04 Maret 2015

Cara Mengganti PIN BBM Sesuai Selera dengan Fitur Custom PIN

PIN adalah penanda identitas Anda di BBM (BlackBerry Messenger). Setiap PIN adalah unik, namun acak dan seringkali tak sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Kadangkala Anda mendapatkan nomor PIN BBM cantik, tapi seringnya, paduan nomor dan huruf dari PIN tersebut terkesan asal dan tidak mewakili diri Anda sama sekali.

Cara Edit PIN BBM Sesuai Selera

Hei, ini hanya sekedar PIN BBM, kenapa seserius itu? Mungkin bagi sebagian orang deretan digit PIN tidak memiliki arti penting, tapi bagi pihak yang berkepentingan (publik figur, pengusaha, pejabat, dsb), angka dan huruf yang terkandung dalam sebaris PIN BBM bisa menjadi tolak ukur keprofesionalan mereka, serta mewakili siapa mereka sebenarnya.

Tak ubahnya Anda, sob; anak muda (atau yang berjiwa muda) yang selalu ingin tampil beda dan eksklusif, wajar bila mendambakan PIN BBM unik dan menunjang eksistensi Anda, atau sekedar agar mudah diingat dan lebih personal. Ok, cukup basa-basinya, masih terkait dengan artikel BBM tanpa iklan kemarin, hari ini Memudahkan akan membahas cara edit PIN BBM sesuai selera dengan fitur Custom PIN.

Apa itu Custom PIN BBM? Custom PIN adalah fitur terbaru dari BBM yang memungkinkan pengguna untuk mengubah, mengganti atau mengedit PIN BBM mereka sesuai keinginan. Sayangnya, untuk menggunakan fitur Custom PIN, Anda harus berlangganan dengan biaya sekitar 20 ribu rupiah perbulan (iya, tidak gratis memang). Bagaimana cara edit PIN BBM dengan Custom PIN? cek ulasan berikut ini (screenshot diambil dari BBM untuk Android).

Pertama, silakan update BBM Anda ke versi terbaru (v2.7.0.20 ke atas) via Play Store atau via MediaFire (APK).

Jalankan aplikasi BBM Anda, lalu buka BBM Shop, dan pilih Custom PIN di bagian Subscriptions.

Custom PIN


Tap tombol Subscribe di sebelah kanan atas untuk berlangganan fitur Custom PIN BBM.

Subscribe custom PIN BBM


Saya asumsikan Anda telah mengatur cara pembayaran Google Play Store Anda, bila belum silakan cek artikel Cara Membeli Aplikasi Android via Potong Pulsa.

Pada pop-up Choose a Subscription, silakan pilih Monthly: IDR 20.367.

Choose a Subscription


Kemudian, tap tombol Subscribe untuk mengonfirmasi langganan fitur Custom PIN Anda. Sampai di sini, Anda sudah bisa mengakses menu Custom PIN dan menngedit PIN Anda sesuai selera (yang berlaku selama sebulan).

Confirm Subscribe


Jadi sekarang kita bisa ganti PIN sesuai selera? Benar sob, Anda bisa membuat PIN menggunakan nama panggilan, samaran, nama kucing peliharaan, atau nama yang anti-mainstream lainnya. Meski demikian, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi dalam membuat PIN BBM melalui fitur Custom PIN, di antaranya sebagai berikut

  • PIN yang Anda buat setidaknya harus terdiri dari 6 sampai 8 karakter.
  • Bisa berupa angka atau huruf, dan tidak bersifat case sensitive.
  • Penggunaan karakter khusus seperti @, #, *, dsb tidak diperbolehkan.
  • Siapa cepat, dia dapat. Iya, seperti rebutan username di Facebook atau Twitter.

Setelah lewat sebulan, langganan Custom PIN BBM ini akan otomatis diperbarui (berlaku untuk pengguna Android dan BB10, untuk iOS, Anda akan mendapat pemberitahuan tiap bulannya). Jika ingin berhenti berlangganan, bagi pengguna kartu kredit sebagai metode pembayaran, silakan kunjungi Google Wallet > More > Subscriptions, lalu pilih Cancel subscription. Bagi yang menggunakan metode pembayaran carrier billing, akan ada SMS yang menjelaskan cara berhenti berlangganan. Selamat mencoba :)

NB: Bila Anda berhenti langganan Custom PIN BBM, PIN kreasi Anda otomatis tidak berlaku lagi dan akan kembali ke PIN yang lama.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×