23 November 2015

Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Internet [Offline]

Agar tak nyasar ketiga jalan-jalan, kita membutuhkan peta. Jadi harus bawa Atlas atau globe gitu saat jalan-jalan? Di era digital ini, peta sudah tersedia dalam bentuk yang jauh lebih ringkas dari kedua benda itu sob. Iya, di Android kita sudah biasa menggunakan aplikasi Google Maps untuk mendukung aktivitas kita sehari-hari, termasuk jalan-jalan.

Google Maps Android Offline

Di kota-kota besar, di mana jaringan internet (hampir) selalu tersedia, menggunakan aplikasi Google Maps untuk keperluan navigasi tentu tak jadi soal. Beda cerita bila kita sedang berada di daerah terpencil, atau di luar negeri (belum sempat ganti simcard), di mana koneksi internet susah untuk dijangkau, aplikasi Google Maps tentu tak bisa digunakan.

Itu dulu, sekarang (mulai versi 9.17) aplikasi Google Maps untuk Android sudah bisa digunakan tanpa internet alias offline (termasuk peta wilayah Indonesia), tapi ada syaratnya sob. Sebelum melakukan perjalanan, kita harus mengunduh peta dari tempat yang akan kita kunjungi, sehingga ketika tiba-tiba internet mati, kita bisa memanfaatkan peta offline yang telah diunduh tersebut (mirip-mirip lah sama YouTube Offline).

Bagaimana cara mengunduh peta Google Maps untuk dipakai secara offline? Mudah saja sob, simak langkah-langkah berikut ini.


Cara Mengunduh dan Menyimpan peta Google Maps


Pastikan Anda sudah mengunduh dan memasang aplikasi Google Maps untuk Android versi terbaru (cek di Play Store bila perlu).

Saat terhubung dengan jaringan internet (seluler atau WiFi), jalankan Google Maps, lalu cari lokasi tujuan perjalanan Anda, misalnya saja Anda ingin berwisata ke Yogyakarta tanpa koneksi internet (agar tak terganggu hingar-bingar dunia maya, atau ingin sekedar menghemat kuota).

Peta Yogyakarta Android Offline


Ketuk nama kota (dalam kasus ini Yogyakarta, Indonesia) yang muncul di sisi bawah layar lalu ketuk tombol Download.

Tentukan seberapa luas area peta yang akan diunduh (cubit di daerah berkotak biru), semakin luas area yang dipilih, semakin besar ruang penyimpanan yang dibutuhkan. Ketuk tombol Download, namai area tersebut, lalu ketuk tombol Save untuk mulai mengunduh peta.

Menyimpan peta offline Android


Tunggu sampai proses download selesai.


Cara Menggunakan Google Maps secara Offline


Dalam keadaan tak terhubung ke internet, buka aplikasi Google Maps.

Cara Menggunakan Google Maps tanpa internet


Cari lokasi atau area yang sudah diunduh sebelumnya melalui search bar di sisi atas layar.

Nah, kini Anda siap untuk menjelajah kota Yogyakarta dengan aplikasi Google Maps tanpa koneksi internet.

Sebagai catatan, tidak semua lokasi dan peta di Google Maps bisa diunduh dan disimpan secara offline (tergantung keterbatasan kontrak, dukungan bahasa, format alamat, atau alasan lainnya).

Selain itu, beberapa fitur Google Maps ternyata belum (sepenuhnya) bisa digunakan secara offline, seperti fitur turn-by-turn navigation, fitur search (kecuali untuk area yang berada di cakupan peta offline), dan fitur maps layer.

Agar informasi yang ditampilkan selalu up to date, peta yang Anda unduh dari Google Maps akan kedaluwarsa dalam 30 hari. Setelah itu Anda bisa mengunduh kembali peta tersebut untuk digunakan selama 30 hari ke depan (begitu seterusnya, selama belum berubah).

Bila memori Android Anda terasa sesak akibat banyak peta offline Google Maps yang tersimpan, buka Google Maps > Menu > Offline areas, kemudian hapus peta offline yang tidak lagi diperlukan. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×