16 Maret 2015

Cara Mudah Root Android One [Mito Impact, Nexian Journey 1, dan Evercoss One X]

Apa itu Android One? Android One bukanlah sekedar proyek pengadaan ponsel Android murah untuk negara-negara berkembang. Lebih dari itu, Android One adalah sebuah proyek dari Google yang bertujuan agar semua orang bisa terhubung ke internet, mengakses informasi terbaru, dan bisa berkomunikasi serta berinteraksi dengan mudah.

Android One pertama kali dirilis di India, kemudian Banglades, Nepal, Indonesia, Filipina, Sri Lanka, serta beberapa negara berkembang di Asia lainnya. Jadi Android One sudah rilis di Indonesia? Sudah sob, awal bulan Februari lalu, Google mengumumkan kehadiran trio Android One Indonesia, yaitu Mito Impact, Nexian Journey1, dan Evercoss One X.

Ketiga ponsel Android One Indonesia tersebut telah dibekali dengan sistem operasi Android terbaru saat ini, yaitu Android 5.1 Lollipop. Mengenai spesifikasi Android One, bisa dibilang spesifikasi ketiganya hampir serupa, hanya design body-nya yang sedikit berbeda, bisa dilihat pada fagam dari Fakta4 Tekno berikut ini.

Mito Impact, Nexian Journey1, dan Evercoss One X

Saat ini, Mito Impact, Nexian Journey1, dan Evercoss One X sudah bisa dibeli secara online melalui situs-situs belanja online terkemuka di Indonesia. Harga ketiganya juga sepadan, sekitar 1,2 juta rupiah (harga resmi), atau sekitar 700 ribu sampai satu juta rupiah (harga promo).

Pada umumnya, untuk mendapatkan fitur-fitur tertentu, pasang Xposed misalnya, pengguna Android harus melakukan rooting telebih dahulu. Apa itu root?  root (rooting) adalah proses untuk menembus "akar" perangkat Android Anda untuk mendapatkan hak akses mutlak ke sistem Android. Bila perangkat Android Anda sudah memiliki akses root, Anda bebas untuk mengubah, menghapus, menambah apapun yang ada di dalam sistem Android (seperti ketika Anda memiliki hak administrator di Windows atau Linux).

Nah, begitu pula dengan Android One, meski sudah dibekali dengan Android 5.1 Lollipop, root adalah harga mati untuk bisa memaksimalkan segala potensi yang ada di perangkat Android, main game pakai stick PS3 contohnya.

Bagaimana cara root Android One Indonesia? Seorang developer dari forum XDA, anil293, telah merilis tool yang memudahkan kita untuk melakukan rooting pada Mito Impact, Nexian Journey1, atau Evercoss One X, yaitu Android One Toolkit.

Tidak hanya root, dengan Android ONE Toolkit, kita bisa memasang custom recovery (CWM, Philz, atau TWRP), unlock maupun relock bootloader, dan install banyak APK sekaligus. Lalu bagaimana cara root  Nexian Journey 1, Evercoss One X, atau Mito Impact dengan menggunakan Android One Toolkit? Mari kita ikuti cara mudah root Android One Indonesia berikut ini.

Memudahkan tidak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin terjadi pada perangkat Android Anda selama dan setelah Anda melakukan proses root dengan mengikuti tutorial pada artikel ini. DWYOR (Do With Your Own Risk).

Di PC Windows, download aplikasi berikut


Install .Net 4.0 di PC Anda (bila belum ada).

Install Android One Toolkit 1.2 di PC Anda terlebih dahulu, kemudian install update 1.2.1.

Di ponsel Android One, buka Setting > About Phone > ketuk Build Number beberapa kali (7 kali) untuk mengaktifkan Developer Options (bila belum).

Masih di Setting, buka Developer Options, lalu aktifkan USB Debugging Mode.

Selanjutnya, hubungkan ponsel Android One dengan PC via kabel data.

Di PC Windows, jalankan Android One Toolkit melalui shortcut yang ada di desktop (atau cari di C:\Program Files\AndroidOneToolkit, klik ganda pada Android-ONE-Toolkit.exe).

Android One Toolkit


Klik tombol Install Driver (tunggu beberapa saat, ikuti instruksi di layar PC), lalu klik tombol List Devices, tunggu sampai ponsel Android Anda dikenali dan muncul di list Android One Toolkit.

Untuk melakukan root Android One, baik Locked maupun Unlocked bootloader, klik tombol ROOT. Sesaat kemudian, file update.zip akan disalin ke ke sdcard dan ponsel Android One Anda akan masuk pada mode recovery.

Android One Toolkit Rooting


Setelah itu, ikuti instruksi yang muncul pada Android One Toolkit.

Android One Toolkit Loading Recovery


Instruksi yang mana? Yang ditandai kotak hijau sob, atau ikuti langkah ini.
  1. Di ponsel Android One Anda, pilih Install Zip.
  2. Lalu pilih Choose zip from /sdcard.
  3. Cari dan pilih update.zip.
  4. Terakhir, pilih Reboot System.

Selesai, Android One Anda sudah memiliki akses root.


Masih ragu? Gunakan aplikasi Root Checker untuk memastikan ponsel Android One Lollipop Anda telah berhasil di-root. Selamat mencoba, semoga berhasil, DWYOR ;)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×