01 September 2014

Menggunakan Tombol Volume untuk Menyalakan Layar Android

Ditulis oleh pada 1.9.14
Pada umumnya, kita menggunakan tombol power untuk menyalakan layar ponsel Android. Satu kali, dua kali, sepuluh, kali, ratusan kali, dst mungkin masih berfungsi. Suatu waktu, tombol power tersebut akan mengalami penurunan kinerja, lebih susah ditekan, lebih lambat merespon, dan bahkan tak berfungsi sama sekali.

Tombol power sony Xperia

Beruntung bila ponsel Android Anda memiliki tombol home fisik (sebagian besar Android Samsung), atau mempunyai fitur khusus seperti tap dua kali untuk menghidupkan layar (beberapa Android LG), sehingga tombol power bisa lebih awet.

Masalahnya, bagaimana bila ponsel Android Anda tak memiliki tombol home atau fitur tap layar tersebut? Tenang, masih ada tombol volume. Bisa dipastikan, tiap ponsel Android hadir dengan sepasang tombol volume (+ dan -). Benar, Anda bisa menggunakan tombol volume untuk menyalakan layar ponsel Android layaknya tombol power.

Lalu bagaimana cara menggunakan tombol volume Android sebagai tombol power? Gampang, Anda bisa memasang aplikasi Power Button to Volume Button. Apakah harus root terlebih dahulu? Tidak, Anda dapat menggunakan Power Button to Volume Button tanpa harus root.


Setelah memasang aplikasi Power Button to Volume Button, Anda bisa menggunakan tombol volume untuk menghidupkan layar ponsel Android Anda. Jadi bila tombol power Anda rusak, atau ingin meminimalkan pemakaiannya agar lebih awet, silakan install aplikasi Power Button to Volume Button.

Meski demikian, penggunaan aplikasi Power Button to Volume Button mungkin akan membuat baterai ponsel Android Anda lebih boros dari biasanya. Berdasarkan keterangan dari developernya, aplikasi Power Button to Volume Button bekerja dengan cara membuat ponsel Android Anda dalam keadaan siaga (awake) untuk mempertahankan fungsi tombol power pada tombol volume, sehingga berkemungkinan bisa memakan daya baterai pada ponsel yang berjalan dengan Android versi terbaru (4.4 ke atas).

Power Button to Volume ButtonScreen Off (Turn screen off from notification bar)

Saat saya coba pada ponsel Android 4.2, aplikasi Power Button to Volume Button ternyata tidak terlalu menguras baterai (ponsel juga tidak selalu dalam keadaan awake). Ada kalanya saya tidak bisa menyalakan ponsel percobaan tersebut dengan tombol volume (diasumsikan karena aplikasi Power Button to Volume Button berhenti secara paksa akibat sistem kekurangan RAM). Untuk mengatasi masalah tersebut, aktifkan fitur Screen Off (Turn screen off from notification bar) agar sistem Android tidak mematikan fungsi aplikasi Power Button to Volume Button saat kekurangan memori.

Sebelum memutuskan untuk memperbaiki tombol power Android Anda, atau mungkin membeli perangkat Android baru, aplikasi Power Button to Volume Button layak untuk Anda coba. Selain gratis, aplikasi Power Button to Volume Button juga tidak disertai iklan yang mengganggu. Selamat mencoba :)

Download Power Button to Volume Button (Android 3.0+)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×