26 September 2019

Gamepad untuk Main PUBG Mobile di Android: Flydigi Wasp 2 Elite Edition

Ditulis oleh pada 26.9.19

Sebelumnya saya menganggap bermain game PUBG Mobile menggunakan gamepad adalah sebuah mimpi buruk. Pasalnya, PUBG Mobile memang tidak didesain untuk dimainkan dengan gamepad. Kan ada aplikasi keymapper, seperti Octopus atau Panda Keymapper?

Gamepad untuk Main PUBG Mobile di Android: Flydigi Wasp 2 Elite Edition

Dulu saya pernah memaksakan diri untuk memainkan PUBG Mobile pakai gamepad Dobe TI-465 + aplikasi Octopus dan berakhir kurang baik. Bukan tidak berhasil, sob, tapi ribetnya itu yang bikin saya malas. Tidak praktis dan butuh tenaga dan pikiran lebih untuk persiapannya, belum lagi mainnya.

Normalnya, kita masuk ke game PUBG, menunggu loading, kemudian main seperti biasa menggunakan layar sentuh. Kalau pakai gamepad, kita wajib pairing gamepad ke Android, buka aplikasi keymapper, mengaktifkan fungsi keymapping, lalu login ke PUBG Mobile dengan akun cadangan agar akun utama tidak beresiko dibanned, dan itupun tidak jarang gagal login (Facebook), atau keymapping tidak berfungsi, kalaupun berfungsi, analog kanan tidak bisa diputar 360° untuk melihat sekeliling.

Iya, ada saja masalah yang membuat selera main PUBG Mobile pakai gamepad jadi ambyar. Ya sudah, main pakai layar sentuh saja, min. Benar, sob. Itulah yang akhirnya terjadi, saya pun kembali main PUBG Mobile dengan cara menyentuh dan mengusap layar πŸ™„ Udah? Gitu aja?

Flydigi Wasp 2 Elite Edition dari Banggood

Belum usai, sob ternyata. Seminggu yang lalu, saya memperoleh kiriman dari Banggood, sebuah toko online dari Tiongkok. Tidak tanggung-tanggung, ada 4 produk sekaligus yang dikirim ke alamat saya untuk keperluan review. Salah satunya adalah Flydigi Wasp 2 Elite Edition. Seperti yang terketik di judul artikel ini, Wasp 2 adalah gamepad untuk main PUBG Mobile di Android (dan iOS).

Flydigi Wasp 2 Elite Edition dari Banggood

Tidak seperti gamepad pada umumnya, Wasp 2 didesain untuk digunakan dengan satu tangan, yaitu tangan kiri saja. Lalu tangan kanan? Tangan kanan tetap pakai layar sentuh, sob. Sebuah desain yang brilian menurut saya, karena kesulitan utama saat memainkan game semacam PUBG Mobile pakai gamepad adalah membidik sasaran dengan analog (joystick) kanan.

Nah, Flydigi rupanya paham dengan hal itu dan menghadirkan gamepad Wasp 2, sebuah gamepad yang memungkinkan kita untuk bermain PUBG Mobile dengan gamepad di tangan kiri, dan layar sentuh di tangan kanan. Menembak, membuka scoop, berlari, menunduk, dsb bisa dilakukan lewat tombol dan analog kiri di gamepad Wasp 2, sedangkan untuk urusan membidik dan melihat sekeliling, layar sentuh tetap menjadi pilihan yang terbaik.

Tidak hanya PUBG Mobile atau New State saja, sob. Gamepad buatan Flydigi tersebut juga bisa digunakan untuk main Free Fire, Fortnite, Apex Legends, Call of Duty Mobile, bahkan sampai Mobile Legend serta League of Legends: Wild Rift. Tak ketinggalan, untuk memainkan Battlefield Mobile dan PokΓ©mon Unite pun mantap, sob πŸ‘

Mapping Gamepad PUBG Tanpa ROOT Tanpa PC

Apakah bisa di-mapping tombolnya? Tentu saja bisa, sob. Flydigi memiliki teknologi mapping yang disebut dengan Flymapping. Teknologi tersebut konon bisa menerjemahkan input gamepad sebagai sentuhan layar, jadi aman dari banned 😁

Flymapping technology

Selain itu, Flymapping tidak membutuhkan akses root atau semacamnya, dan bisa diaktifkan tanpa perlu menggunakan komputer atau PC, cukup menggunakan aktivator yang sudah tertanam di dalam gamepad Wasp 2 dan aplikasi Flydigi Game Center.

Sayangnya, aktivator bawaan Wasp 2 sudah menggunakan USB type-C, jadi bila ponsel Android Anda masih menggunakan port micro USB, siapkan juga converter UBS tipe-C ke micro USB agar proses aktivasi keymapper bisa dilakukan.

Main PUBG Mobile pakai Gamepad Wasp 2

Boleh dikatakan, mimpi buruk saya mengenai gamepad PUBG Mobile sudah berakhir. Menggunakan Wasp 2 untuk bermain PUBG Mobile di Android sungguh menjadi pengalaman yang menyenangkan dan memudahkan. Selengkapnya, cek video dari channel YouTube Memudahkan berikut ini.

Gamepad Wasp 2

Tidak ada lagi istilah "RIP AIM" saat membidik lawan dari jarak dekat maupun jauh. Jari-jari tangan kiri pun jadi lebih rileks berkat analog Wasp 2 yang solid sekaligus nyaman. Bandingkan bila menggunakan tombol analog di layar sentuh yang bikin jari mudah pegal bahkan keram πŸ˜…

Simpulan dan Link Pembelian

Keren bet dah, berapaan, min? Harga Flydigi Wasp 2 Elite Edition ketika artikel ini diketik adalah 600 ratus ribuan, sob. Agak mahal memang untuk ukuran gamepad Android, tapi mengingat Wasp 2 adalah gamepad premium dengan build quality yang jempolan, ditambah beragam fitur dan juga Flymapping technology, harga segitu saya rasa cukup masuk akal dan bisa dibilang "worth it" banget.

Link pembelian dan cek harga Flydigi Wasp 2 Elite Edition:

Nah itulah review singkat dan kesan pertama saya saat mencoba Flydigi Wasp 2 Elite Edition selama semingguan ini, sob. Dapatkan diskon 20% untuk pembelian Wasp 2 Elite melalui link di atas dengan menggunakan kode kupon: BGMEMU (khusus pembelian di Banggood - kuota terbatas). Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×