13 Juni 2019

Cara Mengubah URL YouTube Sesuai Nama Channel

Ditulis oleh pada 13.6.19
Mendapatkan URL kustom di YouTube memang tidak semudah media sosial lain macam Instagram atau Twitter. Tunggu, min, apa itu URL kustom? Sederhananya, URL kustom (custom URL) dapat diartikan sebagai alamat web yang mudah diingat, bisa ditentukan sendiri oleh pemilik akun. Misalnya instagram.com/memudahkan atau twitter.com/memudahkan.

Cara Ubah URL YouTube Sesuai Nama Channel

URL kustom pada kedua contoh di atas relatif mudah didapatkan, sob. Bahkan bisa diperoleh beberapa saat atau ketika kita mendaftar di Instagram atau Twitter. Hal tersebut tentu berbeda dengan YouTube. Diperlukan beberapa syarat yang harus dipenuhi pemilik akun agar URL kustom (seperti youtube.com/memudahkan) bisa didapat. Beratkah? Nyantai saja, sob. Syaratnya relatif mudah:


Syarat Memperoleh URL Kustom untuk Channel YouTube


  1. Setidaknya punya 100 subscriber. Kalau lebih? Boleh dong, jangan kurang tapi.
  2. Usia channel sudah 30 hari.
  3. Sudah mengunggah foto atau ikon channel 
  4. Telah mengunggah foto header channel.

Sebagai tambahan, satu channel hanya boleh memiliki satu URL kustom, dan setelah didapatkan, URL tersebut tidak bisa dipindah atau ditransfer ke orang lain.

Setelah syarat-syarat di atas terpenuhi, kita bisa mulai mengubah URL random channel YouTube kita menjadi URL kustom yang mudah diingat, ditulis, diketik, dan diucapkan. Sekedar tips, umumnya URL kustom akan mengikuti nama channel YouTube. Oleh karena itu, pastikan nama channel YouTube Anda sudah sesuai dengan keinginan sebelum mengklaim URL kustom. Buat yang belum tahu, nama channel YouTube bisa diganti lewat ikon channel di kanan atas layar → Setelan → klik link "Edit di Google" yang terletak di samping nama channel.


Cara Mengganti URL Kustom Channel YouTube


  1. Buka laman Setelan lanjutan melalui ikon channel di kanan atas layar → Setelan → Setelan lanjutan.

  2. Bila channel YouTube Anda telah memenuhi syarat, akan muncul link di bawah "Setelan channel": "Anda berhak mendapatkan URL kustom. Klaim di sini".

    Anda berhak mendapatkan URL kustom

  3. Klik link tersebut untuk memunculkan jendela pop up untuk melihat URL kustom yang telah disetujui. Misalnya youtube.com/c/Memudahkan. Kok ada "c" nya? Tak masalah, sob, untuk saat ini, URL tersebut juga bisa diakses melalui youtube.com/memudahkan. Semoga ke depannya terus seperti itu (tergantung kebijakan YouTube).

    Mengganti link channel YouTube

  4. Bila dikehendaki, Anda bisa menambahkan beberapa huruf atau angka di belakang URL tersebut.

  5. Setelah dirasa sesuai, beri tanda centang di samping "Saya telah membaca dan menyetujui Syarat Penggunaan URL kustom" lalu klik tombol "Ubah URL".

  6. Pastikan URL kustom yang Anda tentukan tersebut telah benar-benar sesuai dengan keinginan Anda. Apakah tidak bisa diubah lagi? Kemungkinan bisa, namun prosesnya lumayan tak mudah, sob.

Nah, kini channel YouTube Anda bisa diakses melalui URL kustom yang telah Anda tetapkan. Membagikan channel YouTube pun makin mudah karena cukup dengan menulis, mengetik, atau mengucapkan youtube.com/NamaAnda. Iya, URL kustom memang berpotensi memperkuat branding channel YouTube Anda. Layaknya nama channel, logo, ikon atau foto profil, URL kustom merupakan salah satu identitas wajib bagi suatu channel YouTube yang ingin dikenal luas, baik di dunia maya maupun nyata. Selamat mencoba 😉

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×