30 September 2015

Mematikan Autoplay Video di Facebook [Web & Android]

Mulai kemarin, konten video yang tersebar di news feed Facebook saya mulai muter sendiri sob (termasuk video 360 derajat), padahal tak sekalipun saya menekan tombol play. Iya, rupanya fitur autoplay video di Facebook sudah tiba di negara kita tercinta ini.

Mematikan Autoplay Video di Facebook

Fitur autoplay video di Facebook memang bukan hal baru, sudah mulai diuji coba sejak beberapa tahun yang lalu. Meski begitu, pihak Facebook tidak serta merta merilis fitur (yang dianggap mengganggu oleh sebagian pengguna) tersebut secara serentak, namun bertahap sembari melihat feedback dari para pengguna.

Untuk pengunggah konten video, fitur autoplay sebenarnya lumayan menguntungkan, jumlah view video bisa bertambah secara signifikan, karena pengguna Facebook (seperti) dipaksa secara halus untuk menontonnya.

Bagi pengguna yang suka nonton video (dan punya akses internet yang cepat, stabil, unlimited pula), diputarnya video Facebook secara otomatis tentu memudahkan, tak perlu repot klik tombol play lagi.

Beda cerita bila konten video bukanlah tujuan utama Anda berlama-lama di Facebook, fitur autoplay video tentu saja mengganggu. Terlebih bila internet yang Anda pakai tidak gratis, tidak cepat, dan terbatas, memutar video tentu bukanlah prioritas Anda.

Nah, untuk Anda yang merasa tidak nyaman dengan fitur tersebut, Facebook telah menyediakan opsi khusus buat Anda. Benar sob, dengan sedikit usaha, fitur autoplay video Facebook ternyata bisa dimatikan. Bagaimana caranya? Agar video Facebook tidak memutar otomatis, simak cara mudah berikut.


Facebook versi web


1. Masuk ke Setting Facebook (klik ikon segitiga > Setting).

Setting Facebook web


2. Klik Videos pada sidebar kiri lalu ubah Auto-Play Videos dari Default menjadi Off.

Auto-Play Videos


Aplikasi Facebook untuk Android


1. Buka aplikasi Facebook, ketuk ikon menu (sebelah kanan ikon notifikasi).

2. Gulir ke bawah kemudian masuk App Settings.

Menu Facebook


3. Ketuk Videos play automatically dan pilih Off (atau pilih Wi-fi only bila Anda ingin autoplay aktif saat pakai Wifi).

Videos play automaticallyOff


Facebook versi mobile


Untuk saat ini, video yang disebar di Facebook versi mobile tidak diputar secara otomatis sob (fitur autoplay-nya tidak aktif secara default). Kalaupun nanti aktif, cara mematikannya tentu tak jauh beda dengan cara-cara yang sudah dibahas di atas.

______________

Sip, setelah mematikan autoplay video di Facebook, baik web maupun Android, kini Anda bisa bebas facebook-an seperti biasa (bebas dari video yang muter sendiri).

Sebagai penutup, bila Anda suka multitasking dan menemukan link menarik di Facebook, tak ada salahnya untuk membukanya menggunakan aplikasi Link Bubble (Brave Browser). Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×