09 Desember 2014

Cara Membeli Aplikasi Android dengan Pulsa Indosat [IM3, Mentari, & Matrix]

Gonjang-ganjing pembelian aplikasi atau game Android di Google Play Store menggunakan sistem potong pulsa sebenarnya bukanlah hal baru. Lebih dari setahun yang lalu, Memudahkan pernah mengetik artikel yang mengulas seklumit info mengenai hal tersebut (Cek artikel membeli aplikasi atau game Android menggunakan pulsa).

Waktu berlalu, info tersebut sepertinya mulai meredup dan hampir dilupakan, berhubung tidak ada pemberitaan lebih lanjut, layanan pembelian aplikasi via pulsa nyatanya belum terealisasi secara merata (hanya segelintir pengguna Android yang bisa menikmatinya). Bisa diasumsikan bahwa pengadaan layanan tersebut masih sebatas uji coba saja.

Sekarang, di penghujung tahun 2014 ini, Indosat secara resmi merilis layanan baru yang dilabeli Carrier Billing Indosat dengan Google Play. Iya, seperti namanya, layanan Carrier Billing Indosat dengan Google Play adalah layanan pembelian aplikasi, game, buku, atau konten digital lainnya di Google Play Store melalui pemotongan pulsa secara langsung (prabayar IM3 & Mentari) atau melalui tagihan bulanan (pascabayar Matrix).

Carrier Billing Indosat dengan Google Play

Kabar gembira? Tentu saja sob, tak hanya untuk pengguna perangkat Android, para pengembang aplikasi dan game Android pun tentunya akan mendapatkan efek positif dari adanya layanan baru dari Indosat tersebut. Bila dulu pembelian aplikasi hanya bisa dilakukan menggunakan kartu kredit, kini pengguna perangkat Android dengan kartu dari Indosat bisa membelinya lewat layanan potong pulsa.

Bila dulu para pengembang aplikasi sering galau karena aplikasi berbayarnya dibajak, kini mereka bisa berharap pengguna perangkat Android lebih memilih membeli daripada membajak setelah adanya kemudahan pembayaran dari Indosat tersebut. Begitu pula dengan para penulis yang mempublikasikan bukunya secara digital di Google Play Book, layanan potong pulsa Indosat di Google Play tentu memudahkan para pembaca untuk membeli buku-buku mereka.

Bagi yang gemar bermain game Clash of Clans (atau game lainnya), bisa juga membeli gems atau item lain (in apps purchase) melalui fasilitas potong pulsa dari Indosat ini.

Lalu bagaimana cara membeli aplikasi atau game menggunakan sistem potong pulsa Indosat? Dikutip dari laman resminya, silakan ikuti langkah mudah aktivasi Google Play Billing Indosat berikut ini.

Pastikan Anda memiliki akun Google dan telah login di Play Store menggunakan akun tersebut. Pastikan juga Anda menggunakan kartu prabayar atau pascabayar Indosat (IM3, Mentari, atau Matrix)

Buka Google Play Store, ketuk tombol menu di kiri atas layar, lalu pilih My account.

My account Google Play


Pada bagian Add payment method, pilih Enable Indosat Billing. Bila muncul notifikasi untuk mengirim SMS, pilih Send, bila tidak, tunggu proses verifikasi berlangsung.

Enable Indosat Billing


Selanjutnya, isi identitas Anda dengan lengkap dan benar, lalu pilih Save. Periksa kembali data diri Anda, dan pilih Accept.

Isi identitas Indosat billing


Tunggu beberapa saat sampai layanan carrier billing Indosat Anda aktif. Setelah aktif, Anda bisa menemukan Bill my Indosat account di laman My account.


Bill my Indosat account


Sip, sekarang waktunya belanja aplikasi/game Android pakai pulsa sob, pilih aplikasi berbayar yang akan Anda beli, Minecraft misalnya.

Minecraft Android


Ketuk tombol label harga berwarna hijau, tap Accept untuk menyetujui.

Accept


Setelah itu ketuk Buy.

Buy


Masukkan password akun Google Anda lalu ketuk Confirm untuk mengonfirmasi. Proses download akan berjalan dan Anda akan mendapatkan bukti pembelian aplikasi via SMS dan email.
    password


    Sebagai info tambahan, tiap transaksi pembelian aplikasi, game, atau konten digital lainnya di Google Play dengan cara potong pulsa Indosat, Anda akan dikenakan pajak tambahan sebesar 10% dari harga aslinya, dengan kata lain, jumlah pulsa yang terpotong tentu akan lebih besar dari harga yang tertera di Google Play Store. Selamat berbelanja :)


    UPDATE 26/02/2015: Menyusul Indosat, kini Telkomsel juga merilis layanan carrier billing untuk pembelian aplikasi di Google Play Store, simak artikel Cara Mudah Membeli Aplikasi Android dengan Pulsa Telkomsel untuk info lebih lanjut.

    Memudahkan

    Suka dengan artikel Memudahkan?

    Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

    Terima kasih :)

    ×