09 September 2014

Tips dan Trik Dasar Bermain Game Clash of Clans

Apa itu Clash of Clans? Clash of Clans adalah game bergenre RTS (Real Time Strategy) untuk platform mobile (Android dan iOS). Clash of Clans dikembangkan oleh Supercell, sebuah perusahaan game asal Finlandia. Clash of Clans pertama kali dirilis untuk iOS pada tanggal 2 Agustus 2012. Setahun kemudian (tepatnya pada 7 Oktober 2013), Clash of Clans untuk Android dirilis di Google Play secara global.

Tips dan Trik Dasar Bermain Game Clash of Clans

Bisa dibilang, Clash of Clans adalah game fenomenal yang sampai saat ini masih dimainkan oleh jutaan pengguna perangkat mobile di seluruh dunia. Gameplay yang menarik, mudah dipahami, dan memiliki banyak kemungkinan menjadi faktor utama keberhasilan Clash of Clans menarik perhatian para penggemar game mobile.

Untuk Anda yang pernah memainkan game strategy semacam Red Alert atau StarCraft mungkin sudah bisa menebak bagaimana gameplay Clash of Clans. Bisa dibilang mirip, bisa juga dianggap berbeda sama sekali, karena secara gameplay, Clash of Clans terkesan lebih sederhana bila dibandingkan dengan game strategi pada umumnya. Kenapa lebih sederhana? Clash of Clans adalah game mobile yang dioptimalkan untuk iOS dan Android yang mayoritas mengandalkan layar sentuh sebagai media interaksinya, jadi penyerderhanaan gameplay wajar dilakukan untuk memudahkan pemain dalam memainkan Clash of Clans.

Agar lebih jelas mengenai gameplay Clash of Clans, silakan unduh dan mainkan game Clash of Clans melalui link di bawah ini.

Download Clash of Clans untuk iOS (iPhone, iPad)

Download Clash of Clans untuk Android


Cara Bermain Clash of Clans


Bagaimana cara bermain game Clash of Clans? Sebenarnya tak perlu dijelaskan di sini, karena begitu Anda memasang dan memainkan Clash of Clans di smartphone atau tablet Anda, maka Anda akan melupakan pertanyaan tersebut karena tenggelam dalam keseruan dunia Clash of Clans.

Ok, untuk Anda yang belum berniat mengunduh dan memasang Clash of Clans, silakan simak video mengenai cara memainkan Clash of Clans berikut ini.


Nah, sudah paham kan? Secara garis besar, Anda adalah pemimpin dari sebuah desa di dunia Clash of Clans. Tugas Anda adalah membangun desa Anda sampai level paling tinggi dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada (gold, elixir, dark elixir, dan gem). Selain itu, Anda harus melindungi desa Anda dari serangan desa lain (dengan cara membangun pertahanan seperti canon, archer tower, wall dsb).

Anda juga bisa menyerang desa lain dengan melatih berbagi jenis pasukan (troop). Ketika serangan Anda berhasil, selain naik level, Anda juga mendapatkan harta jarahan (loot) berupa gold, elixir, dan dark elixir, yang bisa digunakan untuk membangun desa atau melatih pasukan baru.

Di sekitar desa, Anda akan menemukan bangunan Clan Castle yang rusak. Perbaiki bangunan tersebut agar Anda bisa membentuk clan baru atau bergabung dengan clan lain.


Tips dan Trik Clash of Clans


Sampai di sini, kami anggap Anda sudah mendapatkan gambaran mengenai game Clash of Clans. Selanjutnya simak panduan awal bermain Clash of Clans berikut ini.

Tutorial: Setelah mengunduh, menginstall, dan menjalankan game Clash of Clans, Anda akan disuguhi tutorial cara bermain Clash of Clans. Tutorial tersebut bersifat wajib (tidak dapat di-skip). Dalam tutorial awal Clash of Clans, Anda akan diajari oleh salah satu penduduk desa mengenai cara mengelola desa Anda, seperti cara mendirikan bangunan, cara melatih pasukan, cara bertahan dari serangan dan juga cara menyerang desa lain.

Panduan Clash of Clans

Perhatikan dan ikuti setiap petunjuk yang muncul dalam tutorial Clash of Clans dengan seksama untuk memahami cara dasar bermain game Clash of Clans.


coc gem
Gem: Di Clash of Clans, Gem adalah sumber daya paling berharga. Tak seperti Gold dan Elixir, Gem tidak bisa ditambang, tapi bisa didapatkan secara gratis dengan membersihkan semak, pohon, atau batu di sekitar desa Anda. Selain itu, Gem juga bisa didapatkan setelah menyelesaikan Achievement (selengkapnya, baca artikel cara mendapat gem gratis Clash of Clans). Oleh karena itu, alokasikan Gem Anda dengan bijak (kecuali bila Anda berniat membeli gem dalam jumlah besar).

Pakai Gem hanya untuk membangun Builder Hut (kecuali pada bagian Tutorial).

Jangan tergoda menggunakan Gem selain untuk membangun Builder Hut (bangunan tempat tinggal Builder atau pembangun, yang hanya bisa dibangun memakai Gem). Semakin banyak Builder Hut, semakin cepat proses pembangunan desa Anda (semakin banyak bangunan yang bisa dibangun atau diupgrade secara bersamaan).


Single Player
Single Player: Sebelum menyerang desa lain, manfaatkan mode Single Player untuk mengasah kemampuan Anda dalam menyerang desa pemain lain. Di mode Single Player, Anda akan disuguhi bermacam layout desa Goblin yang bisa Anda taklukkan dengan berbagai strategi serangan. Selain sebagai media berlatih, Anda akan mendapatkan harta jarahan dari setiap serangan yang berhasil Anda lakukan di desa Goblin (semakin tinggi level desa Goblin, semakin banyak harta jarahan yang Anda dapatkan).

Selesaikan setiap misi Single Player di Clash of Clans untuk mengasah strategi menyerang Anda.


Town Hall: Di awal-awal level Clash of Clans, tingkatkan terus trofi Anda dengan menyerang desa lain, karena semakin tinggi trofi, semakin besar bonus jarahan (loot) yang bisa Anda dapatkan setelah berhasil menyerang desa lain.

Waspadai pemain yang menyerang desa Anda, tempatkan Town Hall Anda tepat di bagian tengah desa dengan bangunan pertahanan/defense (Canon, Archer Tower, dsb) dan dinding benteng (Wall) di sekelilingnya, agar pemain lain sulit memenangkan serangan. (pemain akan mendapatkan satu bintang setelah menghancurkan Town Hall, pemain akan memenangkan serangan bila mendapatkan satu bintang saja dari maksimal 3 bintang).

Town Hall level 6

Lindungi Town Hall agar trofi Anda tidak berkurang. Hancurkan Town Hall desa lain untuk memenangkan serangan, menjarah sumber daya (resources), dan juga meningkatkan trofi.

Agar pertahanan desa Anda tidak mudah dibobol pemain lain, selalu upgrade semua bangunan, terutama bangunan pertahanan (termasuk Wall), sebelum mengupdgrade Town Hall. Setelah semua bangunan berada pada level maksimum, upgdade Town Hall Anda agar bisa membangun bangunan tambahan dan mengupgrade kembali bangunan lama Anda.

Bila Anda tergesa-gesa mengupgrade Town Hall meski bangunan pertahanan masih lemah (masih berada di level rendah), maka pertahanan Anda tidak akan maksimal, dan akan sering mengalami kekalahan ketika diserang pemain lain.

Upgrade Town Hall hanya ketika semua bangunan lain sudah berada di level maksimum.


Bintang: Selain menghancurkan Town Hall, Anda bisa memenangkan serangan dan mendapatkan satu bintang dengan menghancurkan 50% dari seluruh bangunan musuh. Setelah itu, hancurkan Town Hall untuk mendapatkan bintang kedua. Untuk mendapatkan hasil sempurna (tiga bintang), hancurkan semua bangunan musuh tanpa tersisa (Wall tidak termasuk, Anda tidak perlu menghancurkan semua Wall).

Tiga bintang clash of clans

Usahakan mendapatkan 3 bintang dalam setiap serangan, terutama dalam Clan War (apa itu Clan War? Akan dijelaskan nanti).


Clan Castle: Di sekitar desa Anda, di antara pepohonan dan bebatuan, Anda akan menemukan sebuah bangunan yang rusak. Benar sekali, bangunan tersebut adalah Clan Castle. Bila sumber daya Anda sudah mencukupi, segera perbaiki Clan Castle Anda. Setelah selesai diperbaiki, Anda bisa membuat Clan Anda sendiri, atau bergabung di Clan lain.


Perbaiki Clan Castle Anda untuk membuat Clan baru atau bergabung dengan Clan yang sudah ada.


Clan: Pada umumnya sebuah Clan memiliki syarat masuk yang ditentukan dengan level trofi. Misalnya saja, Clan A memiliki syarat 1400 trofi, berarti untuk bisa bergabung di Clan A, Anda harus memiliki trofi sebanyak 1400 atau lebih. Di samping itu, Clan masih dibagi menjadi tiga type, yaitu Anyone can join (semua pemain bisa bergabung tanpa persetujuan), Invite only (hanya pemain yang disetujui Clan Leader/Co-Leader yang bisa bergabung), dan Closed (tertutup atau penuh, tidak menerima anggota baru).

Clan IDWS

Di dalam sebuah Clan, patuhilah semua peraturan yang ada, lakukan interaksi dengan anggota lain dengan berbagi pasukan atau berdiskusi seputar serangan dan pertahanan (atau hal-hal lain yang bisa menghidupkan suasana obrolan/chat dalam Clan).

Setelah bergabung di Clan, Anda bisa meminta pasukan yang dapat digunakan untuk menjaga desa maupun menyerang desa pemain lain. Jangan lupa untuk mendonasikan pasukan Anda pada anggota Clan lain. Jumlah pasukan yang Anda dapatkan tergantung pada level Clan Castle Anda (Level 1 - 10 pasukan, 2 - 15, 3 - 20, 4 - 25, 5 - 30, 6 - 35).


Clan War: Bila trofi Anda sudah mencukupi, Anda bisa mengikuti Clan War. Apa itu Clan War? Clan War adalah peperangan antar Clan yang berlangsung selama dua hari. Hari pertama adalah hari persiapan perang. Di hari pertama, para anggota Clan akan saling memberikan donasi pasukan untuk memperkuat pertahanan desa masing-masing. Hari kedua adalah hari peperangan antar Clan.

Di hari kedua, setiap anggota Clan memiliki dua kesempatan untuk menyerang desa Clan lain. Clan yang mampu mengumpulkan bintang paling banyak selama hari peperangan adalah pemenangnya. Setiap anggota Clan yang berhasil mendapatkan bintang dalam serangannya akan mendapatkan harta jarahan dengan jumlah yang relatif besar (tergantung level desa yang diserang).

Clan War

Di hari kedua Clan War, pilihlah desa yang sekiranya bisa Anda hancurkan 100% (3 bintang), jangan memaksakan untuk menyerang desa berlevel tinggi.

Dalam Clan War, setiap desa biasanya akan dijaga oleh pasukan dengan level yang tinggi (seperti naga, wizard, dan archer). Oleh karena itu, usahakan untuk memancing pasukan tersebut keluar dari Clan Castle sejauh mungkin (diluar jangkauan bangunan pertahanan) untuk kemudian dilumpuhkan terlebih dahulu (bisa dengan pasukan atau spell petir), baru kemudian menyerang bangunan pertahanan musuh (dan bangunan-bangunan lain hingga 100%).

Biasakan untuk melumpuhkan pasukan Clan Castle musuh terlebih dahulu sebelum menyerang bangunannya.

______________

Sementara itu dulu tips dan trik bermain game Clash of Clans yang dapat kami rangkum dalam kesempatan ini, bila Anda memiliki kiat-kiat atau strategi jitu dalam memainkan Clash of Clan, jangan ragu untuk membagikannya via kotak komentar, terima kasih :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×