18 Juni 2015

Update BBM untuk Gingerbread APK Terbaru Versi 1.0.5.22

BBM untuk Android Gingerbread masih mendapatkan update terbaru, ciyus? Serius sob, semalam iseng-iseng buka Play Store di ponsel Android Gingerbread saya, banyak aplikasi yang minta update ternyata, termasuk BBM.

BBM untuk Gingerbread 1.0.5.22

Flashback dulu. Aplikasi BBM untuk Android merupakan salah satu aplikasi yang paling ditunggu kehadirannya pada tahun 2013 lalu. Langkah BlackBerry untuk mengembangkan dan merilis aplikasi BlackBerry Messenger di Android juga iOS sempat mengejutkan banyak pihak, terutama para pengguna ponsel BlackBerry. Terang saja, dengan berlabuhnya BlackBerry Messenger di Play Store dan App Store, pengguna ponsel BlackBerry tentu bukan lagi pengguna eksklusif BBM.

Saat pertama kali rilis, BBM untuk Android hanya tersedia untuk Android 4.0 Ice Cream Sandwich ke atas. Bagaimana dengan pengguna Android lawas seperti Gingerbread? Saat itu pemilik Android 2.3 Gingerbread yang pengen BBM-an hanya bisa ngowoh sob, lantaran tidak bisa pasang BBM. Lain halnya dengan pengguna Android ICS ke atas, selain bisa BBM-an, mereka juga memanfaatkan momen perilisan BBM tersebut dengan berlomba-lomba membagikan PIN BBM baru mereka (linimasa media sosial saya sampai penuh dengan PIN kepala 7 waktu itu, rame bener).

Di luar dugaan, ternyata para pengguna Android Gingerbread tidak tinggal diam sob. Beberapa di antara mereka bahkan telah melayangkan pesan (keluhan. permintaan) khusus ke pihak BlackBerry agar segera merilis BBM Android yang kompatibel dengan Gingerbread. Akhirnya pada awal tahun 2014 gayung bersambut, kata berjawab, pihak BlackBerry memenuhi permintaan mereka, dan mengabarkan bahwa BBM untuk Gingerbread sedang digodok. Tidak mengherankan sebenarnya, karena pada waktu itu sekitar 21% pengguna Android di dunia masih memakai Gingerbread.

Setelah versi beta-nya sempat bocor, BBM for Android Gingerbread akhirnya dirilis secara resmi di Google Play Store. Sebuah momen yang sangat menggembirakan bagi para pengguna Android Gingerbread yang mendambakan aplikasi BBM. Begitu juga dengan saya, Memudahkan saat itu benar-benar kebanjiran pengunjung yang penasaran dengan BBM Android Gingerbread.

Kembali ke saat ini. Seperti yang kita tahu, BBM untuk Android telah mendapatkan sejumlah update baik minor maupun mayor. Sebut saja BBM Voice, BBM Channel, sticker, emotikon baru, dsb. Iya, update-update itu cuma tersedia untuk BBM Android ICS ke atas, bagaimana dengan Gingerbread, ngowoh lagi? Mungkin begitu sob, tapi saya yakin saat ini sudah banyak pengguna Android 2.3 yang sudah move on ke Android yang lebih baru (berdasarkan data dari situs Android Developer, saat ini hanya 5,6% penguna Android yang masih pakai Gingerbread).

Setahun lebih setelah rilis perdana, akhirnya kemarin lusa (15/06/2015), aplikasi BBM untuk Gingerbread mendapatkan update perdana. Sebelumnya, saya sempat berharap lebih pada update tersebut. Berharap akan adanya fitur BBM Channel atau BBM Voice pada Android Gingerbread, atau setidaknya dukungan sticker.

Memang benar adanya bila harapan tak selalu sejalan dengan kenyataan, update BBM Gingerbread terbaru ini hanya sekedar update biasa, tanpa penambahan fitur apapun. Memangnya apa yang baru dari aplikasi BBM untuk Gingerbread? Silakan lihat sendiri sob.

BBM GB update terbaru Juni 2015BBM GB APK 1.0.5.22


Benar sekali, seperti yang terbaca pada screenshot di atas, selain nomor versi yang berubah (dari 1.0.5.13 menjadi 1.0.5.22), BBM untuk Android Gingerbread juga mendapatkan update berupa Bug fixes and preformance improvements. Apa artinya itu? Boleh dibilang update BBM Gingerbread kali ini bukan berupa penambahan fitur sob, melainkan perbaikan bug dan peningkatan performa saja.

Meski begitu, pada update BBM Gingerbread kali ini, pihak BlackBerry tidak (belum) menambahkan iklan sob. Jadi buat Anda yang ingin BBM Android tanpa iklan dan tanpa bayar, BBM untuk Gingerbread ini bisa menjadi solusi menarik :D

Seperti aplikasi lainnya, update BBM GB kali ini bisa diunduh langsung melalui Play Store (tentunya harus pakai Android GB, bila pakai Android di atas GB namun ingin menggunakan fitur BBM GB tanpa iklan, silakan unduh BBM Gingerbread APK via link di bawah ini).

UPDATE 24/03/2017: BBM versi 1.0.5.22 sekarang hanya bisa dipakai di Android Gingerbread saja. Bila dipasang pada Android yang lebih baru dari GB, kita akan diarahkan untuk memperbarui aplikasi BBM dari Play Store.

Download BBM untuk Gingerbread 1.0.5.22 APK | Alt link | APK Mirror

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×