28 Februari 2015

Mengatasi Monitor Tidak Bisa Full Screen pada Kartu Grafis ATI/AMD Radeon

Ini sebenarnya bukan masalah baru, tapi berhubung saya baru ketemuan dengan masalah ini, tak ada salahnya untuk diangkat kembali, siapa tahu bisa membantu sobat Memudahkan yang mengalami masalah serupa.

Begini kejadiannya sob, pada suatu ketika saya mencoba menghubungkan PC berbasis Windows 8.1 (berkartu grafis AMD Radeon) dengan monitor LED (beresolusi full HD 1920 x 1080) menggunakan kabel HDMI, dan ternyata gambar yang tampil di monitor tidak penuh (full screen) alias ada bagian layar yang tidak terisi gambar (ada frame hitam di sekitar layar), padahal resolusi sudah diset ke 1920 x 1080. Ilustrasinya seperti ini.

Monitor Samsung full HD tidak full screen

Saya menduga ada yang salah dengan monitornya. Coba ubah setting monitor sana-sini, cek sambungan kabel, hidupmatikan monitor dan PC, hasilnya sama saja. Mungkin kabel HDMI-nya? Bisa jadi, karena sebelumnya monitor tersebut bisa full screen saat memakai kabel VGA/d-sub. Ok, saya coba ganti kabel HDMI-nya, hasilnya masih sama, belum penuh gambarnya.

Berselancarlah saya ke internet untuk mencari solusinya. Ternyata ini bukan masalah monitor, tapi PC-nyalah yang bermasalah, terutama pada bagian settingan driver kartu grafis. Menurut artikel yang saya baca, masalah ini terjadi pada hampir semua merek monitor (seperti Samsung, Asus, Acer atau LG) yang disambungkan dengan PC berkartu grafis ATI/AMD Radeon, melalui kabel HDMI dan DVI (VGA tak termasuk).

Untuk mengatasi masalah monitor tidak bisa full screen pada PC dengan kartu grafis AMD Radeon, silakan ikuti langkah mudah berikut ini.

Klik kanan di Desktop, pilih AMD Catalyst Control Center. Bila belum ada, silakan download driver AMD Catalyst Control Center melalui situs resmi AMD.

Klik kanan Desktop


Di kolom sebelah kiri, buka tab My Digital Flat-Panels, lalu pilih Scaling Options (Digital Flat-Panels).

AMD Catalyst Control Center


Perhatikan posisi slider pada kotak Scaling Options. Itulah masalahnya, secara default, driver AMD Catalyst mengatur skala output gambar pada monitor beresolusi 1920 x 1080 menjadi sekitar 5% Underscan (ada juga yang 10% atau lebih, tergantung monitornya).

Untuk memperoleh tampilan full screen, geser slider sampai mentok kanan ke skala 0% Overscan, kemudian klik Apply.

Scaling Options


Beres, kini monitor Anda bisa menampilkan gambar secara penuh alias full screen seperti ini.

Monitor Samsung bisa full screen full HD

Simpulannya, ini bukan masalah monitor sob, jadi Anda tak perlu buru-buru klaim garansi atau beli monitor baru. Ok, semoga bermanfaat :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×