03 Januari 2015

Cara Install WhatsApp di PC Tanpa BlueStack atau Sejenisnya

Berarti pakai emulator Android lainnya macam YouWave atau Genymotion? Tidak sob, kali ini Memudahkan akan mengulas cara WhatsAppan di komputer, PC, laptop dan sebangsanya TANPA melibatkan emulator Android manapun. Sebelumnya, kenapa sih kalian ingin sekali menggunakan WhatsApp di PC?

Cara Install WhatsApp di PC Tanpa BlueStack

Iya, memang kadang merepotkan bila kita sedang serius bekerja di depan layar PC atau laptop dan tiba-tiba ada pesan WhatsApp masuk. Tentu saja kita harus mengambil ponsel lalu membaca dan membalas pesan tersebut (tentu saja) menggunakan ponsel. Alangkah indahnya bila pesan tersebut bisa kita baca dan balas langsung melalui layar PC atau laptop yang kita gunakan.

Pakai emulator kan bisa? Untuk sekedar berbalas pesan di WhatsApp, menggunakan emulator Android bisa dikatakan mubazir sob (kecuali bila Anda berniat melakukan hal lain dengan emulator tersebut). Selain itu, kita harus punya nomor baru buat daftar WhatsApp. Bisa sih pakai nomor lama, tapi prosesnya ribet alias tidak praktis (kita tak bisa menggunakan nomor yang sama untuk dua perangkat yang berbeda).

Saat ini WhatsApp memang baru bisa digunakan (secara resmi) di ponsel (baik Android, iOS, dsb.). Beberapa waktu yang lalu beredar rumor bahwa WhatsApp sedang mengembangkan aplikasi desktop berbasis web (CMIIW), sehingga nantinya pengguna bisa menggunakan WhatsApp di PC. Sampai artikel ini ditulis, belum ada tanda bahwa WhatsApp akan merilis aplikasi WhatsApp untuk PC tersebut, jadi kita tunggu saja.

Sembari menunggu, kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk WhatsAppan di PC, sekali lagi, tanpa menggunakan emulator yang seringkali memberatkan PC atau laptop tersebut. Aplikasi apakah itu?

Namanya WhatsCloud sob, aplikasi yang bisa menyelaraskan pesan WhatsApp di ponsel dan PC Anda, jadi pesan yang dikirim via WhastCloud di PC otomatis akan tersedia di aplikasi WhatsApps yang terpasang di ponsel Anda. Intinya, Anda bisa membaca dan membalas pesan WhatsApp yang dikirim ke ponsel Anda menggunakan WhatsCloud di PC atau laptop. Singkatnya, Anda bisa menggunakan WhatsApp di PC :D

UPDATE 22/01/2015: WhatsApp versi web kini resmi dirilis sob, silakan cek artikel Menggunakan WhatsApp di PC dengan WhatsApp Web [RESMI] untuk keterangan lengkap ;)

UPDATE 27/02/2015: Melalui Twitter, sang developer menyatakan bahwa layanan WhatsCloud telah ditutup sebagai akibat dari rilisnya WhatsApp Web. Silakan kunjungi link yang tertera pada update sebelumnya untuk mengetahui langkah-langkah mudah menggunakan WhatsApp Web.

UPDATE 12/05/2016: Kurang lebih setahun setelah versi web diluncurkan, aplikasi WhatsApp untuk PC Windows dan Mac akhirnya dirilis juga sob.

Tutorial menggunakan WhatsCloud sudah saya hapus agar tidak membingungkan pembaca. Sebagai gantinya, silakan cek link yang tersedia pada UPDATE di atas. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×