10 Juni 2019

Cara Bayar IndiHome Lewat Shopee Pakai OVO

Ditulis oleh pada 10.6.19
Kok bingung ya? Bayarnya lewat Shopee kok pakai OVO segala? Di beberapa artikel lalu, Memudahkan sudah membahas bagaimana cara membayar tagihan belanja online di Shopee menggunakan aplikasi OVO, jadi seharusnya Anda tidak bingung lagi dengan judul artikel ini 😀

Bayar IndiHome pakai OVO lewat Shopee

Sama halnya dengan marketplace lain, Shopee juga menawarkan jasa pembayaran produk digital macam Telkom IndiHome. Pilihan cara pembayarannya pun bermacam-macam, bisa lewat kartu kredit, ShopeePay, Alfamart, Indomaret, sampai transfer bank. Berhubung aplikasi OVO sudah dilengkapi dengan fitur transfer bank, kita bisa membayar tagihan IndiHome di Shopee pakai OVO, sob, tapi ada syaratnya.

  1. Pertama, pastikan akun OVO Anda sudah premier, sehingga fitur transfer bank bisa digunakan. Bila akun OVO Anda masih berstatus club, silakan upgrade ke premier dengan berfoto selfie dengan KTP lewat aplikasi OVO, atau datang langsung ke both OVO terdekat.
  2. Pastikan juga saldo OVO cash Anda cukup untuk membayar tagihan IndiHome, karena OVO point saat ini tidak bisa ditransfer ke rekening bank.

Kenapa ga langsung bayar IndiHome lewat OVO saja? Karena sampai artikel ini diterbitkan, belum ada pilihan pembayaran IndiHome di aplikasi OVO. Oleh karena itu kita perlu aplikasi perantara seperti Shopee, sob. Jikalau nanti OVO sudah menyediakan fitur pembayaran produk Telkom tersebut, mungkin cara yang akan kita bahas ini menjadi kurang menarik lagi, kecuali kalau promo yang ditawarkan marketplace lain lebih nampol daripada OVO.

Kenapa pakai aplikasi Shopee, bukan Tokopedia, Bukalapak, atau yang lain? Ini sifatnya situasional, sob. Anda bebas untuk membayar IndiHome lewat aplikasi marketplace apa saja. Di sini saya memilih Shopee karena ada promo cashback untuk pembayaran IndiHome bulan Juni 2019. Biasanya saya bayar IndiHome lewat Tokopedia, namun karena tidak/belum ada promo untuk bulan ini, bayar lewat Shopee sepertinya lebih menyenangkan 😁


Cara Membayar Tagihan IndiHome Lewat Shopee dan OVO


Lantas bagaimana cara bayar IndiHome lewat Shopee pakai OVO? Mudah sekali, caranya sebelas duabelas dengan cara yang sudah pernah di bahas di blog ini sebelumnya. Lebih jelasnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Jalankan aplikasi Shopee di ponsel Anda. Saya asumsikan Anda sudah login. Ketuk ikon "Produk Digital" dan pilih "Telkom".

    Produk Digital Telkom Shopee


  2. "Tipe Telkom" pilih "IndiHome", lalu isi nomor pelanggan atau nomor telepon (salah satu saja). Di sini saya mengisi nomor telepon di awali dengan kode areanya. Selanjutnya ketuk "Lihat Tagihan" untuk memunculkan informasi seputar tagihan IndiHome yang akan dibayar. Jika sudah benar tekan "Lanjut".

    Tagihan IndiHome Shopee


  3. Untuk metode pembayaran saya memilih transfer "Bank Mandiri (Dicek Otomatis)" karena bisa menerima transfer dari semua bank (termasuk OVO), lalu tekan Konfirmasi. Btw, dulu BNI (Dicek Otomatis) adalah satu-satunya bank yang bisa menerima transfer dari mana saja, namun sejak Juni 2019, peran BNI di Shopee telah digantikan oleh Bank Mandiri. Di laman berikutnya kita bisa memilih voucher promo atau menukarkan koin Shopee dan lanjut ke langkah selanjutnya dengan menekan "Bayar Sekarang".

    Bank Mandiri (Dicek Otomatis)


  4. Tak berapa lama, total pembayaran dan nomor virtual account Bank Mandiri akan muncul. Ketuk "Salin" untuk menyalin nomor tersebut.

    nomor virtual account Bank Mandiri


  5. Buka aplikasi OVO dan tekan "Transfer". Di laman selanjutnya pilih transfer "ke Rekening Bank".

    OVO transfer ke rekening bank


  6. Cari dan pilih "Bank Mandiri" di isian "Bank Tujuan". Paste atau tempel nomor akun virtual tadi di isian "Nomor Rekening", sumber dana sudah pasti "OVO Cash", "nominal transfer" ketik sesuai dengan total pembayaran pada langkah nomor 4 (dalam hal ini 190.000). "Pesan" boleh diisi atau dikosongkan saja. Lalu tekan "Lanjutkan". Cek kebenaran informasi pada jendela "Konfirmasi transfer" dan tekan "Transfer" ketika semua sudah sesuai. FYI, transfer dari OVO ke rekening bank tidak dikenakan biaya transaksi (gratis) sebanyak 10 kali transfer setiap bulannya.

    OVO Cash transfer ke Mandiri


  7. Sekitar sedetik kemudian muncul laman yang menyatakan bahwa transfer telah berhasil. Cek juga notifikasi "Pembayaran Berhasil" di aplikasi Shopee. Setelah itu kita tinggal menunggu pembayaran IndiHome kita diproses oleh pihak Shopee, biasanya cepat dan tak perlu menunggu. Mengingat hari ini (10/06/2019) masih libur lebaran, proses penanganan tagihan IndiHome di Shopee kemungkinan mengalami keterlambatan. Bila dalam 1 x 24 jam pembayaran IndiHome Anda belum diproses, silakan hubungi CS Shopee untuk solusi lebih lanjut.

    Transfer berhasil OVO Shopee



Panjang ya langkahnya? Pada praktiknya, langkah-langkah di atas bisa ditempuh dalam waktu kurang dari satu menit, sob. Berhubung ini adalah artikel yang ditujukan untuk semua kalangan, sebisa mungkin saya buat serunut mungkin agar mudah diikuti.

Sebagai sangkalan, screenshot-screenshot yang terdapat di artikel ini kemungkinan berbeda dari keadaan yang ada di aplikasi Anda saat ini atau di masa mendatang. Hal itu biasanya disebabkan oleh update aplikasi yang digulirkan setelah artikel ini diterbitkan. Meski demikian, saya akan berusaha mengupdate screenshot-screenshot tersebut sesuai keadaan terbaru bila dirasa perlu. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×