23 Mei 2015

Ganti Easter Egg Android Sesuka Hati dengan Eggster

Punya Android? Coba masuk Setting > About device (atau About phone/About tablet) > ketuk Android version dengan cepat berulang kali. Apa yang terjadi? Cobain aja sob, ga bakal meledak kok Android-nya :D

Ubah logo system UI Android dengan Xposed Eggster

Penasaran dengan apa yang akan terjadi? Emang apaan coba? Tergantung dari versi Androidmu sob, bisa saja muncul zombie, lebah, es krim, dsb. Contohnya, bila Anda menggunakan Android 2.3 Gingerbread, yang muncul adalah semacam lukisan berobjek Android, kue jahe, serta sekumpulan zombie yang terlihat sedang berbicara di telepon. Misalnya lagi, untuk Android 5.x Lollipop, akan muncul sebuah lingkaran kecil yang kemudian berubah menjadi permen lolipop jika disentuh (plus game Flappy Bird ala Google).

Namanya easter egg sob. Apa itu easter egg? Easter egg bisa disebut juga logo system UI Android (yang tersembunyi). Dulu, sekilas mengenai easter egg sebenarnya sudah pernah saya bahas, tapi kali ini beda sob. Bila artikel sebelumnya membahas cara pasang Easter Egg Android Lollipop pada Android versi lawas, kali ini Memudahkan akan mengulas cara ganti easter egg Android sesukai hati, sesuai selera, sak bahagiamu :D

Caranya mudah sob, untuk mengubah easter egg (bisa juga disebut logo) Android versi berapapun (mulai dari versi 2.3 sampai 5.x), kita cukup memasang Xposed module yang bernama Eggster. Sebelumnya pastikan Android Anda sudah memiliki akses root, karena Eggster membutuhkan Xposed Framework agar bisa berjalan dengan baik. Lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Sudah root kan? Bila belum cek artikel tentang berbagai cara root di Memudahkan.

2. Unduh, pasang, dan jalankan Xposed Framework.

3. Tuju bagian Download kemudian cari module bernama Eggster.

4. Download dan install module tersebut, jangan dibuka terlebih dahulu.

5. Masih di Xposed, tuju bagian Modules, lalu centang Eggster untuk mengaktifkannya.

6. Selanjutnya, reboot Android Anda.

7. Buka aplikasi Eggster, pilih salah satu versi easter egg Android yang Anda suka (yang berbeda dengan versi Android yang sedang Anda gunakan) dan aktifkan (ubah OFF menjadi ON). Dalam konteks tersebut saya memilih HoneyComb (screenshot pertama).

EggsterLogo Android HoneyComb

8. Tuju Setting Android > About device (atau About phone/About tablet) > ketuk Android version dengan cepat berulang kali, and boom! hasilnya bisa dilihat pada screenshot di atas (kedua). Nah, sekarang Anda bisa mengganti easter egg Android Anda sak karepmu wis :D

Itu tadi cara ganti easter egg khusus untuk Android yang sudah di-root dan pasang Xposed, bagaimana dengan Android yang masih ting ting atau belum punya akses root, apakah bisa dipasangi aplikasi Eggster? Jawaban, singkatnya bisa, tapi memang beda tujuan dan penerapannya.

Begini, bila Android Anda belum root, silakan unduh aplikasi Eggster APK, pasang seperti biasa dan jalankan. Pilih versi Android yang Anda suka, pilih ikon-nya ya, bukan tombol ON OFF-nya (karena tombol ON dan OFF di Eggster hanya berfungsi pada Android yang sudah pakai Xposed). Nah, lewat aplikasi tersebut Anda bisa melihat bermacam easter egg Android mulai dari Gingerbread sampai Lollipop (bahkan Android L preview juga ada, kemungkinan nanti bakal ada Android M pula). Iya, hanya melihat saja, bukan mengganti easter egg default Android Anda, nih videonya (video ke-2 cek di sini).

A video posted by Hendry Ardhiansyam (@ardhiansyam) on


Ok lanjut, masih belum habis artikelnya sob. Terlihat pada screenshot kedua, saat logo lebah Android Honeycomb disentuh, muncul kata Memudahkannnnnn..... aneh, padahal seharusnya kata REZZZZZZZ.... yang muncul. Ga aneh sebenarnya, lha wong easter egg-nya memang bisa dikustomiasasi, cek penampakan berikut.

Eggster dengan XposedEggster setting


Senggol saja panah ke atas di sisi bawah layar, lalu colek ikon gir (roda gigi), dan keluarlah laman pengaturan dari aplikasi Eggster. Di bagian Toast Text silakan diganti sesuai selera sob, untuk settingan lain, langsung coba sendiri ya, selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×