08 April 2019

Cara Merekam Layar Android dengan Audio Internal (Pocophone F1)

Ditulis oleh pada 8.4.19
Di masa lalu, sebelum Android Oreo dirilis, merekam layar Android dengan audio internal bisa dilakukan dengan mudah. Aplikasi-aplikasi screen recorder yang beredar di Play Store juga banyak yang menyediakan opsi perekaman suara internal (baik secara default atau manual).

Merekam Layar Android dengan Audio Internal

Sayangnya, mulai Android Oreo, merekam layar Android sekaligus audio internalnya sudah tidak diizinkan lagi. Apa sebab? Pastinya terkait masalah privasi dan hak cipta, sob. Pelanggaran terhadap kedua hal tersebut memang sangat sensitif bagi sebagian besar pengguna smartphone dan industri kreatif dewasa ini.

Tapi kan tujuannya bukan untuk itu? Iya, sob. Fitur screen recorder biasanya lebih sering digunakan untuk merekam gameplay atau tutorial seputar Android daripada hal-hal lain yang dilarang. Meski demikian, Google sudah memutuskan untuk membatasi fungsi rekam audio internal ketika merekam layar Android.


Lalu apakah ada solusi lain? Ada, sob. Merekam layar dengan audio yang diambil dari mic smartphone masih diizinkan sampai saat ini. Memang hasil suaranya tidak sejernih rekaman dari suara internal, tapi sudah lumayan lah, daripada tidak ada suaranya sama sekali 😁

Jika record screen dengan audio internal adalah prioritas Anda, menggunakan Android versi lawas mungkin bisa dicoba. Redmi Note 4 dengan Android Nougat misalnya, masih memiliki fitur record system sound pada aplikasi record screen bawaannya. Alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan Pocophone F1. Memangnya bisa?


Merekam Layar sekaligus Audio Internal di Pocophone F1


Bisa sob, setelah update ke MIUI 10.3.4 Global Stable (Android Pie), opsi "Suara sistem" pada pengaturan "Sumber suara" di aplikasi Rekam Layar bawaan si Poco muncul kembali, sob. Loh, memangnya sudah boleh ya merekam audio internal di Android Pie? Kurang tahu juga, sob. Sampai artikel ini diketik belum ada informasi yang pasti mengenai hal tersebut.

Bila Anda berminat record game lengkap dengan suaranya di Pocophone F1, silakan lakukan update ke MIUI 10.3.4 Global Stable. Selanjutnya buka aplikasi Screen Recorder atau Rekam Layar → masuk ke pengaturan melalui ikon gir di kanan atas layar → Sumber suara → Pilih "Suara sistem". Beres dah.

Aplikasi Screen Recorder Pocophone suara sistem

Kok bisa ya? Apa mungkin Xiaomi sedang berimprovisasi, atau sengaja bermain api? Entahlah, tapi satu yang pasti, kualitas audio internal yang direkam pakai aplikasi Screen Recorder bawaan tersebut tidaklah sebaik harapan kita sebagai pengguna. Bening memang, namun suaranya kecil, tidak sekeras punya Redmi Note 4 dulu. Walau begitu, boleh diakui bahwa hasil rekaman audio internal tersebut terbilang lebih baik dari rekaman audio lewat mikrofon. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×