11 September 2018

Mengatasi Notch Tidak Rata di Pocophone F1

Ditulis oleh pada 11.9.18
Apa itu notch? Cekungan? Benar sob. Notch secara leksikal bisa diartikan sebagai cekukan atau cekungan. Dalam konteks perponselan, notch lebih sering dimaknai sebagai poni. Kehadiran notch mulai dikenal saat Essential Phone dirilis dan menjadi populer ketika Apple menghadirkan iPhone X.

Tampilan notch di Pocophone F1

Tidak bisa dipungkiri, desain iPhone X pun menjadi kiblat bagi sebagian besar smartphone yang dirilis setelahnya, termasuk notch-nya. Ramai-ramai produsen ponsel pintar mulai mengadaptasi desain notch pada produk andalan mereka. Kenapa bisa begitu? Tentu saja karena permintaan pasar sob.

Iya, tidak semua pengguna smartphone menyukai notch, bahkan ada yang berusaha menghindari pembelian tipe smartphone yang menawarkan poni di layarnya. Walaupun sudah terlanjur terbeli, mereka tetap ingin menghilangkan notch dengan berbagai cara. Memangnya notch bisa dihilangkan?

Lebih tepatnya disembunyikan sob. Dalam kasus ini, kita mengambil Pocophone F1 sebagai contohnya. Melalui pengaturan Full screen display yang tersedia di Pocophone F1, kita bisa menyamarkan keberadaan notch di layarnya.


Cara Menyembunyikan Notch di Pocophone F1


Pada Pocophone F1 dengan MIUI for Poco versi 9, notch bisa disembunyikan dengan cara sebagai berikut.

  1. Masuk ke Setelan (Settings) → Tampilan layar penuh (Full screen display) → kemudian nyalakan "Hide Screen notch".

    Hide Screen notch

  2. Nah, warna bilah bagian kanan dan kiri notch akan berubah menjadi hitam sob, sehingga menyerupai warna notch dan membuatnya seolah-olah tidak ada di sana.

Notch Tidak Rata di Pocophone F1


Loh?!! Kok bilah notch-nya tidak rata ya? Jadi bagian bawah notch yang masih terlihat? Kemungkinan itu adalah bug dari MIUI 9 for Poco. Bisa jadi sebelum menyembunyikan notch, kita telah melakukan perubahan pada setelan Aksesibilitas. Cara mengatasinya ternyata cukup mudah.


Cara Mengatasi Notch Tidak Rata di Pocophone F1


  1. Silakan kembali ke Setelan (Settings) → Setelan tambahan (Additional settings) → Aksesibilitas (Accessibility) → Ukuran layar (Display size) → kembalikan ke "Default" (dengan tombol + atau -).

    Accessibility

  2. Beres sudah, kini notch berhasil dihilangkan sepenuhnya dari layar Pocophone F1

Pocophone F1 tanpa notch


Masalah notch tidak rata saat disembunyikan di layar Pocophone F1 tersebut terjadi karena perubahan skala ukuran layar sob. Jadi bila Anda mengalami masalah tersebut, jangan buru-buru melakukan factory reset, cukup ikuti langkah mudah di atas sembari menunggu update selanjutnya. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×