. Google Messenger sekarang sudah tersedia di Google Play Store, Anda bisa mengunduhnya secara gratis melalui link di bawah ini.

Download Google Messenger untuk Android 4.1+

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×