11 Februari 2014

7 Game Alternatif Flappy Bird untuk Android

Ditulis oleh pada 11.2.14
Flappy Bird? Apa itu Flappy Bird? Semacam Angry Birds? Walau sama-sama burung, Flappy Bird jelas berbeda dengan Angry Birds. Tentunya Anda sudah tahu bahwa belum lama ini game Flappy Bird menjadi buah bibir banyak orang di media sosial.

Flappy Bird Icon

Lalu apa itu sebenarnya Flappy Bird? Flappy Bird adalah game sederhana (dengan tampilan bergaya 8-bit, mirip game Mario Bros) dengan tokoh utama seekor (mungkin beberapa ekor) burung yang melakukan perjalanan (ke arah kanan layar) melewati pipa-pipa hijau sebagai perintangnya. Tiap kali sang burung melewati pipa, pemain akan mendapat satu skor. Permainan akan berakhir bila sang burung menabrak pipa atau jatuh ke tanah.

Cara memainkan Flappy Bird pun bisa dibilang sederhana, cukup tekan-lepas layar untuk menerbangkan sang burung melewati jalan di antara dua pipa sebanyak mungkin. Meski demikian, untuk memperoleh skor tinggi dalam permainan Flappy Bird bukanlah perkara mudah. Anda harus berkonsentrasi penuh untuk bisa menerbangkan sang burung melewati pipa tanpa menabraknya.

Flappy Bird gameplay

Awalnya, game yang dirilis di Apple App Store tanggal 24 Mei 2013 tersebut kurang mendapat perhatian. Baru setelah banyak review positif (dan negatif) yang berseliweran di toko aplikasi (awalnya App Store, kemudian Play Store), dan juga berbagai ulasan di media online serta media sosial, Flappy Bird mulai naik daun dan bahkan sampai ke pucuk (halah).

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan The Verge dengan pengembang game Flappy Bird, Dong Nguyen, terungkap fakta yang cukup mengejutkan. Semenjak menempati posisi puncak deretan aplikasi/game di App Store dan Play Store, Flappy Bird mampu menghasilkan rata-rata 50 juta dollar AS (sekitar 600 juta rupiah) setiap harinya hanya dari iklan yang muncul di game tersebut.

Uang memang tak bisa membayar segalanya. Pada tanggal 9 Februari yang lalu, Dong Nguyen memutuskan untuk menarik Flappy Bird dari App Store dan Play Store. Bukan karena masalah yang berkaitan dengan legalitas maupun hak cipta, Nguyen mengaku bahwa pemberitaan yang berlebihan, kontroversi, dan kepopuleran game buatannya tersebut membuat hidupnya tidak tenang.



Tapi tenang, meski sudah dihapus dari toko aplikasi, Anda masih bisa memainkan game Flappy Bird di smartphone Anda. Untuk Anda yang belum menginstall game Flappy Bird, Anda bisa mendapatkan file APK nya dari berbagai situs yang tersebat di internet.

Seiring kesuksesan dan kejatuhan Flappy Bird tersebut, bermunculanlah berbagai macam game dengan konsep yang serupa. Ada yang mengekor, ada pula game yang bisa dikatakan lebih baik dari Flappy Bird.

Nah, sesuai judul artikel ini, Memudahkan telah memilih 7 game yang mirip dengan Flappy Bird untuk Android, sebagai alternatif untuk Anda yang ingin memainkan game Flappy Bird dengan cara dan suasana yang berbeda.


Clumsy Bird


Gameplay Clumsy Bird sebelas dua belas dengan Flappy Bird, namun dengan grafik yang lebih halus. Diceritakan bahwa seekor naga telah mencuri telur sang burung (mirip game apa ya? Iya, Angry Birds) dan Anda harus mengendalikan burung tersebut melewati hutan belantara (melewati pohon-pohon) untuk merebut kembali telurnya.

Clumsy Bird

Berbeda dengan Flappy Bird, bila menabrak pohon, Anda tidak harus memulai dari awal, Anda dapat mulai bermain lagi dari tempat Anda terjatuh dengan menggunakan gems (berbayar).

Download Clumsy Bird


Flying Bird 3D


Seperti namanya, game ini hadir dengan tampilan tiga dimensi (3D), iya, bisa dikatakan bahwa game ini merupakan versi 3D dari Flappy Bird. Gameplay nya sama persis, sama-sama menerbangkan burung melewati pipa-pipa hijau.

Flying Bird 3DFlying Bird 3D gameplay

Meski begitu, gerakan sang burung dalam Flying Bird 3D tidak semenarik Flappy Bird, hanya naik turun dalam posisi horizontal, tidak ada gerakan naik dan menukik khas Flappy Bird.

Download Flying Bird 3D


Piou Piou


Piou Piou sudah nangkring di Play Store sejak tahun 2011 lalu, benar sekali, dua tahun sebelum Flappy Bird dirilis. Apakah Flappy Bird meniru Piou Piou? Dalam sebuah tweet, pengembang game Piou Piou menyertakan gambar berikut.

Piou Piou

Cukup masuk akal bila Anda berpendapat bahwa Flappy Bird meniru Piou Piou. Meski demikian, saat dihubungi oleh Kek (pengembang Piou Piou), Dong Nguyen (pengembang Flappy Bird) mengaku belum pernah mengetahui game Piou Piou saat mengembangkan Flappy Bird.

Download Piou Piou


Line Birds


Tidak seperti game-game sebelumnya, Line Birds menawarkan konsep yang sedikit berbeda dengan Flappy Bird. Jika dalam Flappy Bird Anda diharuskan melakukan tekan - lepas layar berulang-ulang untuk mengendalikan sang burung, di Line Birds, Anda harus melakukan tekan - tahan - lepas layar (iya, memang lebih susah). Bila merasa kesulitan, Anda bisa mulai memainkan Line Bird dari level Very Easy, lalu lanjut ke Easy, dan seterusnya.


Grafik Line Bird terlihat lebih halus dan lebih menarik berkat efek bulu-bulu jatuh saat sang burung menabrak rintangan (mirip Angry Bird). Walau gameplay nya hampir sama dengan Flappy Bird, di Line Bird Anda bisa memainkan 5 jenis burung yang masing-masing memiliki kemampuan khusus. Seperti apa kemampuan khususnya? Silakan coba sendiri.

Download Line Bird


Flappy Duckling


Masih seputar unggas, game berjudul Flappy Duckling ini menggunakan anak bebek sebagai daya tariknya. Uniknya, sang bebek akan bersuara (kwek kwek dan seterusnya) saat Anda menekan layar.

Flappy DucklingFlappy Duckling game over

Kemudian bila menabrak pipa dan terjatuh, sang bebek akan menunjukkan ekspresi kesakitannya kepada Anda.

Download Flappy Duckling


Ironpants


Merasa Flappy Bird kurang menantang? Anda bisa mencoba Ironpants. Game ini bukan tentang burung, tapi mengenai manusia bertopeng (bercelana besi?) yang bisa terbang, melintasi tumpukan kotak kayu. Cara memainkan Ironpants bisa dibilang mirip dengan Line Bird (tekan - tahan -lepas).

IronpantsIronpants gameplay

Berbeda dengan Line Bird, Ironpants tidak menyediakan pilihan level, jadi sebaiknya siapkan kesabaran Anda sebelum dan saat memainkan game ini.

Download Ironpants


Amazing Cupid


Kali ini bukan burung, bukan pula manusia, melainkan Cupid, dewa cinta dalam mitologi klasik. Game besutan anak negeri ini (ayo dukung developer Indonesia!) memang sebuah tribute untuk Dong Nguyen, pengembang Flappy Bird.

Mendapuk Cupid sebagai tokoh utama, Amazing Cupid mencoba menghadirkan semangat Flappy Bird dalam balutan tema cinta yang lucu. Di game ini, Anda akan menerbangkan Cupid melewati tiang-tiang bangunan ala Romawi kuno.

Amazing CupidAmazing Cupid secret message

Saat bermain, selain harus berkonsentrasi ke Cupid, Anda juga disuguhi kata-kata lucu yang muncul di atas layar (sedikit menggangu memang). Bila Anda menabrak tiang atau terjatuh, si Cupid juga akan "mengatai" Anda :D

Terdapat pula fitur Secret Message yang dapat Anda gunakan untuk menantang teman-teman Anda bermain Amazing Cupid. Pesan tersebut baru bisa dibuka bila teman Anda berhasil mendapatkan nilai yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Download Amazing Cupid


Hanya itu? Tentu saja tidak. Masih banyak game serupa Flappy Bird lainnya yang dapat Anda temukan di Google Play Store. Game-game di atas merupakan 7 game alternatif Flappy Bird terbaik versi Memudahkan (kayak acara apa ya?). Bila Anda menemukan game yang setipe dengan Flappy Bird lainnya (yang menurut Anda patut untuk dicoba), silakan ungkap di kotak komentar, terima kasih :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×