01 September 2016

Ganti Warna Navbar Android Sesuai Warna Aplikasi Tanpa Root [5.0+]

Punya ponsel Android dengan navbar on screen (bilah navigasi yang menyatu dengan layar) seperti seri Google Nexus, Android One, Xperia, atau LG? Ini artikel untuk Anda sob.

Ubah warna navigasi Android sesuai aplikasi

Umumnya, navbar on screen selalu berwarna hitam, dengan tombol back, home, dan recent berwarna putih di dalamnya. Meski begitu, navbar akan berubah warna menjadi transparan (dengan tombol tetap berwarna putih) saat kita membuka atau berada pada aplikasi tertentu (launcher misalnya).

Iya, boleh dibilang bahwa warna navbar Android itu kalau bukan hitam ya transparan sob (ditambah oranye pas Battery saver aktif), membosankan bukan?

Nah, sesuai judul, kali ini kita akan membahas cara mengganti warna navbar Android sesuka hati (atau sesuai warna aplikasi). Memangnya bisa ya min? Bisa dong. Wajib root? Tak pakai acara root segala sob (asal ponsel kita sudah pakai Android Lollipop atau yang lebih baru).

Untuk mengubah warna bar navigasi on screen Android tanpa root, yang kita butuhkan adalah Navbar Apps. Langsung unduh, pasang lalu jalankan sob. Melalui opsi yang disediakan aplikasi Navbar, kita bisa menganti warna navbar Android yang semula hitam menjadi merah, kuning, hijau di langit yang biru :D

Ganti warna navbar sesuai selera

Beneran sob, warna pelangi juga tersedia di sana beserta beberapa tema lain yang tak kalah keren. Lanjut dulu bacanya.

Secara default, Navbar Apps akan mengubah warna navbar Android mengikuti warna aplikasi yang sedang kita buka (memerlukan izin aksesibilitas) layaknya warna status bar (seperti screenshot di atas).

Selain itu, kita juga bisa memilih satu warna tetap (statis) sesuai selera (screenshot di bawah; gambar pertama) atau mengganti background navbar dengan tema yang tersedia (gambar ketiga). Bisa pakai gambar sendiri min? Bisa sob, tapi wajib pakai Navbar Apps versi premium.

Tema gambar bar navigasi Android

Masih ada lagi sob, bila diinginkan, Navbar Apps memberikan kita pilihan untuk menambahkan status baterai Android di navbar. Penampakannya seperti screenshot di atas (gambar kedua).

Ke depannya, Navbar Apps berencana untuk menambahkan beberapa fitur baru, yang salah satunya adalah bar khusus yang muncul ketika kita memutar musik (mirip visualizer mungkin ya?). Oke, sementara itu dulu sob bahasan mengenai trik mengganti warna navbar Android sesuai warna aplikasi yang sedang aktif kali ini. Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan artikel ini ke sobat kalian :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×