23 Maret 2019

Daftar Smartphone Android yang Support Quick Charge 4.0, 3.0, dan 2.0

Ditulis oleh pada 23.3.19
Apa itu Quick Charge? QC atau Qualcomm Quick Charge adalah teknologi pengisian daya cepat untuk perangkat yang menggunakan chipset dari Qualcomm. Tidak hanya terbatas pada perangkat berbasis Android, teknologi Quick Charge juga terdapat pada piranti-piranti pendukungnya, seperti powerbank, kepala charger, dan kabel USB (baik micro maupun type-c).

Daftar Smartphone Android Support QC 4.0

Semakin ke sini teknologi pengisian daya cepat atau Quick Charge semakin mudah ditemui sob. Iya, bila dulu hanya hadir di smartphone Android flagship, kini Quick Charge bisa dinikmati pula di smartphone mid-end seperti Redmi Note 5. Beneran si whyred sudah support Quick Charge?

Benar sob, Redmi Note 5 sudah mendukung Quick Charge 3.0 sejak pertama kali diluncurkan, hanya saja memang tidak ada pengumuman resmi mengenai hal itu. Kok kecepatan charge nya biasa saja ya? Karena Xiaomi tidak menyediakan charger Quick Charge dalam paket pembelian, oleh karena itu, silakan beli charger dengan fitur Quick Charge 3.0 agar pengisian daya di Redmi Note 5 semakin ngacir.


Berbeda dengan Redmi Note 5 (dan juga Redmi Note 6 Pro), baru-baru ini Xiaomi memperkenalkan Redmi Note 7 sambil mempromosikan fitur Quick Charge 4.0 yang diusungnya. Meski demikian, lagi-lagi Xiaomi tidak menyertakan charger yang mendukung fitur tersebut dan menyarankan kita untuk membelinya secara terpisah.

Redmi Note 7 Quick Charge 4

Semisal Anda mencari smartphone Xiaomi sudah mendukung Quick Charge (baik ponsel maupun chargernya), Pocophone F1 bisa dijadikan pilihan. Uniknya, di atas kertas Pocophone F1 sudah mendukung Quick Charge 4+, namun charger yang disediakan Xiaomi dalam paket penjualan hanya mendukung Quick Charge 3.0, tak apa-apa lah sob, setidaknya sudah bisa digunakan untuk mengisi daya dengan lebih cepat 😛

Seberapa cepat pengisian daya Quick Charge? Tergantung versinya sob. Sampai artikel ini diketik, terdapat lima versi QC, yaitu Quick Charge 1.0, 2.0, 3.0, dan 4.0 atau Quick Charge 4+. Apa bedanya? Semakin tinggi versinya, waktu pengisian daya tentu lebih singkat dan efisien, serta semakin mahal harganya 😁 Sebagai contoh, dalam 15 menit, smartphone dengan dengan teknologi QC 4+ bisa terisi hingga 50%, bandingkan dengan smartphone biasa yang hanya terisi 9% dalam waktu yang sama.

Lalu smartphone apa saja yang support Quick Charge? Banyak sob. Di artikel ini saya mencoba mengumpulkan daftar smartphone Android yang sudah mendukung Quick Charge, namun sengaja saya batasi untuk smartphone yang beredar secara resmi di Indonesia saja (silakan koreksi bila ada kesalahan 😇).


Qualcomm Quick Charge 4.0/4+


Asus
  1. ZenFone 6

LG
  1. G7 ThinQ

Samsung
  1. Galaxy A70
  2. Galaxy A80

Xiaomi
  1. Redmi Note 7
  2. Mi A2
  3. Pocophone F1


Qualcomm Quick Charge 3.0


Asus
  1. ZenFone 3 Deluxe

BlackBerry
  1. KEYone

    LG
    1. G5
    2. G6
    3. V20
    4. V30

    Nokia
    1. Nokia 6
    2. Nokia 8

    Xiaomi
    1. Redmi Note 5
    2. Redmi Note 6
    3. Mi 8 Lite

    Qualcomm Quick Charge 2.0


    Asus
    1. Zenfone 2
    2. ZenFone 3
    3. ZenFone 3 Ultra

    Samsung
    1. Galaxy Note 4
    2. Galaxy Note 5
    3. Galaxy Note Edge
    4. Galaxy Note 9
    5. Galaxy S6
    6. Galaxy S6 +
    7. Galaxy S6 Edge
    8. Galaxy S7
    9. Galaxy S7 Edge
    10. Galaxy S8
    11. Galaxy S8+
    12. Galaxy S9
    13. Galaxy S9+
    14. Galaxy S10
    15. Galaxy S10+
    16. Galaxy S10e

    Vivo
    1. V3
    2. V3 Max

    Xiaomi
    1. Mi 4c


    Segitu kok dibilang banyak. Begini sob, seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya, daftar di atas hanya mencakup smartphone yang beredar resmi di Indonesia saja. Bila Anda ingin mengetahui daftar lengkap smartphone yang telah mendukung Quick Charge dari versi terlama sampai yang terbaru, baik yang beredar resmi di negara kita atau pun tidak, silakan mampir ke situs Qualcomm. Semoga bermanfaat 😊

    Jadilah yang pertama berkomentar

    Memudahkan

    Suka dengan artikel Memudahkan?

    Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

    FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

    Terima kasih :)

    ×