16 April 2013

Tampilan dan Fitur Baru Laman Edit HTML Blogger

Blogger kembali berinovasi. Kali ini, laman Edit HTML dirombak tampilan dan fiturnya. Terhitung mulai 9 April yang lalu, pengguna Blogger dapat mengedit HTML template Blogger dengan lebih mudah dan leluasa.

Edit HTML Blogger baru

Apa saja yang baru dari laman Edit HTML Blogger? Berikut ini kami sajikan daftarnya.
  1. Dari segi tampilan, pengguna akan disuguhi editor HTML yang lebih mumpuni dengan hadirnya Syntax Highlighter. Selain keren, kehadiran Syntax Highlighter yang berwarna-warni pastinya akan memudahkan pengguna untuk menulis dan mengedit kode.
  2. Saat kita melakukan klik pada tombol Edit HTML (di samping tombol Customize), kita akan dibawa pada laman Edit HTML baru. Berbeda dengan versi lama yang berupa popup.
  3. Fitur Expand Template Widget dihilangkan dan diganti dengan tombol ‘►’ yang berguna untuk membuka kode lanjutan pada tiap-tiap tag.
  4. Mencari kode HTML widget kini lebih mudah dengan adanya fitur Jump to Widget.
  5. Fitur Pratinjau (preview) template sekarang terintegrasi langsung di laman Edit HTML, jadi pengguna tidak perlu membuka tab atau windows baru untuk melihat pratinjau template.
  6. Penambahan tombol Format Template yang berguna untuk merapikan kode.

Selain itu, pihak Blogger juga telah mengintegrasikan fitur pencarian kode (Ctrl+F) dan fitur penggantian kode (Ctrl+Shift+F atau Ctrl+Shift+R) dengan laman Edit HTML. Fitur-fitur tersebut hanya dapat diaktifkan saat kursor mouse pengguna aktif pada area Edit HTML. Sayangnya, dengan adanya integrasi tersebut, pengguna tidak bisa lagi mencari kode menggunakan fitur pencarian bawaan browser.

Pencarian kode dengan Ctrl+F

Menariknya, kini tiap baris kode mempunyai nomor urutnya sendiri, jadi pengguna tidak akan kebingungan bila melakukan kesalahan saat mengedit kode. Nah, setelah ini, inovasi apa lagi yang akan diluncurkan Blogger? Fitur komentar yang lebih canggih? atau integrasi yang lebih mendalam dengan Google+? Kita tunggu saja :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×