27 Desember 2014

Cara Install Android Lollipop Easter Egg pada Android KitKat ke Bawah [Tanpa ROOT]

Sejak versi 2.3 Gingerbread, Android selalu dirilis dengan tambahan easter egg di dalamnya. Tunggu, apa itu easter egg? Easter egg dalam konteks ini bisa didefinisikan sebagai fitur yang tak terduga atau tersembunyi dalam sistem operasi Android, yang dimaksudkan sebagai lelucon atau bonus.

Android Lollipop Easter Egg

Cara membuka easter egg di Android selalu sama pada setiap versinya, yaitu dengan masuk ke Setting > About device (atau About phone/About tablet) > tap Android version dengan cepat beberapa kali. Meski caranya sama, kita bisa menemukan easter egg yang berbeda di tiap versi Android. Berikut ini adalah easter egg dari setiap versi Android, mulai Android Gingerbread sampai Lollipop.

Android 2.3 Gingerbread


Gingerbread adalah versi Android pertama yang memiliki easter egg. Setelah tap beberapa kali pada Android version, Anda akan disuguhi lukisan berjudul "Zombie Art" karya Jack Larson (perhatikan; zombienya lagi telponan).

Gingerbread zombie art


Android 3.0 Honeycomb


Di Android Honeycomb, Android yang khusus dibesut untuk tablet, tersimpan easter egg berupa logo Android berwarna biru dan bersayap layaknya lebah madu. Terdapat pula kata REZZZZZZZ… yang terinspirasi dari kata "Rezzing" dalam film/game Tron.

Honeycomb logo


Android 4.0 Ice Cream Sandwich


Mulai ICS, easter egg Android terbagi menjadi beberapa bagian. Di ICS, setidaknya ada 2 bagian easter egg. Pertama akan muncul logo Android ICS dengan gaya 8-bit.

Ice Cream Sandwich 8-bit


Selanjutnya silakan tekan tahan layar beberapa saat untuk melihat bagian keduanya, sekumpulan Nyan droid (terinspirasi dari Nyan cat) akan terbang melewati layar.

Nyan droid


Android 4.1 - 4.3 Jelly Bean


Sesuai namanya, pada Android Jelly Bean, Anda akan disuguhi sebuah jelly bean merah besar di tengah layar, tap untuk memunculkan tanduk dan wajahnya.

Jelly Bean face


Tekan tahan layar dan puluhan jelly bean akan muncul melayang memenuhi layar. Anda bisa menyingkirkan jelly bean-jelly bean tersebut dari layar dengan jari Anda (kalau mau).

Jelly Bean game


Android 4.4 KitKat


Berbeda dengan versi Android sebelumnya yang selalu menampilkan karakter Android, pada Android KitKat, Anda akan menemukan huruf K besar yang akan berputar bila disentuh.

KitKat K


Setelah puas berputar-putar, tekan tahan untuk melihat bagian selanjutnya dari easter egg KitKat; sebuah tulisan Android dengan gaya logo KitKat.

KitKat

Selanjutnya, tekan tahan lagi dan keluarlah animasi petak warna-warni berisi bermacam logo Android (bisa dibilang mirip dengan tampilan petak pada Windows Phone).

KitKat tile


Android 5.0 Lollipop


Nah, tibalah kita pada versi terbaru dari Android, yaitu Android Lollipop. Dari semua easter egg Android, easter egg Android Lollipop bisa dikatakan sebagai yang terbaik, apa pasal? Easter egg Android Lollipop adalah sebuah game. Game apaan? Game unik yang terinspirasi dari game paling fenomenal di tahun 2014; Flappy Bird! Namun sebelumnya, akan muncul sebuah lollipop dengan warna yang bisa berubah jika disentuh.

Lollipop

Seperti biasa, tekan tahan layar dan lihat apa yang terjadi. Iya, tiba-tiba Anda akan dibawa menuju sebuah tempat antah-berantah yang penuh dengan lollipop, sentuhlah layar beberapa kali untuk menjelajahi tempat penuh warna tersebut bersama Bugdroid hijau yang melayang-layang sesuai sentuhan Anda (mirip-mirip Flappy Bird gitu).

Flappy Droid

Nah, pengen nyoba game Flappy Bird dengan tema Android Lollipop di perangkat Android Anda saat ini? Lanjut bacanya sob :D


Install Android Lollipop Easter Egg (ICS ke atas)


Tak perlu memaksakan update ke Android Lollipop, apalagi sampai beli ponsel atau tablet Android baru untuk sekedar mencoba memainkan game yang dijuluki Flappy Droid ini. Lalu bagaimana cara memainkan game easter egg Android Lollipop di Android Kitkat, Jelly Bean, dan ICS? Gampang sob, silakan install game yang dikembangkan oleh JRummy Apps Inc. ini.

Iya, game dengan judul Lollipop Land ini merupakan game yang berasal dari easter egg Android Lollipop. Seperti yang telah disebut-sebut tadi, Lollipop Land memang meniru game Flappy Bird, dengan jajaran lollipop sebagai rintangannya, serta Bugdroid (logo Android) sebagai karakter utamanya. Cara memainkannya pun sama dengan Flappy Bird, tinggal ketuk-ketuk layar untuk menerbangkan Bugdroid melewati lollipop-lollipop yang muncul dari atas dan bawah layar.

Berbeda dengan versi aslinya, di Lollipop Land (selain Bugdroid) Anda bisa memainkan sekitar sepuluh karakter unik yang bisa didapatkan dengan mengumpulkan sejumlah koin.Selain itu, bila di versi aslinya game ini tak bersuara, pengembang game Lollipop Land telah menambahkan suara-suara khas yang bisa menambah keseruan saat bermain.

Seperti Flappy Bird, Lollipop Land memang tak mudah dimainkan, tapi tenang, Anda bisa memilih tingkat kesulitan (hard, normal, easy, kid) game ini sesuai selera.

Lollipop Land

Satu lagi yang manarik, Anda bisa menjadikan game Lollipop Land sebagai easter egg default di Android Anda. Caranya mudah dan tanpa harus root, silakan install game Lollipop Land terlebih dahulu (link tersedia di akhir artikel), kemudian masuk ke Setting > About device > tap Android version beberapa kali dengan cepat, setelah easter egg bagian pertama muncul, tekan tahan layar untuk membuka bagian kedua (dst.), saat jendela pilihan muncul, pilih Lollipop Land dan tap Always.

Android Lollipop Easter Egg

Nah, sekarang tiap membuka easter egg di perangkat Android, Anda bisa memainkan game Lollipop Land layaknya di Android Lollipop, selamat mencoba :) (Coba juga Launcher Android Lollipop dan juga keyboardnya).

Download Lollipop Land via Play Store (4.0+)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×