20 Mei 2015

Gabungkan Beberapa Foto Menjadi Satu dengan Layout - Aplikasi Foto Kolase dari Instagram

Ini sebenarnya bukan aplikasi baru. Akhir bulan Maret lalu, Instagram merilis aplikasi Layout untuk iOS. Sekitar sebulan kemudian, tepatnya kemarin, aplikasi Layout untuk Android dirilis di Play Store. Seperti namanya, Layout adalah aplikasi yang berguna untuk menggabungkan beberapa foto menjadi satu, iya, bisa juga disebut sebagai foto kolase (sering juga disebut photo grid).

Membuat foto kolase dengan Layout from Instagram Android

Aplikasi Layout untuk Android bisa dipasang pada Android 4.1 Jelly Bean ke atas. Uniknya (saat ini) Layout tidak meminta kita untuk mendaftar (membuat akun) sebelum menggunakannya, jadi langsung bisa dipakai untuk membuat foto kolase sob.

Di laman utama Layout, kita bisa memilih foto yang sudah tersedia di galeri, atau mengambil foto baru melalui fitur Photo Booth. Saat memilih foto, kita diberi 3 pilihan tab. Tab pertama adalah Gallery, yang berisi kumpulan foto yang ada di memori Android kita (urut berdasarkan folder). Tab kedua (berlabel Faces) merupakan tab yang khusus menyortir foto yang mengandung 'wajah' saja (wajah manusia saja atau . . .?). Tab ketiga adalah Recent, tab yang mengurutkan foto Anda berdasarkan waktu jepretnya. Maksimal 9 foto yang bisa dipilih dari 3 tab tersebut sebagai bahan untuk membuat foto kolase kita nanti.

GalleryPhoto Booth

Lanjut ke fitur Photo Booth, selain dari galeri, kita juga bisa mengambil foto baru langsung dari aplikasi Layout. Ketuk 'Photo Booth', dan kita akan dibawa ke antarmuka kamera ala Layout. Terdapat tombol untuk menjepret foto dan juga jumlah foto yang akan dijepret di sampingnya (maksimal 4 foto sekali jepret, dengan jeda sekian detik antar jepretan). Sayangnya, Layout hanya mengizinkan kita menggunakan kamera depan untuk mengambil foto (namanya saja Photo Booth, jadi khusus buat selfie kali ya).


Setelah foto dipilih atau dijepret, kita bisa langsung membuat foto kolase menggunakan Layout. Pilih saja tata letak foto kolase yang diinginkan di bagian Choose Layout. Kemudian kita akan dibawa ke sesi Edit, sesi di mana kita bisa mengedit foto kolase atau photo grid sesuka hati. Kurang suka dengan foto yang telah dipilih? Gunakan fitur Replace. Ingin membalik atau memutar foto? Pakai fitur Mirror dan Flip. Merasa foto wajah kita terlalu kecil? Pilih foto tersebut, lalu geser saja sisi yang berwarna biru, atau gunakan gerakan pinch to zoom untuk membesarkannya.

Choose LayoutEdit

Bila foto kolase atau photo grid yang kita buat sudah mengena di hati, ketuk tombol Save di sisi kanan atas untuk menyimpannya ke galeri, kemudian bagikan ke Instagram, Facebook atau di mana pun asal kita bahagia :D Selamat mencoba sob :)

Download Layout from Instagram untuk Android

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×