14 April 2015

Download WhatsApp untuk Android dengan Tema Material Design

Setelah sekian lama, akhirnya aplikasi WhatsApp untuk Android mendapatkan update tampilan material design. Sebelumnya, Memudahkan sudah memprediksi redesign WhatsApp ala Android Lollipop tersebut pada saat WhatsApp versi web dirilis. Iya, WhatsApp Web sudah mengadopsi tema material design sejak akhir bulan Januari lalu.

WhatsApp untuk Android dengan Tema Material Design

Kenapa baru sekarang rilis? Kemungkinan karena pihak pengembang WhatsApp kala itu masih sibuk melakukan uji coba fitur WhatsApp Call (setelah merilis WhatsApp Web), sehingga baru sekarang update tema material design WhatsApp bisa dirilis. Selengkapnya, simak screenshot berikut.

Laman depan WhatsAppLaman chat WhatsApp

Seperti yang terlihat pada penampakan di atas, WhatsApp terbaru telah didandani semirip dan sepatuh mungkin dengan material design guidelines yang telah ditetapkan oleh Google. Tengok saja bilah header WhatsApp sekarang sewarna dengan tiga tab di bawahnya (dulu tab-nya berwarna abu-abu). Pada screenshot di atas (kanan), bisa dilihat bahwa chat bubble WhatsApp kini serupa dengan aplikasi Google Hangout, cuma sedikit lebih membulat.

Ikon WhatsApp material designLaman info kontak WhatsApp

Ikon-ikonnya juga berubah, sesuai dengan ikon yang digunakan pada Android Lollipop. Menariknya, ikon di bagian lampiran dirombak total sob (screenshot kiri), lebih mencolok dan material banget dah. Laman info kontak WhatsApp yang kini lebih mirip laman aplikasi Play Store (screenshot kanan), foto profilnya sekarang tampil memenuhi bagian atas laman, bila digeser ke bawah, kita bisa melihat foto profil secara penuh tanpa harus mengetuknya.

Selain tampilan ikon dan warnanya, WhatsApp versi terbaru ini telah dilengkapi dengan animasi-animasi baru material design yang menarik. Seperti apa animasinya? Tonton video berikut ini (bila tak muncul, cek link ini).

A video posted by Hendry Ardhiansyam (@ardhiansyam) on


Saat saya menulis (mengetik) artikel ini, WhatsApp versi material design belum tersedia di Play Store. Jadi di mana? Seperti biasa sob, kita bisa memperoleh APK WhatsApp terbaru (baik versi beta maupun final) dari situs resminya.

FYI, aplikasi WhatsApp Android dengan tema material design ini bisa dipasang pada Android 2.1 ke atas. Bagaimana dengan tampilan dan animasi materialnya? Apakah juga tampil pada Android versi lawas sebelum Lollipop? Tenang sob, sebagian besar tampilan dan animasi WhatsApp yang berbau material design juga bisa dinikmati pada Android jadul (selain di Lollipop, saya juga mencoba memasang WhatsApp terbaru ini di Android 2.3 Gingerbread, hasilnya memuaskan sob, kesan material design-nya juga dapet banget). Selamat mencoba :)

Download WhatsApp Android terbaru bertema material design

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×