20 Januari 2016

Menambahkan Fungsi Undo, Redo, Find, dan Replace di Editor Teks Android

Setiap hari kita berurusan dengan teks, mulai dari SMS, email, sampai dokumen untuk keperluan tugas atau pekerjaan. Di era digital ini, sebagian besar teks tidak lagi ditulis secara manual pakai pensil atau pena, tapi diketik menggunakan keyboard PC, smartphone, ataupun tablet.

Inputting Plus Android

Buat yang sering berada di lapangan (jurnalis, reporter, blogger, dsb.), kegiatan ketik mengetik lebih sering dilakukan di smartphone atau tablet yang lebih mudah dibawa ke mana-mana dibandingkan PC. Selain itu, mengetik dengan virtual keyboard (di Android misalnya) bisa dikatakan lebih praktis dan relatif lebih cepat karena bisa dilakukan sambil berdiri atau berlari (wartawan perang misalnya, mengetik laporan berita di antara desingan peluru :D).

Sayangnya, fitur ketik-mengetik teks di Android sampai saat ini masih sedikit tertinggal dari fitur yang disediakan oleh pengolah kata di PC. Iya, di PC kita bisa melakukan undo, redo, find, dan replace teks, di Android? Belum ada sob, kecuali kita memasang aplikasi khusus.

Kan bisa install WPS atau Office Word di Android, sudah ada fitur undo redo-nya? Bener sob, untuk mengetik dokumen, kita bisa menggunakan aplikasi office tersebut, tapi masa mau ngetik email harus buka Word dulu? Atau saat kita harus mencatat dengan cepat, aplikasi office dirasa kurang tepat sob. Terlebih lagi, fitur undo, redo, find, serta replace hanya bisa kita akses saat membuka aplikasi office tersebut, yang berarti tidak bisa digunakan di editor teks yang lain.

Nah, untuk mengatasi masalah itu, kita bisa memanfaatkan aplikasi Inputting Plus, sebuah aplikasi Android yang mampu menambahkan fungsi undo, redo, find, dan replace di semua editor teks Android. Semua? Iya, di mana kita bisa memunculkan keyboard virtual untuk mengetik, di situlah aplikasi Inputting Plus akan muncul untuk memberikan fungsi-fungsi tersebut.

Untuk saat ini, aplikasi Inputting Plus bisa dipasang pada Android 5.0 Lollipop ke atas (belum ada keterangan mengenai kompatibilitas Inputting Plus untuk Android versi sebelumnya). Setelah terpasang, kita akan diminta untuk mengaktifkan izin aksesibilitas agar Inputting bisa aktif tiap kita akan mengetik teks di Android. Ada dua cara untuk membuka Inputting Plus, pertama melalui bilah notifikasi, kedua lewat floating bubble (mirip aplikasi Link Bubble). Keduanya hanya aktif saat keyboard virtual dimunculkan (jadi tidak menuh-menuhin layar dan notif sob).

Ketika keyboard virtual muncul, ketuk bilah notif atau bubble (tergantung mana yang aktif) untuk memunculkan editor teks Inputting Plus. Di sana kita bisa menemukan tombol undo, redo, dan kawan-kawannya (tampilannya sudah menganut material design sob).

Undo redo Android
Fungsi Undo & Redo Android


Bila Anda sedang mengetik teks yang lumayan banyak (lebih dari dua paragraf), Anda bisa menggunakan fitur find & replace (ketuk tombol kaca pembesar) untuk menemukan dan mengganti kata yang diinginkan. Tidak sengaja menghapus kata, kalimat, atau paragraf saat mengetik? Tak perlu risau, tekan saja tombol undo untuk mengembalikan teks yang terhapus. Berubah pikiran? Tombol redo juga siap digunakan sob.

Terlalu banyak teks yang terhapus dan lelah pencet tombol undo terus-terusan? Cari saja riwayat teks yang pernah Anda ketik melalui fitur Timeline, semua teks yang pernah Anda ketik (maksimal dalam jangka waktu seminggu) akan disimpan secara otomatis di Timeline, jadi aman sob, ga perlu takut kehilangan teks yang sudah capek-capek diketik. Khawatir riwayat ketikan teks Anda dibaca orang lain? Nyantai sob, aplikasi Inputting Plus telah menyediakan PIN untuk mengunci Timeline Anda.

find & replace
Find, Replace, dan Timeline


Nah, buat Anda yang hobi atau aktif dalam bidang tulis-menulis atau ketik-mengetik, gunakan saja aplikasi Inputting Plus untuk memudahkan Anda mengolah kata-kata menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf, dan seterusnya. Sebagai penutup, fitur undo, redo, find, dan replace dari aplikasi Inputting Plus untuk Android juga bisa digunakan pada 10 aplikasi catatan Android terbaik. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×