11 Mei 2014

Menampilkan Hari Libur Nasional Indonesia di Google Calendar Android

Google Calendar adalah aplikasi kalender besutan Google yang tersedia di web dan perangkat mobile. Google Calendar versi web dapat diakses melalui alamat google.com/calendar, sedangkan aplikasinya biasanya langsung tersedia pada perangkat mobile dengan sistem operasi Android (bila belum ada, Anda bisa mengunduh Google Calendar via Play Store).

Google Calendar

Selain berfungsi sebagai penunjuk hari, tanggal, dan tahun, banyak fungsi lain dari Google Calendar yang akan memudahkan Anda dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah menampilkan daftar hari libur.

Daftar hari libur? Iya, Anda dapat menambahkan daftar hari libur nasional yang berlaku di Indonesia pada Google Calendar. Terdengar menarik? Simak cara menampilkan hari libur nasional Indonesia di Google Calendar berikut ini.


Hari Libur Nasional di Google Calendar Versi Web


Langkah 1 Ok, kita mulai dari Google Calendar versi web. Silakan tuju laman web Google Calendar. Selanjutnya login menggunakan akun Google Anda (bila belum).

Langkah 2 Bila Anda menggunakan bahasa Inggris di Google Calendar, silakan ubah menjadi bahasa Indonesia terlebih dahulu (Ikon gerigi > Setting).

Langkah 3 Di sidebar kiri, Anda akan menemukan bagian Kalender Lainnya. Cek apakah Liburan di Indonesia sudah tersedia di bagian tersebut. Bila sudah, silakan langsung ke Langkah 5.

Jelajahi Kalender Menarik


Langkah 4 Bila belum, klik ikon segitiga terbalik di sebelah kanan Kalender Lainnya, kemudian klik Jelajahi Kalender Menarik. Cari Liburan di Indonesia, klik Berlangganan, lalu klik Kembali ke kalender.

Liburan di Indonesia


Langkah 5 Nah, kini Google Calender Anda sudah menampilkan hari libur nasional Indonesia. Selain hari libur, Anda bisa menambahkan berbagai kalender yang tersedia bagian Kalender Menarik, misalnya kalender olahraga, caranya sama seperti Langkah 4.

Google Calender saya



Sinkronisasi Google Calendar dengan Perangkat Android


Setelah daftar hari libur nasional Indonesia tampil di Google Calendar versi web, kini saatnya untuk menampilkan daftar hari libur tersebut di ponsel atau tablet Android.

Langkah 1 Pastikan perangkat Android Anda telah terhubung ke jaringan internet.

Langkah 2 Tuju Setelan perangkat Android > Akun, lalu tap Google. Tap akun Google Anda (alamat email), cari lalu tap Kalender. Tunggu beberapa saat sampai proses sinkronisasi selesai.

sinkronisasi


Langkah 3 Buka aplikasi Google Calendar (Kalender) > tap menu > tap Kalender untuk ditampilkan.

Google Calendar AndroidKalender untuk ditampilkan


Langkah 4 Tap Kalender untuk disinkronkan > pilih Liburan Indonesia > tap Oke

Kalender untuk disinkronkan


Langkah 5 Kembali ke Kalender lalu tunggu beberapa saat, dan akan muncul penanda hari libur (berupa garis berwarna) di Kalender Anda. Tap tanggal tersebut, dan Anda bisa melihat keterangan lebih lengkap mengenai hari libur nasional yang bertepatan dengan tanggal itu.

Penanda hari libur nasionalAgenda hari libur nasional

Sip, kini Google Calendar di Android Anda sudah sinkron dengan Google Calendar versi web. Bila Anda menambahkan jadwal baru, kalender baru, atau mengedit apapun di Google Calendar versi web, lakukan sinkronisasi agar perubahan juga berlaku di aplikasi Google Calender di perangkat Android (hanya jika sinkronisasi otomatis di perangkat Android Anda tidak aktif). Selamat mencoba :)

UPDATE 04/04/2016: Menampilkan daftar hari libur nasional di Google Calendar kini bisa dilakukan secara langsung tanpa buka web sob, cukup gunakan aplikasi Google Calendar di Android saja.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×