04 Juli 2015

Download Satria Garuda BIMA-X untuk Android [+Review]

Satria Garuda! Bima! X! Bagi penggemar serial tokusatsu Indonesia, tagline tersebut pasti sudah akrab di telinga. Iya, seperti yang kita tahu, Satria Garuda Bima-X adalah lanjutan dari serial Bima Satria Garuda (2013), yang mulai tayang pada September tahun lalu di RCTI (setiap hari Minggu).

Satria Garuda BIMA-X untuk Android

Buat yang belum tahu, Satria Garuda Bima-X adalah serial TV dengan tema pahlawan super yang terinspirasi dari serial tokusatsu Jepang, Ksatria Baja Hitam (Kamen Rider Black). Meski inspirasinya dari negeri sakura sana, Satria Garuda Bima-X digarap dengan sentuhan unsur-unsur budaya Indonesia, dan diharapkan bisa dikenal sebagai pahlawan super baru dari Indonesia.

Pada bulan Maret yang lalu, beredar kabar bahwa serial tokusatsu lokal hasil kerja sama Global Mediacom dengan Ishimori Productions tersebut akan dibuat game mobile-nya. Setelah cukup lama ditunggu, ternyata kabar itu benar adanya sob, awal bulan Juli ini, game Satria Garuda Bima-X sudah tersedia di Play Store dan App Store.

Daftar pilihan karakter Bima-X Android

Game dengan judul Bima-X tersebut dikembangkan oleh Craft & Meister dan diedarkan oleh Bandai Namco Entertainment. Game macam apakah ini? Ya jelas game gelut alias fighting sob :D Karakter yang bisa dipertarungkan di game Bima-X untuk Android dan iOS ini bisa dibilang cukup banyak (banyakan monsternya), sebut saja sang Satria Garuda Bima-X (Flame Mode), Azazel, para monster, dan Iron Mask Reborn atau si Topeng Besi.

Di awal permainan, kita bisa memilih kualitas grafis dari game Bima-X. Bila Anda merasa perangkat Android (atau iOS) Anda berspesifikasi jempolan, pilih High untuk memperoleh grafis yang detail dan maksimal, bila sebaliknya, pilih Low untuk mendapatkan gerakan karakter yang lebih responsif. Simak perbandingan settingan High dan Low game Bima-X berikut ini.

Bima-X Android grafis high
Grafis High

Bima-X Android grafis low
Grafis Low

Berbicara mengenai grafis, pengembang Craft & Meister ternyata tidak main-main menggarap game Bima-X. Gerakan karakternya lumayan luwes sob (walau masih terkesan diulang-ulang, kurang variasi). Detail tiap karakter juga mantap, dirender dengan halus dan cemerlang, hanya bagian area/lingkungannya yang sedikit (sengaja dibuat) nge-blur. Efek-efek pukulan dan tendangan di Bima-X ditampilkan dengan apik. Khusus untuk gerakan-gerakan spesial, terdapat sentuhan sinematik menarik layaknya di serial TV-nya.

sentuhan sinematik menarik
Sinematik yang keren

Jurus Garuda Framing Slash Bima-X
Garuda Framing Slash

Tak ubahnya kebanyakan game berantem lainnya, Bima-X juga menawarkan beberapa mode permainan, seperti single player, versus, dan challenge. Di mode single player, kita bisa memilih karakter favorit untuk menghajar karakter lainnya, tidak hanya sang jagoan, monster bisa juga kita pilih untuk bertarung. Tingkat kesulitan juga bebas kita atur, mulai dari Kids (pas untuk anak-anak/pemula) sampai Very Hard (cocok untuk pemain game fighting veteran).

Menariknya, kita bisa bermain Bima-X bersama-sama lewat mode versus, cukup hidupkan Bluetooth untuk bermain secara multiplayer dengan teman Anda. Di awal permainan, hanya Bima-X dan beberapa monster saja yang bisa digunakan, jagoan lain seperti Azazel masih terkunci dan belum bisa dipilih. Untuk itu, mainkan mode challenge untuk membuka kunci semua karakter di Bima-X (tak ingin repot? Langsung beli saja karakter Bima-X favorit Anda via in-app purchase).

Lanjut ke gameplay, Bima-X tidaklah susah untuk dimainkan sob. Tersedia tombol D-pad 8 arah di sebelah kiri dan tombol-tombol khas game fighting lainnya (Punch, Kick, Ex, dan SP) di bagian kanan. Agar lebih mudah dalam melancarkan combo dan jurus-jurus spesial di Bima-X, tekan saja tombol pause di atas layar lalu pilih Command (di sana kita bisa melihat daftar jurus beserta kombinasi tombolnya, mirip game Tekken sob).

daftar jurus Bima-X Android

Sejujurnya, tidak mudah menekan kombinasi tombol di layar sentuh, apalagi untuk game Bima-X yang bergenre pertarungan. Ditambah lagi, saat ini Bima-X belum mendukung native gamepad fisik macam stick PS3 (tapi bisa diakali dengan melakukan mapping). Walau begitu, bila Anda sudah terbiasa bermain game fighting di layar sentuh, mengeluarkan jurus pamungkas Bima-X dengan pedang Garuda Helios-nya bukanlah hal yang susah sob.

Secara keseluruhan, game Bima-X untuk Android bisa dikategorikan sebagai game fighting yang digarap dengan serius dan menyenangkan untuk dimainkan. Sayangnya karakternya masih kurang (kabarnya akan ada karakter baru di update mendatang, Satria Harimau Torga mungkin). Tertarik untuk bertarung sebagai Satria Garuda atau menghajarnya sebagai monster? Silakan unduh game Bima-X untuk Android melalui Play Store. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×