13 Januari 2014

Install Tools Menu (Power Menu) di Windows 8 dan Windows RT

Pengguna Windows? Sudah pasti akrab dengan menu yang muncul saat klik kanan di desktop. Iya, isinya "Refresh" dan kawan-kawan :D. Nah, bila Anda bosan dengan menu-menu tersebut dan ingin menambahkan menu ekstra yang sekiranya lebih berguna, silakan lanjutkan membaca artikel ini.

Seorang dev senior di forum XDApbanj, telah mengembangkan sebuah file batch yang dapat Anda gunakan untuk menginstall menu ekstra atau menu tambahan pada menu klik kanan desktop.

Di dalam script yang dinamai Tools Menu tersebut terdapat tiga macam menu yang bisa Anda pilih (ataupun install semua).

Tools Menu - berisi menu untuk membuka regedit, CMD, Pshell, File Extension (menyembunyikan atau memunculkan ekstensi file), Hidden Files (menyembunyikan atau memunculkan file yang diset hidden), dan Restart Explorer.

Tools Menu


Power Menu - berisi menu untuk mengunci Windows (Lock), Log Off, Restart, restart with boot options menu, dan shut down - tentunya menu ini akan memudahkan Anda mematikan atau merestart Windows 8, mengingat hilangnya start menu di versi Windows terkini tersebut (termasuk Windows 8.1).

Power Menu


Power Menu + Ekstras - berisi menu yang terdapat pada Power Menu dengan tambahan menu sleep, switch user, dan hibernate.

Power Menu + Ekstras


Untuk menginstall (dan juga untuk menguninstall) Tools Menu (Power Menu), klik kanan file Tools.bat >> Run as administrator, lalu ikuti petunjuk yang tersedia.

Install Tools Menu (Power Menu) di Windows 8 dan Windows RT

Download Tools Menu (Power Menu) v.04

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×