06 Desember 2014

Aplikasi Android untuk Menyelesaikan Soal Matematika dengan Memotretnya: AutoMath

Logo AutoMath
Bagaimana cara mengecek kebenaran dari suatu soal matematika? Pakai kalkulator? Iya, untuk mengecek apakah soal matematika sudah benar atau belum, kita biasa menggunakan kalkulator. Untuk soal yang sederhana, kalkulator mungkin bisa menjadi solusi praktis, namun bagaimana cara memastikan kebenaran hasil dari soal matematika yang rumit?

Sebelumnya, Memudahkan pernah membahas aplikasi yang bernama PhotoMath, yang sampai saat ini belum tersedia untuk Android (hanya iOS dan WP). Nah, bila Anda sudah tak sabar untuk mencoba mengecek kebenaran soal atau langsung menyelesaikan soal matematika dengan memotretnya menggunakan kamera Android, aplikasi AutoMath layak untuk dicoba.

Apa itu AutoMath? AutoMath adalah aplikasi Android yang bisa membantu Anda menyelesaikan soal matematika dengan cara memotret atau mengambil foto dari soal tersebut. Jadi sama seperti PhotoMath? Kurang lebih begitu sob, selagi menunggu PhotoMath untuk Android dirilis, Anda bisa mencoba aplikasi AutoMath, yang saat ini telah tersedia untuk diunduh secara gratis via Play Store.


Soal matematika apa saja yang bisa diselesaikan dengan AutoMath? Sampai artikel ini diketik, AutoMath mampu menyesaikan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pertidaksamaan, akar persamaan, trigonometri, aljabar, penyederhanaan, hingga algoritma dasar. Selain itu disediakan juga kalkulator yang bisa menghitung polinomial, kalkulus, sistem persamaan, dsb. Pengembangnya menjanjikan tambahan fitur di versi mendatang termasuk fungsi grafik, kalkulus, sistem persamaan, dsb.

AutoMathAutoMath Android

Kurang lebih sama seperti PhotoMath, selain memberikan jawaban dari soal matematika, AutoMath juga menyediakan langkah-langkah penyelesaiannya. Jenis soalnya pun sama, AutoMath hanya bisa digunakan pada soal matematika yang tercetak, bukan tulisan tangan. Meski demikian, ke depannya, pengembang AutoMath berencana menjadikan AutoMath kompatibel dengan soal matematika yang ditulis dengan tangan.

Download AutoMath untuk Android (2.3+)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×