26 Oktober 2014

Aplikasi Music Player Android untuk Menampilkan Lirik Lagu

Saat mendengarkan lagu favorit, mendengar saja terkadang tidak cukup, secara spontan kita bisa terbawa dan ikut menyanyikannya. Iya, entah hafal atau tidak, kita bisa dengan mudah melantunkan lirik demi lirik lagu favorit kita. Bagaimana dengan lagu baru? Ini yang menjadi masalah, saat band atau penyanyi favorit kita merilis lagu baru (terutama lagu dengan lirik bahasa asing), bisa dipastikan akan ada bagian lirik tertentu yang tidak kita pahami, lalu (biasanya) kita akan mencari lirik lagu baru tersebut melalui mesin pencari.

Aplikasi Music Player Android untuk Menampilkan Lirik Lagu

Di era sekarang ini, era di mana smartphone atau ponsel pintar semakin akrab dengan kehidupan kita, banyak sekali aplikasi yang berpotensi memudahkan dan menyederhanakan hal yang dulunya dirasa rumit. Jika dulu kita mendengarkan lagu via radio, tape, atau CD, kini smartphone saja sudah cukup, bahkan lebih. Iya, selain mendengarkan lagu atau musik, kita juga bisa langsung disuguhi lirik lagunya, tanpa harus repot mencarinya via mesin pencari.

Benar, mendengarkan musik lengkap dengan lirik yang dulu mungkin sering Anda lakukan dengan memutar VCD atau DVD karaoke, sekarang (sebenarnya sudah lama juga) bisa dengan cepat dan mudah dilakukan hanya dengan smartphone, dalam hal ini Android. Menggunakan aplikasi? Ya jelas iya :D Berikut ini adalah aplikasi music player Android yang bisa menampilkan lirik lagu.


TuneWiki


TuneWiki bisa dikatakan sebagai perpustakaan lirik lagu yang memiliki lebih dari 6 juta lirik lagu dari berbagai penjuru dunia. Lirik lagu yang tersimpan dalam database TuneWiki  bisa diakses melalui aplikasi TuneWiki untuk Android.

TuneWiki bisa menampilkan lirik lagu yang tersedia di database mereka sesuai dengan lagu yang Anda putar. Menariknya, TuneWiki akan secara otomatis menandai lirik lagu di layar ponsel Anda sesuai dengan lirik yang sedang (akan) dilantunkan penyanyinya, mirip lirik di layar karaoke. Tidak hanya lagu yang ada di memori (sdcard) Anda, TuneWiki juga mampu memunculkan lirik lagu yang Anda akses dari fitur radio Shoutcast. Sayangnya, lirik lagu (baik lagu di sdcard maupun radio) tersebut hanya akan tampil bila Anda terhubung dengan koneksi internet.


Selain menampilkan lirik lagu, TuneWiki memiliki fitur yang disebut Lyric Art, fitur yang memungkinkan pengguna TuneWiki untuk membuat semacam gambar atau foto yang berisi lirik lagu untuk kemudian dibagikan di TuneWiki atau media sosial. Sayangnya lagi, fitur tersebut sedang tidak bisa diakses (sampai artikel diterbitkan).

Pada bulan Juni 2013 yang lalu, TuneWiki menyatakan bahwa mereka akan menutup layanannya, namun setelah diakuisisi sebuah perusahaan bernama Vert Capital, TuneWiki masih bertahan sampai 13 Agustus 2014. Setelah itu, TuneWiki tak bisa diakses lagi hingga akhirnya kembali online pada 22 Agustus 2014 sampai sekarang.

Download TuneWiki - Lyrics for Music


MusiXmatch


Sampai saat ini, MusiXmatch adalah aplikasi pemutar musik dengan lirik terbaik yang pernah ada. Seperti pemutar musik pada umumnya, MusiXmatch telah dilengkapi dengan fitur equalizer, fitur edit info (termasuk edit album cover), serta dukungan pada file FLAC/ALAC.

Sebagai music player sekaligus penampil lirik, MusiXmatch memiliki fitur unik yang bernama FloatingLyric. Fitur tersebut mampu menampilkan lirik lagu yang melayang di atas antarmuka aplikasi lainnya, jadi Anda bisa tetap menggunakan aplikasi lain (browsing misalnya) sambil berkaraoke.


Uniknya, Anda tak harus memainkan lagu dari aplikasi MusiXmacth untuk memunculkan FloatingLyric. Jendela FloatingLyric akan otomatis muncul ketika Anda memainkan musik atau lagu dari aplikasi music player lain seperti music player bawaan Samsung, Walkman dari Sony, dsb. Sebagai tambahan, lirik lagu yang telah muncul saat Anda terhubung dengan internet akan tersimpan dan bisa digunakan kala offline.


MusiXmatch dilengkapi pula dengan fitur MusicID yang berguna untuk mengindentifikasi info dari sebuah lagu dari sumber luar (misalnya lagu yang sedang diputar di TV atau radio). Selain judul, artis, dan album, fitur MusicID MusiXmatch juga menampilkan lirik lagu sesuai dengan posisi lirik yang sedang dinyanyikan oleh penyanyinya.

Download MusiXmatch Music Player Lyrics


Crintsoft


Tahu MiniLyrics? Plugin Windows Media Player, Winamp, dan  iTunes yang berfungsi untuk menampilkan lirik lagu secara otomatis? Iya, Crintsoft adalah pemutar musik untuk Android yang fungsinya sama dengan MiniLyrics.

MiniLyrics AndroidCrintsoft Music Player

Tak berbeda dengan MiniLyrics, Crintsoft Music Player juga dikembangkan oleh Crintsoft LLC. Lirik yang ditampilkan di Crintsoft Music Player diambil dari database Viewlyrics.com, yang juga merupakan sumber lirik lagu untuk MiniLyric.

Secara garis besar, Crintsoft Music Player sangat mirip dengan aplikasi pemutar musik bawaan Android 2.3, namun tentu dengan tambahan fitur penampil lirik ala MiniLyric. Berbeda dengan dua aplikasi music player sebelumnya, Crintsoft Music Player adalah aplikasi berbayar, Anda harus membayar sekitar 22 ribu rupiah untuk mendapatkannya.

Download Crintsoft Music Player


AndLyrics


AndLyrics bukanlah music player, melainkan sebuah plugin untuk menampilkan lirik lagu (iya, seperti plugin MiniLyrics). AndLyrics bisa digunakan dengan berbagai aplikasi pemutar music Android yang memiliki fitur scrobbling dari Last.FM (hanya fiturnya, Anda tak perlu memasang aplikasi Last.FM) seperti PowerAmp dan WinAmp.

Benar, Anda setidaknya harus memasang PowerAmp atau Winamp untuk bisa menggunakan AndLyrics. Selain itu, Anda juga wajib mengaktifkan fitur scrobbling Last.FM di music player tersebut (untuk PowerAmp: Setting > Misc > Scrobbling > Scrobble via Official Last.fm; untuk WinAmp: Setting > Miscellaneous > Enable Scrobbling).

AndLyrics MiniLyricsAndLyrics search

Setelah pengaturan selesai, saat Anda memutar lagu via PowerAmp atau Winamp, jalankan juga aplikasi AndLyrics untuk memunculkan liriknya. Secara otomatis, AndLyrics akan mencari dan menampilkan lirik sesuai dengan lagu yang Anda putar. Bila tidak sesuai, Anda bisa mencarinya secara manual dengan tap ikon kaca pembesar.

Sama seperti Crintsoft Music Player, AndLyrics mengambil lirik dari Viewlyrics.com, maka dari itu, koneksi internet diperlukan saat pertama mencari dan menampilkan lirik, setelah itu, file lirik (.lrc atau .txt) akan otomatis tersimpan di memori (sdcard) dan bisa digunakan secara offline.

Merasa ukuran huruf yang ditampilkan AndLyrics terlalu kecil? Anda bisa mencubit layar (pinch to zoom) untuk mengubah ukuran hurufnya sesuai selera.

Download AndLyrics

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×