16 Januari 2016

Memasang Aplikasi Google Play Store di Remix OS for PC

Ditulis oleh pada 16.1.16
Di artikel sebelumnya, Memudahkan telah membahas tutorial install Remix OS di komputer. Sekedar pengingat, Remix OS adalah sistem operasi berbasis Android yang khusus dirancang untuk digunakan layaknya sistem operasi dekstop (Windows atau Linux).

Cara install Play Store di Remix OS Android

Ketika saya mencoba Remix OS for PC versi "Engineering Testing" (versi yang telah bocor sebelum rilis resmi), aplikasi Google Play Store dan beberapa aplikasi Google lainnya (Chrome, Gmail) ternyata sudah disertakan, jadi tak perlu repot pasang secara manual.

Masalahnya, di versi rilis resmi yang dirilis beberapa hari yang lalu (12/01/2016), pihak Jide selaku pengembang Remix OS ternyata memangkas ketersediaan aplikasi-aplikasi dari Google tersebut. Apa sebab? Untuk saat ini, disinyalir Remix OS belum mendapatkan izin resmi dari Google untuk menyertakan paketan aplikasi tersebut. Ke depannya, pihak Jide kabarnya berencana untuk menyertakan aplikasi Google (termasuk Play Store) pada Remix OS.

Itu dari sisi pengembang sob, sebagai user (yang tidak sabar menunggu), kita bisa memasang sendiri Google Apps (GApps) di Remix OS saat ini juga. Bagaimana caranya, apakah beresiko? Nyantai sob, cara pasang GApps di Remix OS ini merupakan cara yang direkomendasikan Jide sembari menunggu izin resmi dari Google. Tertarik? Lanjut ke tutorial.

  1. Pastikan Anda sedang berada di 'Resident Mode' dari Remix OS. Untuk Remix OS versi beta, otomatis Anda akan dibawa masuk ke Resident Mode saat booting.

  2. Download 'GMSInstaller.apk' dari XDA atau langsung via MediaFire.

  3. Install 'GMSInstaller.apk', saat muncul pop up 'Install blocked', klik 'Setting' untuk mengaktifkan 'Unkown sources' di Remix OS lalu coba install kembali.

    Unkown sources


  4. Jalankan aplikasi GMSInstaller kemudian klik tombol 'ONE-CLICK TO INSTALL GOOGLE SERVICES'.

    ONE-CLICK TO INSTALL


  5. Setelah Google Apps berhasil diunduh dan dipasang, buka 'Setting' > 'Applications' lalu cari dan pilih 'Google Play Services', klik tombol 'Manage space' kemudian klik tombol 'Clear All Data'.

    Google Play Services


  6. Kembali ke laman 'Applications', cari dan pilih 'Google Services Framework' lalu klik 'Clear Data'.

  7. Reboot Remix OS dan beres sudah.

Nah, sekarang kita bisa menjalankan Google Play Store di Remix OS (cek di start menu sob). Jangan lupa login ke akun Google Anda saat pertama kali masuk ke Play Store, setelah itu, Anda tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Selamat mencoba :)

Google Play Store


NB: Bila Anda mengalami masalah ketika mengunduh aplikasi Android dari Play Store, coba cek jam dan tanggal di Remix OS, sesuaikan dengan jam dan tanggal di lokasi Anda melalui 'Setting' > 'Date & time' (matikan 'Automatic date & time' dan 'Automatic time zone' bila perlu).

Masih bermasalah? Buka browser bawaan Remix OS, cari 'Google Play Service' menggunakan Google.com, pilih link dari Google Play Store, kemudian klik tombol 'Update' untuk memperbarui aplikasi Google Play Service di Remix OS Anda.


______________________

Tidak bisa download aplikasi dari Play Store di Remix OS dan muncul 'Error retrieving information from server [bla bla bla]' seperti screenshot berikut ini?

Error retrieving information from server


Masuk lagi ke 'Applications' kemudian 'clear' lagi data 'Google Play Services', 'Google Services Framework', dan ditambah 'Google Play Store'. Reboot PC atau laptop Anda. Bila error berlanjut, ulangi cara tadi sampai 2 atau 3 kali (jangan lupa reboot tiap kali habis clear data). Semoga teratasi :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×