20 September 2014

Download MIUI Launcher APK untuk Android Gingerbread ke Atas [2.3+]

Pernah dengar (baca) tentang Xiaomi? Mungkin MIUI? Juga Redmi? Yup, semua nama tersebut memang sedang naik daun akhir-akhir ini (pucuk! pucuk! dst.). Apa itu Xiaomi? Xiaomi adalah sebuah perusahaan teknologi asal Tiongkok yang didirikan pada 6 Juni 2010. Produksi utama Xiaomi (sering disebut MI saja, 'Mobile Internet') adalah ponsel pintar Xiaomi (seperti Redmi 1S, Mi3, Redmi Note, dsb.) dengan sistem operasi turunan dari Android yang disebut MIUI.

MIUI v6 Launcher

Tidak hanya jago kandang, smartphone besutan Xiaomi juga dipasarkan secara internasional. Bulan Agustus lalu, Xiaomi mulai merambah Indonesia dengan merilis Redmi 1S, smartphone Android (MIUI) berspesifikasi mumpuni dengan harga terjangkau. Perilisan Xiaomi Redmi 1S bisa dibilang fenomenal, karena dengan harga sekitar 1,5 juta rupiah saja, Anda bisa mendapatkan smartphone dengan prosesor quad core, ram 1GB, kamera 8mp, layar 4,7 inci, dsb (vendor smartphone lain layak untuk waspada).

Seperti yang tadi disebut, smartphone Xiaomi memang berbasis Android yang telah dimodifikasi, baik dari dalam maupun luarnya/tampilannya. Android modif versi Xiaomi itu disebut dengan MIUI (dibaca 'mi you i'). Kasarnya, MIUI merupakan iOS wannabe. Tampilan antarmukanya mirip dengan iOS, terutama pada launcher-nya yang tidak memiliki laci aplikasi atau apps drawer, dan juga ikon-ikonnya.

MIUI bisa dipasang pada berbagai macam smartphone Android (tidak terbatas pada smartphone bikinan Xiaomi) sebagai custom ROM. Untuk Anda yang ingin mencicipi MIUI tanpa harus ganti ROM atau beli smartphone Xiaomi, tersedia MIUI Launcher (disebut juga MiHome atau MIUI Express) yang dapat Anda install pada smartphone Android Anda.

Sebenarnya ini bukan aplikasi baru, launcher MIUI ini sudah nangkring di Google Play Store sejak beberapa tahun yang lalu. Berhubung sekarang Xiaomi bersama MIUI-nya sedang fenomenal, maka Memudahkan akan membahas sedikit tentang MIUI Launcher.

MIUI Launcher adalah aplikasi launcher dengan antarmuka khas MIUI. Berbeda dengan launcher Android pada umumnya, MIUI Launcher tidak memiliki apps drawer, semua aplikasi berada di home screen. Untuk  memudahkan Anda mencari aplikasi, terdapat fitur pencarian aplikasi bergaya T9, jadi tinggal ketik beberapa huruf awal aplikasi, Anda akan langsung dipertemukan dengan aplikasi yang Anda cari.

Bila ingin lebih rapi, Anda bisa mengelompokkan aplikasi sesuai kategorinya dalam folder-folder khusus. Folder tersebut juga berfungsi layaknya apps drawer. Bila Anda termasuk pengguna smartphone yang gampang bosan, atau suka gonta-ganti tampilan, Anda bisa mengganti tema (wallpaper dan ikon) MIUI Laucher sesuka hati Anda. Terdapat berbagai macam tema MIUI Launcher yang bisa Anda unduh langsung dari fitur pengaturan temanya.

Saat ini, terdapat dua jenis MIUI Launcher. MiHome dan MIUI Express/Lite. Apa bedanya? MiHome bisa dikatakan sebagai versi jadul dari MIUI Launcher. Tampilannya serupa dengan MIUI versi 5 dan bisa diinstall pada Android 2.3 Gingerbread ke atas.

MiHomeMiHome folder
MiHome

MIUI Express/Lite merupakan versi terbaru dari MIUI Launcher. Sebagai penerus MiHome, MIUI Express hadir dengan tampilan yang lebih fresh, mirip dengan tampilan MIUI versi 6 yang belum lama ini dirilis. Bukan hanya launcher, MIUI Express/Lite ini telah dilengkapi dengan aplikasi dialer/contact, SMS, dan MiCloud (layanan penyimpanan awan dari Xiaomi). Sayangnya, MIUI Express/Lite hanya bisa diinstall pada Android 4.0 ICS ke atas saja.

MIUI ExpressMIUI Lite
MIUI Express/Lite

Kedua jenis MIUI Launcher tersebut telah dilengkapi dengan aplikasi MiLocker (aplikasi lockscreen khas MIUI dengan beragam tema keren), jadi Anda tak perlu lagi memasangnya secara terpisah.

Berminat mengubah tampilan Android Anda menjadi seperti MIUI? Silakan unduh MIUI Launcher APK melalui link di bawah ini (sesuaikan dengan versi Android Anda).

Download MiHome untuk Gingerbread ke atas (2.3+) | MIRROR

Download MIUI Express/Lite untuk ICS ke atas (4.0+) | MIRROR

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×