13 Oktober 2014

8 Aplikasi Android Terbaik dengan Tampilan Material Design

Material design memang masih terbilang hijau. Meski begitu, daya tarik material design ternyata menyedot perhatian para pengguna perangkat Android. Terlebih setelah Google mulai merombak tampilan beberapa aplikasi kunci Android (Google Play Store, Google Chrome, dan Google+ misalnya) sesuai dengan aliran material design.

Material Design

Apa menariknya material design? Pertama, warna-warni, iya, material design memang berwarna-warni (tentu lebih cerah dibandingkan dengan tampilan Holo). Kedua, efek transisi atau animasi antarmuka material design dibuat sealami mungkin, sederhana, namun efeknya mengena dan bermakna. Ketiga, material design adalah design antarmuka terbaru yang akan diterapkan pada Android L (hal baru dari Androd versi terbaru memang selalu diminati dan dinanti).

Nah, para pengembang aplikasi Android tentu tidak ingin ketinggalan tren desain material tersebut dan mulai berlomba-lomba mengembangkan (atau mengupdate) aplikasi mereka agar memenuhi standar material design.

Di Google Play Store, aplikasi berpenampilan material design bisa dikatakan masih jarang ditemui, namun kali ini, Memudahkan akan menghadirkan delapan aplikasi android terbaik dengan tampilan material design khusus untuk Anda :) Mana? Silakan lanjut baca :D


1. S Converter


S Converter? Aplikasi dari Samsung-kah? Bukan sob, meski sama-sama menggunakan huruf awal S, S Converter ini dikembangkan oleh Sabri Apps. Bisa ditebak, S Converter adalah aplikasi yang berfungsi untuk melakukan konversi satuan atau unit.

S ConverterS Converter calculator

Seperti aplikasi konversi satuan kebanyakan, S Converter mampu digunakan untuk mengonversi berbagai macam satuan yang cukup lengkap, mulai dari satuan mata uang sampai satuan jarak dan waktu. Menariknya, S Converter sudah berdandan ala material design yang dilengkapi dengan beberapa pilihan tema keren. Selain itu, terdapat kalkulator yang siap digunakan langsung dari S Converter, jadi Anda tak membuka aplikasi kalkulator secara terpisah.

Download S Converter



2. Cabinet Beta


File manager atau file explorer adalah salah satu aplikasi wajib bagi pengguna Android. Banyak aplikasi file manager yang bisa Anda pilih di Play Store dengan beragam fitur ekstra di dalamnya (8 di antaranya pernah kami bahas pada artikel Aplikasi File Manager Terbaik untuk Android).

Cabinet BetaCabinet Beta slide menu

Untuk Anda yang tidak membutuhkan fitur-fitur ekstra pada sebuah aplikasi file manager, Cabinet Beta bisa Anda jadikan pilihan. Selain minimalis, cepat, dan mudah dioperasikan, Cabinet Beta juga tampil sesuai dengan kaidah material design. Berhubung masih menyandang status Beta, kemungkinan besar masih terdapat beberapa bug pada aplikasi file manager keren tersebut.

Download Cabinet Beta



3. Month: Calendar Widget


Bila Anda sering menggunakan Google Calendar, Anda akan menyukai widget yang satu ini. Iya, Month: Calendar Widget merupakan widget kalender dengan antarmuka material design yang tersinkronisasi dengan Google Calendar.

Month: Calendar WidgetMonth: Calendar Widget agenda

Tak hanya agenda (termasuk hari libur, baca: Menampilkan Hari Libur Nasional Indonesia di Google Calendar Android), Month juga bisa menampilkan hari ulang tahun teman dan kerabat Anda. Terdapat lebih dari 70 tema menarik (termasuk material) yang bisa Anda pilih pada Month: Calendar Widget.

Download Month: Calendar Widget



4. Material Flashlight


Saat mati lampu (gilir, oglangan :D), Anda tentu membutuhkan aplikasi senter atau flashlight. Pada umumnya, aplikasi flashlight untuk Android memiliki permission yang sebenarnya tidak sesuai dengan fungsinya (seperti akses internet, akses browser history, atau akses ke galeri foto Anda, untuk apa coba?).

Material FlashlightMaterial Flashlight blue

Nah, berbeda dengan aplikasi senter kebanyakan, Material Flashlight hanya membutuhkan akses ke camera perangkat Android Anda (tentu saja untuk menyalakan flash), jadi tak ada akses internet dsb. Seperti namanya, Material Flashlight telah menerapkan desain material yang minimalis nan praktis. Sebagai tambahan, untuk Anda yang sering kemah atau naik gunung, selain senter, tersedia fungsi penunjuk arah (kompas) pada aplikasi senter bergaya material ini.

Download Material Flashlight



5. Life Time Alarm Clock


Bosan dengan antarmuka alarm Android yang terkesan itu-itu saja? Life Time Alarm Clock mungkin bisa menjadi penuntas kebosanan Anda. Tampilannya menarik sekali (penuh kesan material), jelas digarap dengan serius oleh pengembangnya.

Life Time Alarm ClockLife Time Alarm Clock material

Fiturnya tidak standar (yang standar juga ada bila Anda menginginkannya), sedikit variatif dan kreatif, seperti pembatasan jumlah snooze, tantangan matematika sebelum mematikan alarm, balikkan (flip) ponsel untuk snooze, dsb.

Download Life Time Alarm Clock



6. Root Check


Penasaran dengan status root perangkat Android Anda? Cek saja dengan Root Check. Iya, Root Check (meskipun sederhana) telah mengikuti tren material design.

Root Checkbusybox

Di samping informasi mengenai root, Anda juga disuguhi info mengenai aplikasi yang Anda gunakana untuk menangani akses root, info tentang status BusyBox, serta keterangan seputar spesifikasi perangkat Android Anda.

Download Root Check



7. Textra SMS


Walau tren berkirim pesan kini mulai tergeser oleh merebaknya aplikasi perpesanan instant layaknya WhatsApp dan BBM, layanan pesan singkat atau SMS masih tetap eksis dan belum menampakkan tanda-tanda kepunahan :D, salah satu penyebabnya, SMS tidak memerlukan koneksi internet, asal ada sinyal plus pulsa, SMS bisa dikirim dan diterima.

Textra SMSTextra SMS chat

Agar tak terasa jadul, Anda bisa berkirim SMS dengan Textra SMS, berdesain material? Sudah tentu. Warna temanya pun bisa Anda ganti sesuai dengan selera. Apakah berat? Makan banyak RAM? Tentu makan RAM, namun tak seberat Go SMS atau Handcent, dan yang pasti, desain materialnya kena banget.

Download Textra SMS



8. Numix Calculator Base


Menghitung bisa jadi bukanlah hal yang menyenangkan, terutama bagi Anda yang kurang menyukai matematika. Untuk mengatasi hal itu, kalkulator bisa memberikan solusi instant untuk berbagai keperluan matematika Anda.

Numix Calculator BaseNumix Calculator Base dark

Lebih keren lagi, selain melakukan penghitungan, Anda bisa pula menikmati keindahan antarmuka material design yang ditawarkan oleh Numix Calculator Base. Sayangnya, Numix Calculator Base hanya menyediakan fitur-fitur dasar kalkulator di versi gratisnya, untuk menggunakan seluruh fiturnya, Anda bisa membeli Numix Calculator Pro dengan harga sekitar 7 ribu rupiah.

Download Numix Calculator Base


___________

Ada yang kurang? Silakan beritahu kami aplikasi Android bergaya material design favorit Anda, terima kasih :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×