18 September 2012

15 Hal Dasar yang Perlu Anda Ketahui Tentang Ponsel Android

Dewasa ini smartphone atau ponsel pintar tengah mengalami perkembangan yang sangat pesat dan mulai menarik perhatian pengguna dari berbagai kalangan.

Ponsel pintar sekarang bukanlah barang mahal, sehingga jumlah penggunanya pun bertambah banyak dari waktu ke waktu. Masalah kemudian timbul saat pengguna dihadapkan pada berbagai macam pilihan ponsel pintar.

Samsung Galaxy S3

Pengguna pemula cenderung akan merasa kesulitan saat menentukan ponsel pintar mana yang hendak dibeli, apakah ponsel pintar berbasis Android, Windows Phone, Blackberry, atau iPhone.

Apabila Anda berminat untuk membeli ponsel Android, atau bahkan Anda sudah memilikinya sekarang dan ingin mengetahui lebih jauh tentang Android, berikut ini disajikan 15 hal dasar yang perlu Anda ketahui tentang ponsel Android.

1. Apa itu Android?
Android adalah sistem operasi seperti Windows untuk komputer, dan iOS untuk iPhone dan iPad.

2. Siapa yang membuat Android?
Android dibuat dan dikembangkan oleh Google. Android kemudian digunakan oleh produsen gadget seperti Samsung, Sony, HTC, dan Motorola untuk digunakan sebagai sistem operasi dalam ponsel, tablet, dan juga kamera yang mereka produksi.

3. Mengapa Android sering dihubungkan dengan nama makanan seperti froyo dan ice cream sandwich?
Seperti sistem operasi lainnya, Android terus dikembangkan dan merilis update secara berkala. Setiap perilisan versi baru, Google selalu menamai Android dengan nama makanan pencuci mulut. Penamaan tersebut sesuai dengan urutan huruf alfabet, misalnya Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean dan seterusnya.

4. Apakah Android dapat dipasangi aplikasi?
Ya, Android memiliki toko aplikasi sendiri yang disebut Google Play Store yang menyediakan ribuan bahkan jutaan aplikasi yang dapat diunduh secara gratis maupun berbayar.

5. Dapatkah Android digunakan untuk mengakses Facebook dan Twitter?
Ya, tentu saja. Android memiliki aplikasi resmi untuk Facebook dan Twitter yang mampu menghadirkan pengalaman yang menyenangkan dalam berjejaring sosial.

6. Bagaimana cara memasang aplikasi di ponsel Android?
Anda dapat menginstall atau memasang aplikasi Android melalui dua cara. Pertama, melalui Google Play Store yang sudah tersedia di ponsel Android Anda, dengan cara ini Anda tidak perlu menggunakan komputer karena Android dapat menginstall aplikasi dengan sendirinya. Cara kedua adalah dengan mengakses situs Google Play Store melalui komputer dan login menggunakan akun Google yang sama dengan akun Google di ponsel Android Anda.

7. Apakah ponsel Android harus terhubung ke komputer saat memasang aplikasi dari situs Google Play?
Tidak, selama ponsel Android Anda terhubung dengan jaringan operator maupun wifi, Anda tidak perlu menghubungkannya dengan komputer untuk memasang aplikasi. Aplikasi yang Anda pilih melalui situs Google Play akan secara otomatis terinstall di ponsel Android Anda.

8. Bagaimana cara memasukkan foto dan film ke ponsel Android?
Cara termudah adalah dengan menghubungkan ponsel Android dengan komputer melalui kabel USB yang tersedia dalam paket penjualan. Bila tidak ada, Anda dapat membeli kabel USB di toko komputer atau ponsel. Foto dan film yang telah dimasukkan ke ponsel Android akan otomatis masuk ke galery, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya.

Google Nexus

9. Saya mempunyai banyak koleksi musik di iTunes, dapatkah saya mendengarkannya dengan menggunakan ponsel Android?
Ya, Anda dapat menggunakan aplikasi doubleTwist yang berfungsi layaknya iTunes, yang memngkinkan Anda untuk mendengarkan koleksi musik iTunes Anda dengan menggunakan ponsel Androd.

10. Dapatkah saya memainkan game Angry Birds di ponsel Android?
Tentu saja, Anda dapat mengunduh game Angry Birds secara gratis di Google Play Store.

11. Teman saya memiliki ponsel Android dari Samsung dan milik saya dari HTC, kenapa tampilan Android saya berbeda dengan Android yang terpasang di ponsel teman saya?
Produsen perangkat keras seperti Samsung dan HTC memodifikasi tampilan desain dan meningkatkan beberapa fungsi dari sistem operasi Android standar, sehingga tampak berbeda satu sama lain, modifikasi tersebut sering disebut "skin".

12. Apakah bisa saya mendapat tampilan dan fungsi Android standar tanpa adanya modifikasi atau skin?
Bila Anda menginginkan sistem operasi Android murni dari Google, Anda dapat memilih gadget dengan yang memilki nama "Nexus", misalnya ponsel Galaxy Nexus, atau tablet Nexus 7. Gadget Nexus adalah gadget yang resmi diproduksi oleh Google dengan menggandeng pabrikan perangkat keras ternama seperti Samsung dan Asus. Gadget Nexus memiliki sistem operasi Android standar dan murni tanpa modifikasi dari pihak manapun.

13. Apa bedanya "home screen" dan "app drawer"?
App drawer adalah halaman yang menampilkan seluruh aplikasi yang terinstall di ponsel Android Anda. Pada iPhone, semua aplikasi yang terinstall berada di home screen, tetapi di Android, Anda dapat menemukan maksimal 7 homescreen yang dapat diisi dengan aplikasi favorit dan juga bermacam widget, dan aplikasi yang tidak dipilih untuk ditempatkan di homescreen tetap tersedia di app drawer.

14. Apa itu widget?
Widget adalah salah satu fitur unggulan di Android. Tampilan widget merupakan wakil dari aplikasi yang mampu menampilkan bermacam info dan fungsi. Widget terdiri dari beberapa ukuran yang dapat diatur sesuai panjang dan lebar home screen. Salah satu contoh widget adalah Facebook feed yang menampilkan update status dari teman-teman Anda langsung di homescreen tanpa harus membuka aplikasi Facebook.

15. Apakah saya harus punya akun Google untuk menggunakan ponsel Android?
Iya, Anda harus mempunyai akun Google untuk mengakses semua fitur di ponsel Android.

Ada hal lain yang belum kami sebutkan? silakan tulis di kotak komentar yang tersedia :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×