25 September 2012

Amankan Laptop Anda dari Pencurian Data Melalui USB Flashdisk

Anda sering menggunakan laptop atau PC bersama teman-teman atau rekan kerja Anda? jika iya, artikel ini akan berguna bagi Anda.

Penggunaan flashdisk dewasa ini tak bisa dielakkan lagi bila kita ingin memindahkan data dari satu laptop ke laptop lainnya. Lalu bagaimana jika seseorang mengambil film, foto, musik, dokumen, dsb dari laptop Anda dengan menggunakan flashdisk tanpa izin?
Amankan Laptop Anda dari Pencurian Data Melalui USB Flashdisk

Bisa jadi data-data penting, data-data rahasia Anda digunakan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab, di samping itu, bisa saja laptop Anda terinfeksi virus yang berasal dari flasdisk tersebut.

Lalu bagaimana cara mengamankan laptop dari pencurian data dan infeksi virus melalui flashdisk?

Bila Anda menggunakan Windows 7, Anda dapat menonaktifkan port USB di laptop Anda melalui BIOS, namun cara tersebut tidaklah praktis (semua perangkat yang tersambung melalui USB, seperti keyboard dan mouse, akan tidak berfungsi) dan memakan waktu lama.

Untuk Anda yang peduli dengan keamanan data, gunakan Phrozen Safe USB, sebuah aplikasi kecil (kurang dari 1 Mb) yang mampu mengaktifkan dan menonaktifkan port USB dalam beberapa klik saja.

Setelah terinstall, Phrozen Safe USB akan menyajikan sebuah jendela kecil dengan tampilan minimalis. Di situ Anda akan menemukan 3 mode pengaturan untuk port USB Anda.

Phrozen Safe USB

Secara default, Phrozen Safe USB akan mengatur port USB Anda dalam keadaan berfungsi penuh (USB Devices fully operational). Ini berarti bahwa setiap drive USB yang terhubung ke PC akan berfungsi sepenuhnya, Anda dapat menulis, membaca dan menghapus konten yang disimpan dalam flashdisk.

Mode kedua adalah "USB Devices in read only mode". Dalam mode tersebut Anda hanya dapat membaca dan menyalin isi flashdisk tanpa bisa bisa menyalin data dari laptop ke flashdisk. Jadi data di laptop Anda akan aman dari pencurian dalam mode ini.

Mode terakhir adalah "USB Devices disactivated". Dalam mode ini flashdisk yang terhubung pada laptop Anda tidak akan dikenali (keyboard, mouse, dan perangkat selain flashdisk tetap berfungsi). Dalam mode ini, selain aman dari pencurian data, laptop Anda juga akan aman dari virus-virus yang berasal dari flashdisk.

Perlu diketahui bahwa perangkat (flashdisk dll) yang terhubung ke laptop sebelum salah satu dari ketiga mode tersebut diaktifkan, tidak terpengaruh oleh efek Phrozen Safe USB.

Ketika jendela pengaturan ditutup, Phrozen Safe USB secara otomatis akan diminimalkan di system tray. Anda dapat dengan mudah mengganti mode pengamanan USB dengan melakukan klik kanan pada ikon Phrozen Safe USB di system tray.

Phrozen Safe USB mendukung Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8

Phrozen Safe USB akan tetap bekerja walaupun Anda menutupnya (baik dari jendela pengaturan maupun system tray).

Phrozen Safe USB mendukung Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8.

Download Phrozen Safe USB

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×