13 Juli 2016

Tips dan Strategi Dasar Game Clash Royale versi Memudahkan [UPDATED]

Tahu Clash of Clans? Nah itu. Bagaimana dengan Clash Royale? Apa itu Clash Royale? Sequel dari CoC kah? Berhubung keduanya berasal dari developer yang sama dan namanya pun hampir serupa, Clash Royale memang sering disebut sebagai Clash of Clans 2, tapi apakah benar game baru dari Supercell tersebut merupakan lanjutan dari CoC?

Tips dan Strategi Dasar Game Clash Royale

Bisa iya bisa tidak sob, bisa jadilah istilahnya, tergantung dari sudut mana dipandangnya. Dilihat dari genre dan temanya, CoC dan Clash Royale sama-sama mengetengahkan strategi dan pertikaian antar pemain. Tokoh-tokohnya juga sama sob, meski ada beberapa tokoh ekstra dalam Clash Royale, kedua game tersebut memang berada dalam satu universe yang sama.

Lalu apa bedanya Clash Royale dengan Clash of Clans? Selain adanya tokoh tambahan tadi, Supercell menyebut Clash Royale sebagai game real-time multiplayer, yang artinya kita benar-benar bermain secara langsung (real-time) dengan pemain lainnya (tidak seperti CoC yang memungkinkan kita melawan pemain lain yang lagi offline).

Bedanya lagi, bila di CoC kita bisa membangun dan upgrade bangunan utama seenaknya (upgrade TH, poles tembok, perkuat tower, dsb. bisa dilakukan dengan resources yang tersedia), Clash Royale lebih fokus pada pencarian dan upgrade kartu, sedangkan bangunan utama (berupa tiga crown tower) hanya bisa diupgrade secara otomatis begitu kita naik level.

Perbedaan Clash Royale dan Clash of Clans

Masih ada lagi sob, jika di CoC kita saling kunjung desa untuk menyerang lawan, Clash Royale menyediakan arena khusus yang didesain untuk duel antar pemain. Kalau menang, selain mendapat trofi, kita juga memperoleh chest (kotak harta) yang berisi gold, gem, dan juga kartu (bisa kartu pasukan, bangunan, maupun spell). Tiap arena menyimpan chest dengan isi yang berbeda-beda, jadi untuk mendapatkan kartu baru dan jumlah gold yang lebih banyak, pemain wajib meningkatkan trofi agar bisa maju ke arena yang lebih tinggi.

Lah, malah membahas perbandingan Clash Royale dengan CoC, bagaimana dengan tips dan trik dasar bermain game Clash Royale yang sesuai untuk pemula? Nyantai dulu sob, 4 paragraf di atas baru pemanasan :D Lanjut bacanya ya :)

Seperti game-game pada umumnya, Clash Royale sudah dilengkapi dengan panduan awal untuk pemain baru. Jadi silakan unduh dan pasang Clash Royale di ponsel atau tablet Anda, jalankan dan ikuti tutorial yang tersaji di dalam permainan.

TIPS 1: Segera selesaikan tutorial Clash Royale (Training Camp) dan capai level 3 agar bisa bergabung di dalam clan. Setelah masuk ke dalam clan, kita akan mendapatkan tambahan 100 gem gratis. Lumayan dah. Di samping itu, kita juga bisa bertukar kartu dan strategi, serta melakukan pertandingan persahabatan dengan anggota clan yang lain. 

Secara garis besar, cara main Clash Royale tidak jauh beda dengan CoC. Tujuan utama kita sebagai pemain adalah menghancurkan Crown Tower lawan dan mempertahankan Crown Tower kita sendiri (selanjutnya disebut CT, bisa dianalogikan sebagai TH di CoC) dengan kartu yang kita punya di sebuah arena. Siapa yang paling banyak menghancurkan CT (mengumpulkan crown paling banyak), dialah yang keluar sebagai pemenang dan berhak mendapatkan trofi dan chest.


Crown Tower


Crown Tower

CT terdiri dari 1 bangunan utama (King's Tower) yang didampingi oleh 2 bangunan tambahan (Arena Tower). Sebuah Arena Tower bernilai 1 crown, jadi bila kita bisa menghancurkan keduanya maka kita akan mendapatkan 2 crown.

Khusus untuk King's Tower, nilainya adalah 3 crown, jadi pemain yang berhasil menghancurkan King's Tower terlebih dahulu otomatis akan keluar sebagai pemenang.

Iya, King's Tower merupakan pusat kekuatan pemain di game ini. Meski demikian, mempertahankan King's Tower milik sendiri jauh lebih penting daripada mencoba untuk meruntuhkan King's Tower lawan. Kenapa bisa begitu? Karena kemenangan bisa diraih tanpa harus meratakan King's Tower lawan sob. Bila kita berhasil menghancurkan satu saja Arena Tower lawan dan tak satupun tower Anda yang berhasil dihancurkan, ketika waktu habis maka kitalah yang akan menjadi pemenang.

Satu hal lagi yang tak kalah penting sob. King's Tower memiliki 2 mode, yaitu mode siaga dan mode bertahan. Saat 2 Arena tower masih utuh (belum ada yang rata), King's Tower masih dalam mode siaga (hanya mengamati). Begitu terkena serangan (kena spell biasanya) atau salah satu Arena Tower hancur, King's Tower akan berganti ke mode bertahan (bisa menyerang pakai meriam).

TIPS 2: Tak perlu terburu-buru incar King's Tower sob (pakai spell biasanya) karena bila terkena serangan, modenya akan berubah dari siaga menjadi bertahan (menghancurkan Arena Tower pada saat King's Tower dalam mode bertahan tentu lebih sulit daripada ketika masih dalam mode siaga.) Strategi terbaik adalah menghancurkan salah satu Arena Tower dulu kemudian baru serang King's Tower. Itu pun bila memungkinkan, bila tidak, hancurkan dulu Arena Tower kedua daripada pertahanan jebol gara-gara fokus pada King's Tower lawan.


Card (Troop, Spell, & Building)


Walau kita bisa mengumpulkan kartu sebanyak mungkin (saat artikel ini ditulis totalnya mencapai 62 kartu), hanya 8 kartu di Battle Deck yang bisa digunakan untuk maju perang (8 kartu tersebut bisa diganti-ganti sesuai selera dan disimpan dalam 3 deck yang berbeda). Di arena, kedelapan kartu tersebut akan muncul bergiliran dalam 4 buah deck yang terletak di sisi bawah layar. Untuk menurunkan pasukan ke arena, dibutuhkan elixir dengan jumlah yang berbeda tergantung jenis kartunya.

TIPS 3: Isi Battle Deck Anda dengan kartu yang bervariasi, baik dari segi kebutuhan elixir dan jenis serangan. Battle Deck yang ideal umumnya berisi kartu pasukan untuk serangan darat, udara, bangunan pertahanan, dan ditambah spell.

Perhatikan rata-rata kebutuhan elixir atau Average Elixir Cost (AEC) di laman Battle Deck. Semakin tinggi nilai AEC semakin kuat serangan kita, namun pertahanan akan melemah akibat tingginya elixir yang dibutuhkan. Idealnya, Battle Deck yang sesuai untuk menyerang dan bertahan memiliki nilai AEC sekitar 3 sampai 4.

Deck kartu terkuat Clash Royale

Intinya, semakin rendah nilai AEC semakin sering kita bisa menurunkan pasukan, bila sebaliknya, meski pasukan kita kuat, tapi butuh waktu lebih lama untuk menurunkannya ke arena.

TIPS 4: Batasi penggunaan kartu yang butuh banyak elixir agar nilai AEC tidak melewati angka 4 atau 5. Semakin tinggi AEC, semakin susah kita bertahan dalam pertempuran. Bila terpaksa melewati angka tersebut, bawa elixir collector sebagai penyeimbang.

Kartu di game Clash Royale dibagi menjadi 4 jenis berdasarkan kelangkaannya, yaitu Common (kartu biasa, berbingkai hitam/biru), Rare (kartu langka, berbingkai oranye), Epic (lebih langka dari Rare, berbingkai ungu), dan Legendary (kartu paling langka di Clash Universe, berbingkai segi enam). Kartu-kartu tersebut tersebar di beragam arena Clash Royale. Kita bisa mendapatkannya dengan cara membuka chest yang diperoleh setelah memenangkan pertandingan di masing-masing arena.


Arena


Arena adalah tempat bertanding para pemain Clash Royale. Dari total 10 arena, saat ini tersedia 1 arena untuk pemula (tutorial), 6 arena yang menyimpan bermacam kartu sesuai dengan nama dari arena yang bersangkutan, 2 arena baru (Builder's Workshop dan Frozen Peak), dan 1 arena tanpa kartu (Legendary Arena). Berikut ini adalah urutan level arena di game Clash Royale beserta kartu yang tersimpan di dalamnya.

  1. Training Camp (Tutorial)

    Training Camp

    Menyimpan total 12 kartu,yaitu Arrow, Bomber, Archers, Knight, Fireball, Mini P.E.K.K.A, Musketeer, Giant, Prince, Baby Dragon, Skeleton Army, dan Witch.


  2. Goblin Stadium (Trofi: 0+)

    Goblin Stadium

    Menyimpan 4 jenis kartu Goblin (Spear Goblins, Goblins, Goblin Hut, Goblin Barrel), kartu Valkyrie, dan Lightning.


  3. Bone Pit (400+)

    Bone Pit

    Mengandung 5 jenis kartu Skeleton (Skeletons, Tombstone, Bomb Tower, Giant Skeleton, Balloon) dan kartu Minion.


  4. Barbarian Bowl (800+)

    Barbarian Bowl

    Terdiri dari 2 jenis kartu Barbarian (Barbarians, Barbarian Hut), kartu Cannon, Rocket, Rage, dan X-Bow.


  5. P.E.K.K.A's Playhouse (1100+)

    P.E.K.K.A's Playhouse - Inferno Dragon

    Berisi kartu P.E.K.K.A dan 5 kartu tambahan (Tesla, Minion Horde, Inferno Tower, Hog Rider, Freeze, dan Lava Hound). Di arena tersebut, kartu Legendary mulai muncul (Lava Hound). Selain Lava Hound, pembaruan CR September '16 membawa serta kartu Inferno Dragon.


  6. Spell Valley (1400+)

    Spell Valley

    Menyimpan 5 jenis kartu yang berhubungan dengan spell (Zap, Wizard, Poison, Mirror, Fire Spirits, Furnace, dan Ice Wizard).


  7. Builder's Workshop (1700+)

    Builder's Workshop

    Arena terbaru dari Clash Royale update 29/02/2016. Builder's Workshop menggeser posisi Royal Arena ke posisi 7. Di arena tersebut kita bisa menemukan kartu Mortar, Elixir Collector, Sparky, Miner, dan Golem. Pada update 04/07/2016, Builder's Workshop mendapat sebuah kartu baru: The Log.


  8. Royal Arena (2000+)

    Royal Arena Mega Minion

    Menyimpan kartu Golem, Elixir Collector, dan Mortar. Akibat digeser oleh Builder's Workshop, Royal Arena mendapatkan 4 kartu baru, yaitu Royal Giant, Three Musketeers, Dark Prince, dan Princess (ditambah Guards pada update 03/05/2016). Update terbaru Clash Royale bulan September 2016 menambahkan satu kartu baru di Royal Arena, yaitu Mega Minion.

    Sebelum update 02/02/2016 dan 29/02/2016, Clash Royale hanya terdiri dari 6 arena saja.


  9. Frozen Peak (2300+)

    Frozen Peak

    Pada update 04/07/2016 Clash Royale memperoleh tambahan arena baru, yaitu Frozen Peak. Di arena bertema es tersebut kita bisa menemukan Ice Spirit, Bowler, dan Lumberjack.


  10. Legendary Arena (3000+)

    Legendary Arena

    Arena level tertinggi yang tidak menyimpan kartu baru (chest-nya berisi kartu dari arena-arena sebelumnya). Arena tersebut biasanya digunakan oleh para pemain top Clash Royale dari berbagai penjuru dunia.


Untuk naik ke level arena yang lebih tinggi diperlukan sejumlah trofi tertentu.

TIPS 5: Susah menang melawan pemain bertrofi tinggi? Nyantai saja sob, seiring seringnya kalah, otomatis trofi akan turun (mirip sama CoC), level arena juga anjlok. Di arena yang lebih rendah dan diikuti turunnya trofi, lawan juga makin mudah dikalahkan. Nah, kesempatan untuk mendapat chest makin besar sehingga kita bisa segera update kartu agar levelnya sesuai dengan trofi kita.


Chest


Selain trofi, kita akan mendapatkan chest atau kotak harta tiap kali memenangkan pertandingan di arena Clash Royale. Tak hanya itu, dalam jangka waktu tertentu, kita juga bisa mendapatkan chest gratis. Bila masih kurang, chest juga bisa dibeli secara instan menggunakan gem. Selengkapnya mengenai chest, simak ulasan singkat di bawah ini.

  1. Free (Wooden) Chest

    Free (Wooden) Chest

    Muncul tiap 4 jam sekali. Bisa disimpan dalam slot berkapasitas 2 kotak. Bila slot penuh, timer akan terhenti sampai kotak dibuka. Mengandung gold, gem, dan bermacam kartu.


  2. Crown Chest

    Crown Chest

    Bisa didapat dengan mengumpulkan 10 crown dari hasil pertandingan (baik menang maupun kalah). Setelah terbuka, butuh waktu 24 jam untuk mendapatkannya kembali. Berisi gold, 2-4 gem, dan beragam kartu.


  3. Silver Chest

    Silver Chest

    Diperoleh setelah memenangkan pertandingan. Berisi 20-55 gold dan 3-8 kartu Common (Rare dan Epic ada tapi jarang). Terbuka dalam 3 jam.


  4. Golden Chest

    Golden Chest

    Didapat setelah memenangkan pertandingan. Isinya 70-304 gold dan 10-38 kartu (setidaknya berisi 1-3 kartu Rare). Bisa dibuka dalam waktu 8 jam.


  5. Giant Chest

    Giant Chest

    Salah satu chest anyar dari update Clash Royale akhir Februari 2016. Bisa diperoleh dengan membeli di shop atau menang perang. Berisi 650-2470 gold dan 8-30 kartu Rare (kadang ada kartu Epic yang nyangkut). Terbuka setelah 12 jam.


  6. Magical Chest

    Magical Chest

    Sama dengan Giant Chest, Magical Chest juga bisa diperoleh setelah menang tanding atau dengan membelinya pakai gem. Mengandung 200-950 gold dan 30-114 kartu (setidaknya berisi 6-22 kartu Rare dan 1-3 kartu Epic). Bisa dibuka setelah 12 jam.


  7. Super Magical Chest

    Super Magical Chest

    Chest baru yang dirilis bersamaan dengan Giant Chest. Seperti namanya, Super Magical Chest merupakan versi super dari Magical Chest. Bisa diperoleh setelah menang tawuran atau tukar dengan gem. Isinya antara lain 1200-5700 gold, 36-136 kartu Rare, 6-22 kartu Epic, serta kemungkinan mendapatkan kartu Legendary yang lebih besar dari chest lainnya. Saking supernya, Super Magical Chest baru bisa dibuka setelah 24 jam (kecuali kalau beli dari shop. Semua chest yang dibeli dari shop pakai gem bisa dibuka langsung tanpa nunggu).


  8. Tournament Chest

    Tournament Chest

    Chest paling baru yang dirilis bersamaan dengan update Tournament tersebut merupakan hadiah untuk para pemenang turnamen. Jumlah gold dan kartu dalam Tournament Chest bervariasi tergantung urutan pemenang dalam turnamen dan jumlah total peserta turnamen. Pada turnamen dengan 100 peserta (turnamen kecil), chest yang bisa diperoleh juara pertama berisi 30 kartu. Untuk turnamen besar (1000 peserta), pemenang utama bisa mendapatkan chest yang berisi 15 ribu kartu. Menariknya, chest untuk juara pertama tersebut dijamin mengandung kartu legendary sob.


  9. Epic Chest

    Epic Chest

    Seiring update September 2016, Supercell merilis 2 chest baru, salah satunya adalah Epic Chest. Tak ubahnya namanya, Epic Chest berisi 10 kartu Epic; yang bisa didapat dari battle reguler maupun dibeli (pakai gold) dari penawaran khusus di shop.


  10. Legendary Chest

    Legendary Chest

    Selain Epic Chest, kita juga bisa memperoleh Legendary Chest (berisi 1 kartu Legendary, dijamin sob) lewat pertandingan maupun penawan khusus dari shop (dibeli dengan gem).


Silver, golden, giant, magical, dan super magical chest bisa disimpan pada 4 buah slot yang tersedia di laman utama Clash Royale. Saat slot penuh, kita tidak akan mendapatkan chest meski telah memenangkan pertandingan.

TIPS 6: Berhubung kita hanya bisa menyimpan 4 chest dari hasil pertandingan (free, tournament, dan crown chest tidak termasuk), dahulukan membuka Silver Chest agar slot cepat kosong dan bisa diisi chest kembali. Oiya, buat Anda yang tidak berencana membeli gem Clash Royale, jangan sekali-kali membuka chest dengan gem, eman-eman :v.

Jenis chest yang didapat setelah menang tanding berifat acak sob, paling sering muncul tentu saja silver, diikuti, gold, dan seterusnya. Untuk saat ini, chest yang paling jarang muncul adalah super magical.


Tournament


Lewat update yang dirilis pada 4 Juli 2016, fitur Tournament akhirnya hadir di game Clash Royale. Kehadiran fitur tersebut tentu disambut hangat oleh para pemain yang mendambakan adanya clan war di Clash Royale (meski tidak 100% sama).

Secara subjektif, Tournament bisa dibilang lebih menantang daripada battle biasa. Di sana kita bisa berkompetisi melawan pemain lain untuk menempati posisi puncak turnamen. Tidak jarang kita bertemu pemain yang sebelumnya pernah kita kalahkan (mengalahkan kita) untuk kembali bertarung mempertahankan atau saling berebut posisi di turnamen.

Turnamen Clash Royale

Hadiah yang ditawarkan untuk juara turnamen juga tidak main-main sob. Saat artikel ini diketik, hadiah utama Tournament Clash Royale (dengan peserta 1000 orang) mencapai 2000 kartu dan 14000 gold untuk seorang pemenang.

Bersamaan dengan update September 2016, terdapat mode baru di Turnamen Clash Royale yang disebut Victory Challenge. Aturan mainnya agak beda dengan turnamen biasa sob, untuk berpartisipasi kita wajib bayar 10 gem (Classic Challenge) sampai 100 gem (Grand Challenge). Durasinya tak terbatas, namun akan berakhir bila kita kalah 3 kali, atau menang 12 kali dan meraih hadiah utama. Menariknya, kalah atau menang di Victory Challenge kita tetap dapat chest yang bisa dibuka langsung tanpa menunggu (ya iyalah, masukknya aja bayar sob :v).

Untuk mengikuti turnamen di Clash Royale, minimal pemain sudah berada di level 8 (tidak ada biaya untuk ikut serta dalam sebuah turnamen, kecuali Victory Challenge). Bila ingin mengadakan turnamen sendiri, dibutuhkan minimal 100 gem (untuk 50 peserta) dan maksimal 10 ribu gem (untuk 1000 peserta).

Tournament di Clash Royale berlangsung antara 1 jam. Mekanismenya sama dengan battle biasa, namun dengan aturan khusus standar turnamen (seperti aturan di friendly battle).

TIPS 7: Agar lebih mudah mencari dan mengikuti turnamen, hidupkan GPS dan izinkan Clash Royale untuk mengakses lokasi Anda. Tekan tombol search berulang-ulang sampai menemukan turnamen yang belum dimulai (berwarna oranye) dan cobalah untuk join secepat mungkin. Bila turnamen penuh, ulangi langkah tadi sampai Anda berhasil masuk turnamen.

Mulai update September 2016, Turnamen Clash Royale (custom) tidak lagi ditentukan berdasarkan lokasi. Jadi untuk menemukan turnamen publik, kita harus mengetahui nama turnamen tersebut. Alternatifnya, kita bisa mencari turnamen menggunakan kata kunci yang umum digunakan sebagai nama turnamen, seperti "lndo", "royale", "tournamen" dsb.

Juara pertama dari setiap turnamen (custom) akan memperoleh chest dengan jaminan kartu legendary di dalamnya. Jadi buat Anda yang belum punya kartu legendary di Clash Royale, rajin-rajin ikut turnamen dan raih peringkat pertama untuk mendapatkannya.


Strategi


Meraih kemenangan adalah tujuan utama dalam game ini (ya iyalah). Untuk memenangkan pertandingan di Clash Royale, diperlukan beragam strategi. Iya, karena musuh yang kita hadapi adalah pemain yang sebenarnya (bukan bot), kita tidak bisa terpaku pada satu strategi ketika berlaga di arena (beda lawan beda strategi).


Oleh karena itu, strategi yang paling efektif untuk menghadapi lawan di Clash Royale adalah strategi yang bersifat dinamis dan adaptif (berubah-ubah sesuai dengan strategi lawan). Meski demikian, tidak perlu dibikin susah sob, toh Clash Royale hanyalah permainan, menang kalah adalah hal yang biasa. Nah, untuk memudahkan Anda menang di game Clash Royale, berikut ini saya sajikan beberapa strategi dasar yang mungkin bisa Anda gunakan saat bertanding di arena.

  1. Hemat elixir Anda
    Misalnya begini sob, bila lawan menurunkan kartu Valkyrie (4 elixir), cobalah untuk melawan dengan kartu yang nilai elixirnya lebih sedikit (minion misalnya, 3 elixir), sehingga Anda memiliki sisa elixir yang lebih banyak daripada lawan.

  2. Jadilah yang kedua dalam menurunkan kartu di arena
    Jadi Anda bisa menurunkan kartu yang sesuai untuk menghadapi kartu lawan (seperti strategi pertama tadi). Bila lawan juga menunggu Anda, turunkan kartu dengan nilai elixir yang kecil terlebih dahulu lalu lihat reaksi lawan.

  3. Gunakan Giant sebagai tameng
    Seperti halnya di CoC, raksasa berdaya tahan ekstra tersebut sangat baik digunakan untuk melindungi pasukan lain di belakangnya dan juga melindungi tower saat musuh datang main keroyokan.

    Baby Dragon vs. Knight

  4. Jatuhkan Baby Dragon dengan Knight
    Benar, Knight tak bisa melawan pasukan yang terbang. Strateginya begini, saat bayi naga mendekat ke tower (usahakan sebelum ia sempat menyerang tower), turunkan Knight di depan tower. Nah, si bayi akan jatuh terkena panah dari Arena Tower ketika sedang asyik menyerang Knight (bantu dengan Archer atau Musketeer bila perlu).

  5. Taruh Bomber di belakang Giant
    Selain untuk menyapu lawan yang menghambat pergerakan Giant, splash damage yang ditimbulkan Bomber sangat berguna untuk merobohkan tower lawan. Jika perlu, dampingi Bomber dengan Archer atau Spear Goblin untuk bertahan dari serangan udara.

  6. Alihkan Perhatian Prince dari tower
    Sang pangeran berkuda ini memiliki serangan yang dahsyat saat berada di depan tower. Untuk menahannya, sebelum sampai di depan tower, taruh kartu goblin, skeleton, atau, apapun di sampingnya (jangan di depannya) untuk membuatnya sibuk dan lupa dengan tower.

Ok, sementara itu dulu sob tips dan strategi dasar bermain game Clash Royale versi Memudahkan yang bisa saya bagikan. Bila Anda punya tips dan strategi Clash Royale yang lebih ampuh dari yang sudah dibahas di atas, jangan sungkan untuk berbagi dengan sobat Memudahkan lainnya melalui kotak komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat, see you in the Arena :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×