08 Juli 2015

Update Google Play Store APK 5.7.6 - 5.7.10 Bulan Juli 2015

Minggu pertama di bulan Juli 2015 ini sudah kita lewati sob, Ramadhan sudah masuk ke hari ke-21 (masih lancar kan puasanya?). Setelah cukup lama tak terdengar kabarnya, versi terbaru aplikasi Google Play Store sudah tersedia untuk diunduh.

Update Google Play Store APK

Sebelum lanjut ke "apa saja yang baru" dari Google Play Store versi 5.7.6 (dan 5.7.10 nantinya), kita bahas dulu apa itu sebenarnya aplikasi Google Play Store. Kenapa? Sebab masih rancu sob, terutama buat yang belum akrab dengan Android.

Google Play Store adalah aplikasi khusus untuk Android yang menyediakan beragam aplikasi (dan game) yang juga khusus untuk ponsel/tablet Android, baik yang gratis maupun berbayar. Istilah lainnya, Play Store adalah toko aplikasi untuk perangkat Android, bukan yang lain. Jadi bila ada pertanyaan tentang bagaimana cara pasang Play Store di BlackBerry atau Windows Phone, jawaban singkatnya tidak bisa sob, karena Play Store khusus didesain untuk Android, Jawaban panjangnya (dan kemungkinan lainnya), silakan cari sendiri melalui mesin pencari.

Oke, apa saja yang baru dari Google Play Store 5.7.6 dan 5.7.10? Pertama, perubahan yang paling kasat mata dari Play Store versi terbaru adalah bagian Changelog atau WHAT'S NEW. Cek perbandingannya pada screenshot berikut ini.

Play Store versi lamaPlay Store versi baru

Pertama: versi lama; Kedua: versi baru

Bagian "Apa yang baru" dari Play Store versi 5.7.6 dan 5.7.10 masih menggunakan latar hijau (sedikit lebih terang dibanding versi sebelumnya), tapi dengan warna huruf yang berubah dari hitam menjadi hijau gelap. Dari segi keterbacaan, versi sebelumnya lebih mudah dibaca daripada yang baru, tapi entah kenapa yang baru terlihat lebih enak dipandang (mungkin karena lebih sejuk). Selain itu, kini terdapat ikon khusus (ikon kembang api?) di samping tulisan WHAT'S NEW, terlihat lebih manis dan eye catching.

Kedua, perubahan tampak pada animasi "Popular Character". Di mana letak "Popular Character"? Tak perlu dicari sob, sebab saat ini "Popular Character" belum tersedia untuk pengguna Android di negeri kita tercinta ini. Sebagai obat penasaran, silakan simak gambar animasi GIF dari animasi "Popular Character" berikut ini.

Popular Character
GIF dari Kirill Grouchnikov

Ketiga, ini kabar gembira untuk pengguna Android 2.3 Gingerbread yang sering mengalami crash saat membuka laman aplikasi di Play Store. Di versi 5.7.6 dan 5.7.10 ini, bug yang menyebabkan berhenti paksanya aplikasi Play Store di Android Gingerbread sudah diperbaiki, jadi kini Anda bisa update aplikasi dari Play Store lagi sob.

Seperti biasanya, update aplikasi Google Play Store versi 5.7.6 dan 5.7.10 tersebut akan bergulir secara otomatis dalam minggu-minggu ini. Bila Anda ingin update sekarang juga, silakan download aplikasi Google Play Store versi terbaru melalui link berikut ini.

Play Store 5.7.6 | 5.7.10


UPDATE 01/08/2015: Hampir bersamaan dengan kehadiran Google Play Movies di Indonesia, aplikasi Google Play Store juga memperoleh pembaharuan ke versi 5.8.8. Apa saja yang baru? Silakan cek artikel Google Play Store APK 5.8.8 Bulan Agustus 2015.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×