12 Januari 2016

Download Remix OS for PC ISO 32-bit & 64-bit - Android untuk Laptop atau PC

Biasanya, sistem operasi Android itu berjalan pada ponsel atau tablet. Lebih jauh lagi, sekarang Android juga sudah merambah ke jam tangan (Android Wear), TV (Android TV), sampai head unit mobil (Android Auto). Sayangnya, sampai artikel ini ditulis, Google belum memberikan dukungan resmi untuk menjalankan Android di komputer, PC desktop, atau laptop.

Remix OS for PC Android Memudahkan
Tampilan Remix OS for PC

Meski begitu, banyak cara yang bisa ditempuh untuk sekedar mencoba Android di perangkat tersebut, salah satunya adalah dengan memanfaatkan BlueStack 2 untuk Windows. Seperti yang kita tahu, BlueStack adalah emulator Android (numpang jalan di Windows), bukan sebuah sistem operasi utuh yang mampu berjalan secara mandiri, jadi jangan terlalu berharap bisa merasakan pengalaman menggunakan Android di laptop atau PC yang lancar jaya melalui BlueStack.

Lalu bagaimana cara install Android di PC atau laptop secara langsung tanpa melibatkan emulator? Pernah dengar atau baca mengenai Android x86? Nah, itu salah satu opsinya sob. Buat yang belum tahu, Android x86 adalah proyek terbuka (open source) yang bertujuan untuk memodifikasi (porting) sistem operasi Android sehingga bisa dipasang dan dijalankan pada berbagai PC atau laptop berprosesor Intel x86 dan AMD (FYI, Android awalnya adalah OS yang dirancang untuk prosesor berbasis ARM).

Secara default, antarmuka Android x86 masih sama dengan antarmuka Android standar yang bisa dibilang kurang optimal bila dioperasikan pakai mouse dan keyboard. Nah, untuk memperoleh pengalaman penggunaan Android yang lebih optimal di laptop atau PC, diraciklah sebuah sistem operasi baru yang diberi nama Remix OS.

Start Menu Remix OS for PC
Start Menu Remix OS for PC

Sebenarnya agak kurang pas bila disebut sistem operasi baru, karena Remix OS sudah diperkenalkan pada pertengahan Juli tahun 2015 lalu. Saat itu Remix OS merupakan sistem operasi yang menjadi nyawa dari Remix Mini, sebuah perangkat Android yang khusus didesain untuk digunakan layaknya PC desktop. Kabar baiknya, belum lama ini, Jide (pengembang Remix OS) bekerja sama dengan Android x86, mengumumkan kehadiran Remix OS for PC yang bisa diunduh secara gratis.

Seperti namanya, Remix OS for PC adalah sistem operasi Android custom (saat ini berbasis Android 5.1.1 Lollipop) yang bisa dipasang dan dipakai di PC, laptop, komputer, dan sebangsanya. Tidak seperti Android pada umumnya, antarmuka Remix OS telah dirombak sedemikian rupa sehingga memiliki fitur dan fungsi yang mirip dengan sistem operasi desktop macam Windows (punya start menu, taskbar, dsb.).

Iya sob, jadi di Remix OS kita bisa menjalankan aplikasi Android seperti waktu kita menggunakan software di Windows, bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus (multi window, multi tasking, bisa chatting WhatsApp sambil nonton video YouTube), bisa mengubah ukuran (resize) jendela aplikasi yang sedang berjalan, bisa pula di-minimize atau maximize aplikasi, dan masih banyak lagi (termasuk file manager yang tampilannya mirip Windows Explorer, tersedianya aplikasi Google Play Store, dsb.). Lebih jelasnya simak video berikut.



Widih, keren ya, tapi bagaimana dengan performanya, berat ga kira-kira? Tenang sob, Remix OS ini terbilang ringan dan bisa dijalankan pada berbagai PC atau laptop jadul sekalipun. Selengkapnya cek kebutuhan minimal PC untuk Remix OS berikut ini.
  1. Flashdisk USB 3.0 dengan format FAT32, berkapasitas minimal 8GB, dan direkomendasikan memiliki kecepatan 20MB/s saat menulis data.
  2. PC atau laptop dengan fitur boot melalui USB (baik Legacy maupun UEFI).

Hanya itu? Iya sob, setidaknya hanya itu yang tertulis di laman resmi Remix OS for PC pada saat artikel ini ditulis. Tertarik untuk mencoba Remix OS di PC atau laptop Anda? Silakan donwload melalui link di bawah ini.

Download Remix OS for PC ISO Beta 32 & 64-bit Torrent | Direct link (sudah termasuk USB Tool).

Mengenai cara install Remix OS di PC atau laptop (baik di USB maupun harddisk/dual-boot) akan dibahas pada artikel selanjutnya :)


UPDATE 13/01/2016: Artikel tentang cara memasang Remix OS Android sudah tersedia sob :)

UPDATE 02/02/2016: Remix OS for PC 32-bit sudah dirilis, link download sudah ditambahkan.

UPDATE 02/03/2016: Sekitar sebulan setelah versi 32-bit dirilis, Remix OS kini telah memasuki versi beta (2.0.102). Kabar baiknya, versi terbaru dari OS Android untuk PC tersebut kini sudah mendukung pemasangan langsung di harddisk dan bisa jalan beriringan dengan Windows alias dual-boot. Cek link download di atas untuk mengunduhnya.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×