14 Juli 2016

10 Cara Mendapatkan Gem dan Gold Gratis Clash Royale tanpa Whaff [UPDATED]

Sampai artikel ini diketik, terdapat 2 sumber daya utama di game Clash Royale, yaitu gold dan gem. Selain bisa dibeli melalui shop, kedua resource tersebut bisa didapatkan secara gratis dengan tips dan trik khusus yang wajib Anda ketahui.

Tips dan trik memperoleh Gold dan Gem Gratis Clash Royale

Tunggu, apa pula kegunaan gold dan gem di Clash Royale? Inilah fungsi gold dan gem di Clash Royale:

Fungsi Gold
  • Upgrade kartu.
  • Beli kartu dari shop (hanya common, rare, dan epic; khusus kartu legendary tidak bisa dibeli. UPDATE 04/05/2016: Kartu legendary kini bisa dibeli ketika kita mencapai Legendary Arena).
  • Beli Epic Chest.
  • Membuat clan (biayanya 1000 gold).

Fungsi Gem
  • Membeli gold dan chest (giant, magical, super magical, dan legendary; chest lainnya tidak bisa dibeli).
  • Membeli kartu dari special offer.
  • Menutup kekurangan gold saat upgrade kartu.
  • Mempercepat waktu buka chest.
  • Mengadakan Tournament (minimal 100 gem).
  • Mengikuti Victory Challenges (Grand Challenge: 100 gem, Classic Challenge: 10 gem).

Setelah membaca dan memahami fungsi atau kegunaan gold dan gem di atas, kini kita tahu betapa berharganya gold dan gem di game Clash Royale. Bener-bener berharga min, tapi susah dapat gold dan gem-nya. Tenang sob, untuk memudahkan Anda, berikut ini saya ungkap 10 cara gratis mendapatkan gold dan gem Clash Royale tanpa pulsa, Whaff, dan sebangsanya.


1. Bekal Gold dan Gem dari Supercell


Buat Anda yang sudah unduh, pasang, dan main Clash Royale, silakan langsung ke trik selanjutnya. Iya, saat mulai main Clash Royale, kita akan mendapatkan bekal 100 gold dan 100 gem gratis dari Supercell, pergunakanlah bekal tersebut dengan bijak dalam mengarungi kerasnya dunia Clash Royale :v


2. Rajin Cari dan Buka Chest (Menang pertandingan)


Semua chest di Clash Royale mengandung gold gratis sob (kecuali Epic dan Legendary chest), nilanya bervariasi tergantung jenis chest dan level arena (20-5700 gold sekali buka). Khusus untuk gem hanya bisa didapatkan dari free dan crown chest (2-4 gem sekali buka).

Gold dan Giant Chest

Chest bisa didapat dengan bermacam cara. Beberapa di antaranya adalah dengan memenangkan pertandingan maupun tournament. Cara lainnya adalah dengan membuka chest gratisan yang muncul tiap 4 jam (free chest) dan 24 jam sekali (crown chest).

UPDATE 04/05/2016: Selain mendapatkan chest, kini kita juga bisa mendapatkan gold setelah memenangkan pertandingan. Asyiknya lagi, kita tetap mendapatkan gold dari kemenangan yang kita raih meski slot chest lagi penuh (maksimal 20 pertandingan sehari).


3. Gabung dengan Clan (Team Player)


Cara paling mudah mendapatkan gem gratis di Clash Royale adalah bergabung dengan clan, baik clan dalam negeri atau clan manca negara (langsung dapat 100 gem dan juga teman-teman baru). Syaratnya, kita harus mencapai level 3 terlebih dahulu sob.

Gabung dengan Clan

Tak hanya dapat gem dan teman baru, dengan bergabung dalam clan, kita bisa bertukar strategi, bertukar kartu, bahkan bertanding satu sama lain dalam pertandingan persahabatan.


4. Donasi Kartu ke Teman Satu Clan (Friend in Need)


Setelah menjadi anggota clan, donasi kartu adalah hal yang wajib kita lakukan. Apa untungnya donasi kartu, jadi berkurang dong kartu kita? 

Donasi Kartu ke Teman

Begini sob, seiring seringnya menang perang dan membuka chest, kartu yang kita miliki bakalan numpuk di laman card collection. Jadi daripada tidak terpakai, donasi adalah jalan terbaik. Di samping itu, dengan berbagi kartu kita bisa mendapatkan gold dan juga gem. Berikut rinciannya.

  • Donasi 25 kartu: 3 gem.
  • Donasi 250 kartu: 5 gem.
  • Donasi 2500 kartu: 10 gem.
  • Tiap donasi 1 kartu common: 5 gold.
  • Tiap donasi 1 kartu rare: 50 gold.

Nah, lumayan kan? Tak hanya itu sob, semakin banyak kita donasi kartu, kemungkinan untuk diangkat menjadi Elder atau Co-leader di clan akan semakin besar (apalagi kalau kita menjadi donatur terbanyak).


5. Naik Level Arena (Road To Glory)


Total ada 9 level arena di Clash Royale. Begitu naik ke Arena 2 (Bone Pit), kita akan mendapatkan 3 gem gratis. Naik lagi ke Arena 4 (P.E.K.K.A's Playhouse) bisa dapat 5 gem yang juga gratis.

P.E.K.K.A's Playhouse

Begitu sampai ke Arena 6 (Builder's Workshop), 10 gem gratis bisa kita peroleh.


6. Koleksi Kartu (Gatherer)


Anda tidak salah baca sob. Iya, hanya dengan mengumpulkan kartu Clash Royale, kita bisa memperoleh maksimal 18 gem. Rinciannya sebagai berikut.
  • Koleksi 20 jenis kartu: 3 gem.
  • Kumpulkan 30 jenis kartu: 5 gem.
  • Kalau sampai 40 jenis kartu: 10 gem.

Koleksi Kartu

Seperti diketahui, kartu Clash Royale dapat diperoleh dari buka chest dan membeli dari shop. Sampai saat ini terdapat total 62 jenis kartu yang tersebar di dunia Clash Royale.


7. Nonton TV Royale


Ketika 4 slot untuk menyimpan chest sudah penuh, crown dan free chest juga belum terbuka, hal yang paling ajib dilakukan adalah menonton replay pertandingan di TV Royale (apalagi kalau speednya 4x, bakalan lucu sob :v).

TV Royale

Selain bisa belajar berbagai strategi baru, kita juga bisa memperoleh 5 gem gratis saat pertama kali menonton replay pertandingan di TV Royale, lumayan.


8. Mengadakan dan Mengikuti Tournament


Pada 04/07/2016, Clash Royale mendapatkan update berupa Tournament. Seperti namanya, Tournament merupakan fitur baru yang memungkinkan pemain Clash Royale saling berkompetisi memperebutkan posisi teratas (untuk mendapatkan Tournament Chest).

Tournament Clash Royale

Kita bisa mengadakan dan mengikuti Tournament setelah mencapai level 8 (bukan Arena 8 ya sob). Nah, saat pertama kali ikut serta dalam Tournament, kita akan mendapatkan 5 gem . Mengadakan Tournament pertama kali juga bakal memperoleh gem, tidak tanggung-tanggung sob, 100 gem. Meski demikian, biaya termurah untuk mengadakan Tournament adalah 100 gem, jadi impas. Keluar 100 lalu dapat 100 :D. Tapi ga perlu khawatir, setelah mengadakan 10 turnamen, kita bakal memperoleh 500 gem, dan kalau sampai 50 turnamen, ada tambahan 500 gem gratis lagi, asyik kan?

Satu lagi sob, bila rajin ikut Tournament dan berhasil mengumpulkan 1000 kartu dari Tournament Chest, 10 gem bisa kita dapatkan secara gratis.


9. Victory Challenges (Challenge Streak)


Update Clash Royale terbaru September 2016 membawa serta mode turnamen baru sob, namanya Victories Challenge. Mengikuti Victory Challenge membutuhkan gem (10 gem untuk classic, dan 100 gem untuk grand).

Victory Challenges (Challenge Streak)

Meski begitu, kalau kita berhasil menang 4 kali dalam sekali challenge, ada hadiah 5 gem menanti, menang 8 kali bisa dapat 20 gem, dan menang 12 kali kita akan memperoleh 100 gem. Tak hanya itu sob, kalah atau menang di Victory Challenges, kita dijamin mendapat chest yang berisi gold dan kartu (minimal 130 gold + 2 kartu common, maksimal 22000 gold + 11 kartu epic dan 110 kartu rare).


10. Tukar Gem dengan Gold


Pengen beli kartu epic tapi gold tidak cukup? Tukar saja gem yang kita punya dengan gold. Benar sob, sebenarnya ini tidak gratis tapi juga tidak bayar. Setelah punya banyak gem dari cara-cara di atas, kita bisa membeli gold pakai gem tanpa harus gesek kartu kredit atau potong pulsa.

Tukar Gem dengan Gold

Selengkapnya mengenai nilai tukar gem dan gold bisa disimak pada daftar di bawah ini (atau screnshot di atas).
  • 60 gem bisa ditukar dengan 1000 gold.
  • 500 gem senilai dengan 10.000 gold.
  • 4500 gem bisa ditukar dengan 100.000 gold.


________________


Jika kita berhasil menerapkan semua cara di atas, sekitar 1.824+ gem Clash Royale (+ untuk mewakili gem yang didapat dari free dan crown chest) bisa kita dapatkan secara gratis. Untuk gold jumlahnya bisa bervariasi tergantung seberapa sering kita buka chest dan donasi kartu.

Penting diperhatikan, cara 3 sampai 9 merupakan Achievements berhadiah gem gratis dari game Clash Royale. Untuk mengklaim gem, ketuk ikon 'Achievement' (bintang) yang berada di sisi kanan tengah laman 'Battle' (di bawah tombol TV Royale) lalu pilih tombol 'Claim'.


Itulah cara-cara mudah mendapatkan gem dan gold gratis di Clash Royale baik untuk Android maupun iOS. Elixir-nya gimana min? Elixir di Clash Royale sudah gratis dari awal rilis sob, tak perlu cari apalagi beli (kecuali Elixir Collector yang bisa dibeli melalui shop Arena 6). Kalau dark elixir? Saat ini dark elixir belum ada di Clash Royale (adanya Dark Prince), mungkin akan ditambahkan pada update selanjutnya. Selamat berburu gold dan gem :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×