08 Mei 2014

Cara Mencari File atau Folder Berukuran Besar yang Memenuhi Hard Disk dengan WizTree

Sering mengunduh konten dari internet? Seperti musik, video, game, aplikasi, dsb? Bila iya, bisa dipastikan banyak file dan folder yang berserakan di hard disk PC atau laptop Anda. Hingga pada saatnya Anda akan menyadari bahwa ruang penyimpanan di hard disk Anda mulai penuh.

Hard disk hard drive

Lebih lanjut, Anda akan dihinggapi kebimbangan, file atau folder mana yang akan dihapus? File atau folder apa yang membuat hard disk makin sesak?

Tak perlu bermuram durja, untuk Anda pengguna PC atau laptop dengan sistem operasi Windows, program atau aplikasi keren ini layak untuk dicoba.

WizTree namanya. WizTree adalah sebuah software gratis (freeware) Windows yang berguna untuk menganalisis hard disk Anda dan menampilkan daftar file dan folder di dalam hard disk tersebut berdasarkan ukurannya (dari yang terbesar sampai yang terkecil).

WizTree for Windows

Di samping itu, WizTree juga akan menampilkan daftar Top 1000 Largest Files yang bisa memudahkan Anda untuk mencari dan menemukan file-file berukuran besar yang menyesakki hard disk Anda.

Lalu bagaimana cara cepat mencari file atau folder berukuran besar yang memenuhi hard disk dengan WizTree? Penggunaannya cukup mudah, tinggal jalankan WizTree, pilih partisi hard disk yang hendak dianalisis, klik Scan, lalu tunggu beberapa saat (sangat cepat, hitungan detik, tergantung ukuran partisi) dan muncullah daftar file dan folder plus ukurannya.

Seperti yang telah disinggung tadi, agar lebih mudah mengetahui file apa saja yang bikin sempit hard disk, klik tab Top 1000 Largest Files, kemudian pilih file yang Anda inginkan, lalu klik kanan untuk menentukan nasib file tersebut (buka lokasi file, delete, dll).

Sebagai tambahan, WizTree kompatibel dengan hard disk berformat NTFS saja, bila WizTree tidak berjalan sebagaimana mestinya, kemungkinan hard disk Anda tidak berformat NTFS. Selamat mencoba :)

Download WizTree untuk Windows

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×