21 Februari 2017

Cara Membuat Status WhatsApp dengan Foto dan Video

Status WhatsApp umumnya berisi teks dan emoji, namun itu semua berubah sejak WhatsApp merombak ulang fitur dasar tersebut. Iya, kini kita juga bisa menambahkan gambar, foto, maupun video di status WA. Bagaimana caranya?

WhatsApp Stories

Sabar dulu sob. Saat artikel ini diketik, fitur yang disebut WhatsApp Status itu masih dalam tahap pengetesan di beberapa negara (Indonesia belum). Lalu kapan dirilis secara global? Tidak lama lagi sob. Artikel ini akan segera diupdate setelah WhatsApp Status dirilis.


Apa itu Status WhatsApp?


Sebagai gambaran, status WhatsApp dengan gambar, foto, atau video kurang lebih sama dengan cara membuat Instagram Stories; bisa tambah sticker, teks, emoji, corat-coret, bisa memantau siapa saja yang melihat status kita, dan akan otomatis terhapus setelah 24 jam (bisa disebut WhatsApp Stories dong 😄). Tampilannya pun sebelas dua belas dengan fitur yang aslinya berasal dari Snapchat tersebut, seperti yang tampak pada screenshot berikut.

WhatsApp Status

Bedanya, apapun yang kita posting di status WhatsApp akan terenskripsi secara end-to-end sehingga aman dari mata yang tidak berhak (hanya kita dan teman-teman di kontak yang bisa mengaksesnya).

Dikutip dari blog resminya, rilis update WhatsApp Status ini bertepatan dengan ulang tahun WhatsApp yang ke-8 (24 Februari). Jadi kemungkinan besar rilis globalnya sekitar tanggal itu sob, atau bisa jadi lebih cepat lagi. Kita tunggu saja dan tetap pantau Memudahkan 😉

UPDATE 23/02/2017: Mulai hari ini, WhatsApp Status dengan foto dan video sudah bisa digunakan di negara kita sob (ditandai dengan munculnya tab "Status"). Inilah penampakannya.

tab "Status"

Mirip sama Instagram Stories ya? Banget 😄, tapi tata letaknya sedikit berbeda sob. Lho, tab kontak sekarang ke mana? Tenang, tab kontak WhatsApp masih bisa diakses melalui tombol yang terletak di pojok kanan bawah (khusus di tab "Chatting" dan "Panggilan").


2 Cara Update Status WhatsApp Pakai Foto dan Video


Seperti yang sudah disinggung di atas, cara update status WA terbaru kurang lebih sama dengan Instagram Stories. Biar lebih jelas, simak ulasan singkat berikut.

Cara pertama adalah melalui tab kamera (tab paling kiri).

Update Status WhatsApp Pakai Foto dan Video

  1. Ambil foto/video via kamera atau galeri,
  2. edit sesuka hati (tambah sticker, teks, emoji, corat-coret warna-warni),
  3. ketuk tombol centang bila sudah selesai, 
  4. sekedar tips, kita bisa mengatur kontak mana saja yang bisa melihat status kita melalui tombol setting di sebelah "Status saya".

    Atur privasi status WA

  5. Pada laman "Kirim ke" pilih "Status saya", lalu tekan tombol kirim.


Cara kedua (lebih cepat dari cara sebelumnya) bisa dilakukan melalui tab "Status".

Kirim status WhatsApp

  1. Tekan tombol status di pojok kanan bawah layar, 
  2. ambil foto/video, 
  3. edit bila diperlukan, 
  4. lalu tekan tombol kirim untuk langsung mengupdate status WhatsApp.

Cara Menghapus Status Foto/video WhatsApp


Walaupun akan otomatis terhapus setelah lewat 24 jam, kita juga bisa menghapus status foto dan video WhatsApp secara manual bila tak diinginkan. Caranya mudah sob,

  1. tinggal masuk ke tab "Status", 
  2. ketuk menu (tiga titik) di samping "Status Saya", 
  3. tekan tahan status yang akan dihapus (pilih banyak sekaligus juga bisa), 
  4. dan pilih ikon tempat sampah > Hapus. Beres dah.

Sebenarnya masih ada lagi beberapa tips dan trik status WhatsApp yang ingin saya ketik di artikel ini, namun agar lebih relevan dengan judul, saya cukupkan sekian dulu ya sob. Selamat mencoba dan sampai jumpa pada artikel berikutnya 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×