23 Maret 2015

Menghilangkan Kumpulan Tab Google Chrome dari Recent App Android Lollipop

Pada Android Lollipop, setiap tab yang kita buka di Google Chrome akan muncul di recent app. Bukannya memang begitu dari dulu? Begini sob, kalau dulu (sebelum Lollipop), hanya satu tab yang tampil di recent app, kini setiap tab yang terbuka akan muncul secara terpisah di recent app, membaur dengan aplikasi-aplikasi lainnya. Berikut ini contohnya.

Recent app Android Lollipop

Di screenshot recent app tersebut, terlihat tiga tab Google Chrome (berlabel Tekno - Kompas, detikcom, dan APKMirror) yang berbaur dengan aplikasi Phone, Play Store, Setting, dkk. Sepintas memang terlihat praktis dan keren, tapi apa iya begitu?

Bagi sebagian orang, kumpulan tab Google Chrome pada deretan aplikasi di recent app tersebut bisa dibilang memudahkan, namun untuk sebagian lainnya, hal itu justru menyusahkan.

Bagaimana bisa memudahkan? Sederhananya, kita semakin dimudahkan untuk beralih dari satu tab ke tab lain, bahkan dari satu tab ke aplikasi lain. Susahnya, bila kita terbiasa menjalankan banyak aplikasi serta membuka banyak tab sekaligus, menemukan aplikasi atau tab akan menjadi lebih tidak mudah, karena semuanya campur aduk jadi satu di recent app.

Nah, sesuai judul, pada artikel ini Memudahkan akan mengulas cara menghilangkan kumpulan tab Google Chrome dari recent app Android Lollipop. Iya, setelah membaca artikel ini, Anda bisa mematikan opsi yang disebut "Merge tabs and apps" itu dengan mudah, sehingga tab Google Chrome tak lagi muncul secara terpisah di recent app.

Mari kita mulai, silakan jalankan aplikasi Google Chrome di ponsel Android Lollipop Anda. Buka menu dan pilih Setting. Ketuk Merge tabs and apps.

Merge tabs and apps ChromeMerge tabs and apps Chrome on off

Matikan opsi Merge tabs and apps (ubah on menjadi off lalu pilih OK), beres sudah sob :D

Setelah dimatikan (opsi yang tadi), berapapun tab yang kita buka di Google Chrome, hanya satu tab (berlabel Chrome) yang akan muncul di recent app, seperti tampak pada screenshot berikut (kiri).

recent app Merge tabs and apps offtab switcher chrome android

Lalu bagaimana cara berpindah antar tab di Google Chrome bila hanya ada satu tab yang muncul di recent app? Seperti biasa sob, layaknya pindah tab Google Chrome pada Android KitKat ke bawah, tinggal ketuk tombol tab switcher di sebelah tombol menu, seperti screenshot di atas (kanan).

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×